Sukses


Contoh-Contoh Kesimpulan Karya Tulis Ilmiah

Bola.com, Jakarta - Kesimpulan merupakan hal penting yang harus ada dalam semua karya tulis ilmiah, baik itu makalah atau skripsi. Simak beragam contoh kesimpulan makalah yang bisa kamu jadikan inspirasi, melalui artikel ini.

Karya tulis ilmiah biasanya terdiri dari bab pembuka, isi, dan penutup.

Dalam bab penutup, hal yang harus kamu tuliskan adalah kesimpulan dari tulisan yang telah kamu tulis.

Sering kali bagian ini cukup membingungkan sehingga ada baiknya kamu melihat beberapa contoh kesimpulan makalah sebagai inspirasi.

Kesimpulan harus memberikan rasa penutupan dan penyelesaian argumen. Selain itu, kesimpulan perlu menunjukkan pertanyaan atau kemungkinan baru apa yang telah terbuka.

Berikut koleksi contoh kesimpulan dari berbagai karya tulis ilmiah, dinukil dari laman 99, Senin (5/12/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Kesimpulan Makalah tentang Sumber Daya Manusia

BAB V PENUTUP

KESIMPULAN

Setelah meneliti tentang pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam sebuah perusahaan, dapat ditarik kesimpulan bahwa pengelolaan SDM adalah aspek penting dalam perusahaan. Tanpa pengelolaan yang benar, perusahaan tidak akan mampu bertahan. Hal ini karena bertahan atau tidaknya sebuah perusahaan bergantung pada pekerja.

Pengelolaan SDM meliputi proses rekrutmen, seleksi, pelatihan, dan sistem upah yang jelas. Selain itu, penanaman nilai dan budaya perusahaan juga bagian penting dalam pengelolaan SDM. Untuk itu, diperlukan Human Resource Department yang mengatur dan mengelola SDM perusahaan.

3 dari 5 halaman

Contoh Kesimpulan Makalah Berbentuk Poin

Kesimpulan

Berdasarkan data yang sudah disebutkan, penulis dapat menyimpulkan beberapa hal, yaitu:

  • Pola pikir pengajar atau guru dapat berubah dan mereka harus menguasai life skill atau kompetensi yang ada, memperbanyak pengalaman belajar kepada siswa, dan pola guru sentris kepada siswa sentris dalam proses belajar mengajar.
  • Menciptakan pembelajaran yang efektif dan konstektual diperlukan seorang pengajar atau guru yang profesional juga. Memperoleh guru profesional dapat menimbulkan alat peraga yang baik dan efektif.
  • Alat berperan dalam pembelajaran yang akan membuat suasana lebih menyenangkan, kreatif, menarik, dinamis, dan aktif.
  • Anak-anak diharapkan dapat menentukan dan menerapkan informasi belajar yang rasional dan proposional melalui alat peraga yang efektif tersebut.
4 dari 5 halaman

Contoh Kesimpulan Makalah Singkat

BAB III

PENUTUP

Kesimpulan

Dari paparan di atas, penulis dapat menyimpulkan dari makalah 'Penggunaan bahasa dalam Jurnalistik' yaitu bahasa dalam jurnalistik tidak harus menggunakan satu bahasa saja, tetapi dapat memadukannya dengan bahasa lain yang penggunaannya tepat. Bahasa Indonesia dapat dipadukan dengan bahasa Melayu, Inggris, atau bahasa asing lainnya.

5 dari 5 halaman

Contoh Kesimpulan Makalah dan Saran

PENUTUP

KESIMPULAN

Pancasila adalah dasar negara Indonesia dan sudah sepatutnya menjadi dasar kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh masyarakat Indonesia. Nilai-nilai Pancasila merupakan cakupan dari nilai, norma, dan moral yang seharusnya mampu diamalkan oleh seluruh masyarakat Indonesia, sebab apabila Bangsa Indonesia mampu mengamalkan nilai-nilai tersebut maka degradasi moral dan kebiadaban masyarakat dapat diminimalkan. Secara tidak langsung hal ini juga akan mengurangi kriminalitas di Indonesia, meningkatkan keamanan, dan kesejahteraan bangsa Indonesia.

SARAN

Diharapkan agar semua masyarakat dapat menerapkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila tidak hanya sekadar mengetahui saja, tetapi pelaksanaannya dalam kehidupan.

 

Sumber: 99

Yuk, baca artikel contoh lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer