Sukses


Bacaan Selawat Tibbil Qulub beserta Arti, Ketahui Keutamaannya

Bola.com, Jakarta - Islam menganjurkan umatnya untuk selalu berselawat. Dengan membaca selawat, umat muslim akan selalu ingat kepada Nabi Muhammad saw. sekaligus meningkatkan keimanan kepada Allah Swt.

Perintah untuk membaca selawat dijelaskan dalam Al-Qur'an surah Al-Ahzab ayat 56 berikut:

"Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya berselawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Berselawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya.”

Ada beberapa selawat yang bisa dibaca. Satu di antara selawat yang bisa umat muslim amalkan adalah selawat Tibbil Qulub.

Selawat Tibbil Qulub atau dikenal juga selawat Nurul Abshar dapat dimaknai sebagai obat atau penyembuh hati.

Jika dibaca dan dihayati dengan baik, Allah Swt. akan memberikan kesehatan kepada umat muslim, baik jasmani maupun rohani.

Lantas, bagaimana bacaan selawat Tibbil Qulub yang bisa dilafalkan dan diamalkan umat muslim?

Berikut ini bacaan selawat Tibbil Qulub, lengkap dengan arti dan keutamaan dalam mengamalkannya, disadur dari Dream, Rabu (21/12/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Bacaan Selawat Tibbil Qulub

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا، وَعَافِيَةِ الْاَبْدَانِ وَشِفَائِهَا، وَنُوْرِ الْاَبْصَارِ وَضِيَائِهَا، وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

"Allâhumma shalli ‘alâ Sayyidinâ Muhammadin thibbil qulûbi wa dawâ-ihâ wa ‘âfiyatil abdâni wa syifâ-ihâ wa nûril abshâri wa dliyâ-ihaa wa ’alâ âlihî wa shahbihî wa sallim."

Artinya: “Ya Allah, berikanlah rahmat kepada baginda kami, Nabi Muhammad, sang penyembuh hati dan obatnya, memberikan kesehatan badan dan mengobatinya, menjadi cahaya mata hati dan sinarnya, juga kepada keluarga dan sahabat beliau, dan semoga Engkau memberikan keselamatan.”

3 dari 3 halaman

Keutamaan Membaca Selawat Tibbil Qulub

Seperti telah disinggung sebelumnya, keutamaan selawat Tibbil Qulub ialah akan diberikan kesehatan lahir dan batin, serta disembuhkan dari segala macam penyakit oleh Allah Swt.

Adapun banyaknya selawat yang harus dibaca tergantung dari ulama yang mengijazahkan untuk membaca selawat tersebut.

Dalam kitab bernama Sa’adah ad-Daraini fi as-Shalat ala Sayyid al-Kaunaini dijelaskan berapa banyak selawat yang harus dibaca umat muslim.

"Selawat ini merupakan lafal selawat penyembuh lahir dan batin. Dibaca 2000 kali untuk menyembuhkan segala penyakit, dan menurut sebagian pendapat dibaca sebanyak 400 kali maka penyakit tersebut akan sembuh atas seizin Allah Swt."

 

Disadur dari: Dream.co.id (Penulis: Widya Resti Oktaviana. Published: 16/8/2021)

Dapatkan artikel Islami dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer