Sukses


Daftar Makanan Pantangan Pengidap Arthritis, Penting Diketahui

Bola.com, Jakarta - Arthritis adalah penyakit yang membuat pengidapnya kesulitan bergerak dalam jangka waktu yang lama. Biasanya penyakit ini menyerang pria dan wanita yang berusia di atas 55 tahun.

Arthritis adalah pembengkakan dan kekakuan pada satu sendi atau lebih sehingga menyebabkan gerakan tubuh menjadi sulit dan menyakitkan.

Jika dibiarkan tanpa dirawat atau ditangani, kondisi tersebut dapat menghambat aktivitas harian yang dilakukan.

Arthritis terjadi ketika jaringan tulang rawan mengalami peradangan sehingga mengakibatkan gangguan fungsi sendi.

Sebagai informasi, arthritis adalah penyakit yang tidak dapat diatasi dan disembuhkan sepenuhnya.

Jika Anda telah mengalami arthritis, ada beberapa makanan yang harus dihindari untuk mengurangi keparahan kondisi.

Berikut ini daftar makanan pantangan pengidap arthritis yang penting diketahui, dikutip dari laman Healthline dan Mayoclinic, Jumat (18/11/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Daftar Makanan Pantangan Pengidap Arthritis

1. Makanan Cepat Saji

Makanan yang sebaiknya dibatasi bagi pengidap arthritis adalah makanan cepat saji. Hal ini diperkuat oleh sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa mengurangi makanan cepat saji dapat meringankan peradangan dan membantu memulihkan pertahanan alami tubuh.

Pasalnya, minyak atau margarin yang dipakai dalam makanan cepat saji dapat berubah menjadi lemak trans. Asupan lemak trans yang berlebihan diketahui dapat memicu peradangan dalam tubuh sehingga membuat nyeri sendi bisa kambuh. 

2. Makanan Mengandung Gula

Makanan yang harus dihindari pengidap arthritis kedua adalah makanan yang miliki kandungan gula. Sebuah studi menunjukkan makanan mengandung gula dapat meningkatkan risiko kematian akibat penyakit jantung. Hal ini juga dapat menyebabkan obesitas, pembengkakan, dan penyakit kronis lainnya.

3 dari 5 halaman

Daftar Makanan Pantangan Pengidap Arthritis

3. Produk Susu

Makanan yang harus dihindari oleh pengidap arthritis selanjutnya adalah produk susu. Rheumatoid Arthritis (RA) secara khusus merespons terhadap protein yang ditemukan di dalam susu.

Produk susu dapat berkontribusi terhadap nyeri yang ditimbulkan karena jenis protein yang terkandung di dalamnya. Bagi sebagian orang, protein ini dapat mengiritasi jaringan di sekitar sendi mereka.

4. Makanan yang Mengandung Gluten

Gluten adalah sekelompok protein dalam gandum, barley, rye, dan triticale (persilangan antara gandum dan rye). Beberapa penelitian mengaitkannya dengan peningkatan peradangan dan menunjukkan, bebas gluten dapat meredakan gejala radang sendi.

Meski begitu, masih perlu penelitian lebih lanjut untuk memastikan apakah diet bebas gluten saja bermanfaat bagi pengidap arthritis.

4 dari 5 halaman

Daftar Makanan Pantangan Pengidap Arthritis

5. Daging Olahan dan Merah

Beberapa penelitian mengaitkan daging merah dan daging olahan dengan peradangan, yang dapat meningkatkan gejala radang sendi.

Misalnya, makanan yang banyak diproses serta daging merah menunjukkan penanda inflamasi tingkat tinggi seperti interleukin-6 (IL-6), protein C-reaktif (CRP), dan homosistein.

6. Alkohol

Minuman beralkohol dalam bentuk apa pun tidak baik untuk kesehatan. Bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit arthritis, sebaiknya dihindari.

Sebuah penelitian menunjukkan, asupan alkohol dapat meningkatkan frekuensi dan tingkat keparahan serangan asam urat. Selain itu, konsumsi alkohol kronis dikaitkan dengan peningkatan risiko osteoartritis, meski tidak semua penelitian menemukan hubungan yang signifikan.

5 dari 5 halaman

Daftar Makanan Pantangan Pengidap Arthritis

7. Minuman Bersoda

Selain alkohol, ada pula jenis minuman yang harus dihindari oleh pengidap arthritis, yaitu minuman bersoda. Minuman bersoda mengandung banyak tambahan gula dan pengawet.

Kandungan tersebut yang dapat meningkatkan risiko diabetes hingga penyakit jantung. Selain itu, menurut riset yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition, konsumsi minuman bersoda berlebihan dapat memicu pelepasan zat pemicu peradangan yang dikenal dengan sitokin.

8. Minyak Nabati Tertentu

Diet tinggi lemak omega-6 dan rendah lemak omega-3 dapat memperburuk gejala arthritis. Lemak ini penting untuk kesehatan. Namun, rasio omega-6 dan omega-3 yang tidak seimbang di sebagian besar makanan dapat meningkatkan peradangan.

Mengurangi asupan makanan tinggi lemak omega-6, seperti minyak nabati, sementara meningkatkan asupan makanan kaya omega-3 seperti ikan berlemak dapat memperbaiki gejala radang sendi.

 

Sumber: Healthline, Mayoclinic

Dapatkan artikel daftar dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer