Sukses


Macam-Macam Bahaya Narkoba yang Wajib Diketahui

Bola.com, Jakarta - Narkoba adalah zat atau obat, baik yang bersifat alamiah, sintetis, maupun semi sintetis yang menimbulkan efek penurunan kesadaran, halusinasi, serta daya rangsang.

Jika disalahgunakan maka akan berdampak buruk bagi kesehatan tak hanya jangka pendek, tetapi kesehatan yang bersifat jangka panjang.

Narkoba akan menyebabkan efek kecanduan secara fisik dan psikis sehingga tidak heran banyak bahaya narkoba bagi kesehatan.

Pada mulanya, zat atau obat golongan ini digunakan untuk kepentingan pengobatan dan rehabilitasi pasien sesuai kebutuhan medis. Namun, rupanya masih banyak orang yang menyalahgunakan narkoba untuk kepentingan lain. 

Jika sudah di tahap kecanduan, seseorang harus mengikuti rehabilitasi agar bebas dari candu dan jauh dari narkoba.

Lantas apa saja bahaya narkoba khususnya bagi kesehatan kita?

Berikut macam-macm bahaya narkoba yang wajib diketahui, seperti disadur dari Klikdokter, Selasa (20/12/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Macam-Macam Bahaya Narkoba

1. Dehidrasi

Penyalahgunaan narkoba dapat menimbulkan dampak berupa gangguan keseimbangan elektrolit. Akibatnya, tubuh dapat mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan.

Saat dehidrasi berkepanjangan, seseorang dapat mengalami penurunan kesadaran dan kerusakan pada organ tubuh.

2. Halusinasi

Halusinasi merupakan satu di antara bahaya narkoba yang sering dijumpai. Jenis narkoba yang kerap menimbulkan halusinasi adalah ganja.

Halusinasi yang berlebihan dapat menyebabkan kecemasan dan ketakutan yang berlebihan.

3. Gangguan Sistem Pencernaan

Sering kali, pengguna obat-obatan terlarang ini menambah dosis sesuka hati. 

Dosis yang berlebih ini bisa menyebabkan gangguan pencernaan, seperti mual, muntah, diare, konstipasi, serta hilangnya nafsu makan.

3 dari 4 halaman

Macam-Macam Bahaya Narkoba

4. Menurunnya Kualitas Tidur

Narkotika golongan antidepresan dapat membantu mengatasi keluhan gangguan tidur, seperti insomnia, jika digunakan sesuai dosis tubuh. Namun, jika digunakan tanpa pengawasan, narkotika tersebut bisa berbahaya karena dapat memengaruhi kualitas tidur seseorang.

Begitu juga bila menggunakan obat golongan stimulan seperti kokain maka akan timbul efek berkebalikan pada tubuh. 

Misal, pengguna akan merasakan adanya energi yang berlebih atau hiperaktif, detak jantung meningkat, serta terlalu percaya diri. Akibatnya, pemakai narkoba golongan stimulan akan sulit untuk tidur atau beristirahat.

5. Menurunnya Kualitas Hidup

Penggunaan narkoba dapat menimbulkan dampak pada kualitas hidup seseorang. Tak sedikit peristiwa yang membuktikan narkoba dekat dengan kriminalitas dan tindakan penyimpangan lain, seperti seks bebas.

Narkoba dapat membuat seseorang melakukan apa saja, termasuk mencuri atau perbuatan terlarang lainnya. Bahkan, bukan tak mungkin sang pencandu akhirnya menjadi pengedar narkoba demi mendapatkan uang.

Di samping itu, efek narkoba bisa mengubah perilaku seseorang menjadi lebih kasar dan menurunkan nilai moralitas yang dimilikinya.

6. Gangguan Secara Psikologis

Penyalahgunaan narkoba berbahaya karena dapat memengaruhi kesehatan mental seseorang. 

Orang yang menggunakan narkoba bisa mengalami gangguan pada sinyal otaknya sehingga dapat mengalami: 

  • Depresi
  • Kecemasan 
  • Gangguan panik 
  • Paranoia
  • Lama-kelamaan akan menyebabkan gangguan memori, konsentrasi, dan belajar 
4 dari 4 halaman

Macam-Macam Bahaya Narkoba

7. Kerusakan Organ Tubuh Penting

Organ tubuh penting seperti otak, jantung, paru-paru hingga ginjal dapat mengalami kerusakan secara perlahan. Terlebih pada orang yang sering mengalami kejang, sesak napas, serta dehidrasi akibat dosis yang berlebihan.

8. Gangguan pada Mulut

Dampak narkoba bagi kesehatan berkaitan dengan organ mulut. Pasalnya, kecanduan narkoba dapat menyebabkan mulut menjadi kering karena terjadi perubahan komposisi air liur. 

Kemudian, pencandu narkotika sangat rentan untuk mengalami gigi berlubang dan penyakit gusi.

9. Meningkatnya Risiko HIV/AIDS

Bahaya lainnya dari narkoba adalah dapat meningkatkan risiko untuk terkena HIV/AIDS. Terlebih jika menggunakan narkotika melalui jarum suntik dan melakukan tindakan yang menyimpang, seperti seks bebas.

10. Kematian

Kematian merupakan akibat terakhir dari penyalahgunaan narkoba. Jika pengguna narkotika menggunakan dosis tinggi yang menyebabkan overdosis, tubuh dapat mengalami kejang.

Apabila kondisi kejang ini terus berulang, berlangsung lama, dan tidak segera ditangani maka bisa berujung pada kematian. 

 

 

Sumber: Klidkokter.com (Published: 13/4/2022)

Yuk, baca artikel macam-macam lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer