Sukses


Macam-Macam Kebudayaan Daerah di Indonesia

Bola.com, Jakarta - Indonesia merupakan satu di antara negara yang mempunyai begitu banyak kebudayaan. Setiap daerah di Indonesia mempunyai kebudayaan yang berbeda-beda.

Kebudayaan dapat diartikan sebagai hasil cipta, rasa, dan karsa manusia dalam suatu masyarakat dan diteruskan dari generasi ke generasi melalui proses inkulturasi atau pembelajaran budaya.

Bangsa Indonesia mempunyai keanekaragaman budaya yang tersebar di berbagai daerah. Tiap daerah atau masyarakat mempunyai corak budaya yang berbeda-beda. Masing-masing budaya yang dimiliki memperlihatkan ciri khas masing-masing daerah.

Budaya merupakan identitas bangsa yang harus dijaga dan dilestarikan. Hal itu agar kebudayaan yang dimiliki tidak hilang dan bisa menjadi warisan anak cucu kelak.

Apalagi Indonesia memiliki ribuan kebudayaan yang tersebar di berbagai daerah. Sebagai bangsa Indonesia tentu perlu mengetahui kebudayaan yang ada di tiap-tiap daerah.

Berikut ini macam-macam kebudayaan daerah di Indonesia yang perlu diketahui, dilansir dari emodul.kemdikbud.go.id, Jumat (18/11/2022). 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 9 halaman

1. Rumah Adat

Rumah adat merupakan satu di antara bentuk kebudayaan Indonesia yang lahir dari seni arsitektur bangunan peninggalan nenek moyang. Arsitektur bangunan pada rumah adat memiliki ciri khas yang menunjukkan budaya daerah.

Rumah adat yang ada di setiap daerah merupakan perwujudan kebudayaan yang paling tinggi dalam sebuah komunitas suku bangsa.

3 dari 9 halaman

2. Pakaian Adat

Pakaian adat atau pakaian tradisional merupakan satu di antara dari banyaknya kebudayaan yang ada di Indonesia. Pakaian adat merupakan ciri khas budaya dari setiap daerah.

Namun, untuk saat ini, pemakaian pakaian adat biasanya hanya digunakan saat ada pesta atau perayaan adat, seperti pesta pernikahan, upacara-upacara adat, penyambutan tamu.

Selain itu, saat peringatan Hari Kartini, biasanya anak-anak sekolah juga diminta mengenakan pakaian adat, bahkan dilombakan. Hal ini bisa menjadi cara untuk memperkenalkan pakaian adat kepada generasi muda.

4 dari 9 halaman

3. Upacara Adat

Satu di antara unsur budaya yang berhubungan dengan Sang Pencipta adalah sistem religi atau kepercayaan masyarakat pada kekuatan di luar manusia.

Untuk mewujudkan ritual atau penyembahan kepada Sang Maha Kuasa dilakukan oleh masyarakat melalui upacara adat.

Upcara adat merupakan serangkaian tindakan atau perbuatan yang terikat pada aturan tertentu berdasarkan adat istiadat, agama, dan kepercayaan.

Upacara adat memiliki arti penting dalam masyarakat, bahkan untuk kelangsungan kehidupan masyarakat, mulai upacara pernikahan, terbentuknya bayi dalam kandungan, kelahiran, hingga kematian.

Dalam upacara adat biasanya ada ritual-ritual permohonan keselamatan, perawatan pusaka dan pemujaan kepada Yang Kuasa.

Banyaknya suku bangsa yang ada di Indonesia, tentunya banyak pula jenis upacara adat yang dilakukan oleh masing-masing suku bangsa.

5 dari 9 halaman

4. Seni Musik Tradisional

Seni musik merupakan hiburan bagi masyarakat, seperti halnya seni tari dan kesenian lainnya, seni musik menunjukkan ciri khas suatu daerah.

Alat musik yang dimainkan dalam kesenian musik biasanya merupakan potensi alam yang dimiliki oleh daerah tersebut.

Seni musik tradisional tidak terlepas dengan lagu-lagu daerah. Keduanya saling berkaitan karena lagu-lagu daerah biasanya dinyanyikan dengan diiringi alat musik dari daerah tersebut.

Seni musik tradisional jangan dianggap jelek atau tidak bagus, bahkan karena keunikkannya seni musik tradisional dari Indonesia banyak yang dimainkan oleh musisi mancanegara.

Itulah mengapa, sudah seharusnya kita ikut melestarikan musik tradisional sebagai kekayaan budaya bangsa.

6 dari 9 halaman

5. Seni Tari Tradisional

Seperti halnya seni musik dengan lagu-lagu tradisionalnya, kita juga memiliki berbagai macam seni tari yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Secara umum pengertian seni tari adalah suatu gerak ritmis yang dapat menghadirkan karakter manusia saat mereka menari.

Seni tari tradisional adalah seni tari yang lahir dan berkembang di seluruh wilayah kepulauan Indonesia. Tarian tradisional lahir sebagai buah pemikiran dan perwujudan nilai-nilai kepercayaan masyarakat setempat.

Tarian tradisional dapat berupa ungkapan kegembiraan masyarakat, misalnya tarian pesta setelah panen, ungkapan syukur seperti kesenian memperingati kelahiran anak, hingga tarian penolak bala bencana atau mengusir roh-roh jahat.

7 dari 9 halaman

6. Seni Rupa Tradisional

Seni rupa merupakan penuangan hasil karya seni dalam bentuk benda yang dapat dilihat, seperti lukisan dan pahatan.

Hasil karya seni rupa tradisional yang lahir dan berkembang di Indonesia, jumlahnya sangat banyak, dan setiap daerah mempunyai ciri khas yang menunjukkan identitas masyarakatnya.

Sejak zaman dahulu, pahatan batu seperti Candi Borobudur, merupakan peninggalan seni rupa tradisional yang terkenal di berbagai penjuru dunia.

Demikian juga wayang kulit yang terpahat pada tatahan kulit lembu, menjadi kesenian yang meresap dalam sanubari masyarakat.

Patung suku Asmat di Papua, saat ini menjadi tujuan wisata bagi turis dalam dan luar negeri. Masih banyak seni rupa asli Indonesia yang dikagumi oleh dunia.

Di antara seni rupa tradisional Indonesia yang masih dikerjakan oleh masyarakat dan diakui oleh dunia sebagai kebudayaan asli Indonesia adalah batik. Batik kini menjadi pakaian nasional yang beredar di dunia internasional.

Dengan diakuinya kebudayaan Indonesia di dunia internasional, pastinya tidak ada alasan untuk tidak melestarikan kesenian bangsa kita sendiri.

8 dari 9 halaman

7. Senjata Tradisional

Senjata merupakan alat yang digunakan untuk mempertahankan diri. Senjata dibuat untuk melindungi diri dari serangan musuh, baik itu musuh dari kelompok lain maupun serangan binatang buas.

Selain untuk melindungi diri, senjata tradisional digunakan untuk menopang kegiatan berladang dan berburu yang menjadi mata pencaharian masyarakat pada zaman dulu.

Selanjutnya senjata tradisional berubah menjadi simbol kekuatan maupun kekuasaan yang dikenakan oleh raja-raja.

Itulah sebabnya, senjata tradisional dijadikan sebagai simbol atau lambang kekuatan suatu bangsa. Saat ini senjata tradisional lebih dihargai sebagai identitas suatu daerah.

Senjata tradisional menjadi ciri khas daerah dan sebagai lambang budaya. Coba kamu perhatikan lambang daerah yang ada di Indonesia, semuanya terpampang gambar senjata tradisional, seperti keris, rencong, pedang dan lain sebagainya.

Senjata tradisional mengambil peran dan turut serta memperkaya kebudayaan indonesia.

9 dari 9 halaman

8. Bahasa Daerah

Bahasa daerah biasanya disebut dengan istilah bahasa ibu. Disebut sebagai bahasa ibu karena ibu adalah orang yang pertama kali mengajarkan kata-kata (bahasa) kepada anaknya. Bahasa merupakan unsur dari kebudayaan sebagai alat komunikasi verbal.

Masing-masing daerah mempunyai bahasa yang berbeda, sebagai penanda identitas kelompok masyarakat, tentunya akan menambah khasanah budaya bangsa.

 

Sumber: Kemdikbud

Baca artikel seputar edukasi lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer