Sukses


Bacaan Selawat Ibrahimiyah beserta Artinya, Penting Diketahui Umat Muslim

Bola.com, Jakarta - Satu di antara selawat yang bisa rutin diamalkan umat muslim ialah selawat Ibrahimiyah. Pasalnya, selawat ini terdapat dalam setiap salat.

Selawat Ibrahimiyah adalah selawat paling sempurna dibanding selawat-selawat yang lain, baik yang ma'tsurah (diriwayatkan dari nabi) maupun yang tidak ma'tsurah.

Selain itu, selawat Ibrahimiyah merupakan sebuah doa atau seruan yang dipanjatkan kepada Allah Swt. untuk babi Ibrahim as.

Hal itu sesuai dalam hadis yang diriwayatkan oleh Al-Bukhari dalam sahihnya, Rasulullah saw. bersabda:

"Barang siapa membaca selawat ini maka aku bersaksi untuknya di hari kiamat dengan sebuah persaksian dan memberinya syafaat."

Selawat Ibrahimiyah juga dapat menjadi bentuk penghormatan dan rasa cinta kepada Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Muhammad saw.

Lantas bagaimana bacaan selawat Ibrahimiyah yang mudah dilafalkan dan diamalkan umat muslim?

Berikut ini bacaan selawat Ibrahimiyah beserta artinya, disadur dari Brilio, Kamis (15/12/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Bacaan Selawat Ibrahimiyah

"Allohumma solli 'alaa muhammad, wa 'alaa aali muhammad, kamaa sollaita 'alaa aali ibroohim, wa baarik 'alaa muhammad, wa 'alaa aali muhammad, kamaa baarokta 'alaa aali ibroohim, fil 'aalamiina innaka hamiidummajiid."

Artinya: "Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan keselamatan untuk Nabi Muhammad. Dan juga limpahkanlah rahmat dan keselamatan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan rahmat dan keselamatan kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim.

Limpahkanlah keberkahan kepada Muhammad saw. dan kepada keluarga Muhammad sebagaimana Engkau telah melimpahkan keberkahan kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim. Di seluruh alam semesta, sesungguhnya Engkau adalah Maha Terpuji lagi Maha Agung."

3 dari 3 halaman

Keutamaan Selawat Ibrahimiyah

1. Rasulullah Mengutamakannya di Hari Kiamat

Barang siapa yang senantiasa berselawat kepada Rasulullah maka seseorang itu akan diutamakan saat hari kiamat nanti. Dalam sebuah hadis, Rasulullah bersabda,

"Sesungguhnya lebih utama bagiku manusia besok pada hari kiamat, adalah mereka yang lebih banyak membaca selawat kepadaku." (HR. Turmudzi dari Ibn’ Mas’ud Ra)

2. Mendapatkan Syafaat Rasulullah

Seorang muslim yang konsisten membaca selawat Ibrahimiyah maka ia akan mendapat syafaat dari Rasulullah pada hari kiamat. Imam Ahmad As-Shawi menyebutkan dalam suatu hadis, Rasulullah bersabda,

"Barang siapa yang membaca selawat ini (Ibrahimiyah) maka aku bersaksi baginya di hari kiamat dengan kesaksian dan aku memberi syafaat baginya." (HR. Imam Bukhari)

3. Diangkat Derajatnya oleh Allah Swt.

Dalam sebuah hadis, Rasulullah bersabda:

"Barang siapa yang berselawat kepadaku satu kali, niscaya Allah akan berselawat kepadanya sepuluh kali dan dihapus darinya sepuluh kesalahan, diangkat baginya sepuluh derajat." (HR. An-Nasa’I no. 1296)

Dari hadis tersebut dijelaskan bahwa jika seorang muslim membaca selawat Ibrahimiyah maka diangkat baginya sepuluh derajat dan akan dihapus sepuluh keburukannya oleh Allah Swt.

 

Disadur dari: Brilio.net (Penulis: Shofia Nida. Publsihed: 27/8/2020).

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer