Sukses


Bacaan Selawat Haji beserta Artinya, Jalan Menuju Tanah Suci

Bola.com, Jakarta - Bisa menunaikan ibadah haji tentu menjadi impian seluruh umat muslim. Ibadah haji banyak diusahakan karena berkesempatan untuk menghapus dosa, menyucikan jiwa, dan meningkatkan keimanan.  

Namun, untuk menjalankan rukun Islam yang kelima ini butuh banyak persiapan, mulai mental, finansial, hingga fisik. Itulah mengapa seorang muslim memerlukan waktu yang panjang agar untuk menyiapkannya.

Selain berikhtiar dengan berdoa, kita juga senantiasa bisa menyiapkan hal lainnya, terutama yang berkaitan dengan finansial.

Umat muslim juga bisa membaca selawat haji berupa selawat Hajjiyyat yang bisa memudahkan seseorang untuk segera naik haji.

Berikut bacaan selawat haji beserta artinya, yang bisa mendorong jalan menuju Tanah Suci, disadur dari Dream, Senin (19/12/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Bacaan Sholawat Hajjiyyat

Selawat haji yang bisa umat muslim amalkan agar bisa segera naik haji adalah selawat hajjiyyat. Selawat ini ditulis oleh Syekh Ahmad Qusyairi dalam kitab Al-Wasiilah Al-Hariyyah fi Al-Shalawat Ala Khairil Bariyyah.

Berikut adalah bacaan dan artinya yang bisa umat muslim amalkan:

Allahumma shalli ‘alaa sayyidinaa Muhammadin tuballighunaa bihaa hajja baitikal haraam wa ziyaarata qabri nabiyyika alaihi afdhalus shalaatu was salaamu fi luthfin wa ‘aafiyatin wa salaamatin wa bulughil maraam wa ‘alaa aalihi wa shahbihi wa barik wa sallim.

Artinya: "Ya Allah, limpahkanlah rahmat atas junjungan kami Muhammad dengan berkah selawat yang dapat menyampaikan kami dengannya untuk berkunjung ke rumah-Mu yang mulia dan mengunjungi makam nabi-Mu, atasnya selawat dan salam yang paling utama dalam kelembutan, sehat, selamat, dan tercapai cita-citanya, serta berkahilah dan salam untuk keluarganya dan sahabat-sahabatnya."

3 dari 4 halaman

Cara agar Cepat Naik Haji

Setelah mengetahui bacaan selawat haji, umat muslim juga perlu mengetahui beberapa cara agar bisa cepat naik haji. Berikut adalah caranya yang bisa diikuti:

Lebih Mendekatkan Diri kepada Allah Swt

Cara yang pertama agar cepat naik haji adalah lebih mendekatkan diri kepada Allah Swt. Menyadari bahwa segala sesuatu yang terjadi kepada manusia adalah atas kehendak-Nya.

Walaupun secara finansial kita sudah cukup, jika Allah Swt. belum mengizinkan maka hal itu tidak akan terjadi.

Jadi, banyak-banyaklah mendekatkan diri kepada Allah Swt. Tidak hanya berdoa dan salat saja, tetapi juga dengan mengerjakan amalan-amalan baik seperti berbakti kepada orang tua, mempelajari ilmu agama, salat ke masjid, dan masih banyak lagi.

Bersedekah

Cara berikutnya adalah bersedekah. Inilah hitung-hitungan versi Allah Swt. yang sangat istimewa dibanding dengan hitung-hitungan secara umum.

Bersedakah membuat kita mengeluarkan uang, tetapi hal tersebut tidak akan membuat kita menjadi jatuh miskin. Justru Allah Swt. akan menambah rezeki untuk kita.

Umat muslim harus menjadikan aktivitas sedekah sebagai usaha untuk memperoleh rida dari Allah Swt. sehingga nantinya mengizinkan kita untuk bisa menunaikan ibadah haji di Tanah Suci.

Menabung

Jika ada niat untuk menunaikan ibadah haji maka hal penting yang harus umat muslim lakukan adalah menabung.

Mungkin terdengar sederhana, tetapi dalam pelaksanaannya ada banyak sekali godaan. Terutama dari nafsu dalam diri sendiri yang kerap kali ingin membeli berbagai barang.

Meski menabung sedikit demi sedikit, jika kamu melakukannya dengan istikamah, Insyaallah apa yang kamu niatkan itu akan terwujud atas izin Allah Swt.

Kamu bisa memasang target kapan tabungan itu akan dibuka. Selama menabung, usahakan agar tidak menggunakan uang itu sama sekali.

4 dari 4 halaman

Cara agar Cepat Naik Haji

Berhemat

Hal yang tak kalah penting agar cepat naik haji adalah berhemat. Umat muslim harus bisa membedakan barang mana yang memang dibutuhkan atau hanya sekadar keinginan saja.

Kalau bisa mengurangi juga pembelian barang-barang yang kurang bermanfaat agar dana tersebut bisa dialokasikan untuk tabungan haji mengingat bahwa sikap boros tidak baik dan dilarang dalam Islam.

Jadi, pastikan saja bahwa semua kebutuhan primer benar-benar terpenuhi dan kontrol diri untuk tidak membelanjakan barang-barang yang memang tidak dibutuhkan.

Konsisten

Lakukan semua usaha-usaha untuk naik haji secara konsisten. Baik itu beribadah, melakukan amalan-amalan seperti membaca selawat haji, berdoa, berzikir, menabung, dan lain sebagainya.

Tanpa adanya konsistensi, akan percuma saja dan membuat impianmu makin lama untuk terwujud. Pastikan kamu menanamkan kedisiplinan yang baik dalam diri dan ketika Allah Swt. sudah mengizinkan, momen yang dinanti-nantikan itu akan tiba.

Melengkapi Informasi tentang Keberangkatan Haji

Hal ini penting bagi kamu yang berniat naik haji agar selalu update seputar informasi yang berhubungan dengan keberangkatan haji.

Informasi itulah yang nantinya akan membimbingmu mulai pendaftaran, pengurusan dokumen, hingga keberangkatan nanti.

 

Disadur dari: Dream.co.id (Penulis: Widya Resti Oktaviana. Publsihed: 22/6/2022)

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer