Sukses


Bacaan Selawat Badar dan Artinya, Ketahui Keutamaannya

Bola.com, Jakarta - Islam menganjurkan umatnya untuk mengerjakan amalan baik di sela-sela menjalani aktivitas sehari-hari. Satu di antara amalan baik yang bisa dikerjakan umat muslim ialah membaca selawat.

Selawat merupakan satu di antara amalan yang ditujukan pada Rasulullah saw. sebagai bukti rasa cinta dan hormat umat kepada beliau sekaligus meningkatkan keimanan kepada Allah Swt.

Perintah untuk membaca selawat secara umum telah ditegaskan dalam Al-Qur'an surah Al-Ahzab ayat 56:

"Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya berselawat untuk nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Berselawatlah kamu untuk nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya."

Ada beberapa selawat yang bisa dilafalkan dan diamalkan umat muslim. Satu di antara selawat ialah selawat Badar.

Lantas, bagaimana bacaan selawat Badar yang bisa dilafalkan dan diamalkan umat muslim?

Berikut ini bacaan selawat Badar, lengkap dengan arti dan keutamaan bagi yang mengamalkannya, dikutip dari laman Abiabiz, Rabu (28/12/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Bacaan Selawat Badar

"Shalaatullaah Salaamullaah ‘Alaa Thaaha Rasuulillaah. Shalaatullaah Salaamullaah ‘Alaa Yaa Siin Habiibillaah.

Tawassalnaa Bibismillaah Wabil Haadi Rasuulillaah. Wakulli Mujaahidin Lillaah Bi Ahlil Badri Yaa Allaah Amaislim. llaahi Sallimil Ummah Minal Aafaati Wanniqmah. Wamin Hammin Wamin Ghummah Bi Ahlil Badri Yaa Allaah.

Ilaahi Najjinaa Waksyif Jamii’a Adziyyatin Wahrif. Makaa idal ‘idaa wal thuf Bi Ahlil Badri Yaa Allaah. llaahi Naffisil Kurbaa Minal’Ashiina Wal’Athbaa. Wakulli Baliyyatin Wawabaa Bi Ahlil Badri Yaa Allaah.

Fakam Min Rahmatin Washalat Wakam Min Dzillatin Fashalat. Wakam Min Ni’matin Washalat Bi Ahlil Bailri Yaa Allaah. Wakam Aghnaita Dzal ‘Umri Wakam Autaita D’Zal Faqri. Wakam’Aafaita Dzal Wizri Bi Ahlil Badri Yaa Allaah.

Laqad Dlaaqat’Alal Oalbi Jamii’ul Ardli Ma’ Rahbi. Fa Anji Minal Balaas Sha’bi Bi Ahlil Badri Yaa Allaah. Atainaa Thaalibir Rifdi Wajullil Khairi Was Sa’di. Fawassi’ Minhatal Aidii Bi Ahlil Badri Yaa Allaah.

Falaa Tardud Ma’al Khaibah Balij’Alnaa’Alath Thaibah. Ayaa Dzal ‘lzzi Wal Haibah Bi Ahlil Badri Yaa Allaah. Wain Tardud Faman Ya-Tii Binaili Jamii’i Haajaati. Ayaa jalail mulimmaati Bi Ahlil Badri Yaa Allaah.

llaahighfir Wa Akrimnaa Binaili Mathaalibin Minnaa. Wadaf i Masaa-Atin ‘Annaa Bi Ahlil Badri Yaa Allaah. llaahii Anta Dzuu Luthfin Wadzuu Fadl-Lin Wadzuu ‘Athfin. Wakam Min Kurbatin Tanfii Bi Ahlil Badri Yaa Allaah.

Washalli ‘Alan Nabil Barri Bilaa ‘Addin Walaa Hashri. Wa Aali Saadatin Ghurri Bi Ahlil Badri Yaa Allaah."

3 dari 4 halaman

Arti Selawat Badar

Rahmat dan keselamatan Allah, semoga tetap untuk Nabi utusan Allah. Rahmat dan keselamatan Allah, semoga tetap untuk Nabi Yasin kekasih Allah. Kami berwasilah dengan berkah basmalah, dan dengan Nabi yang menunaikan lagi utusan Allah. Dan seluruh orang yang berjuang karena Allah, karena berkahnya ahli badar ya Allah.

Ya Allah, semoga Engkau menyelamatkan umat dari bencana dan siksa. Kemudian dari susah dan kesulitan karena berkahnya ahli badar ya Allah. Ya Allah semoga Engkau menyelamatkan kami dari segala yang menyakitkan, dan semoga Engkau menjauhkan dari berbagai tipu daya musuh-musuh. Dan semoga Engkau mengasihi kami karena berkahnya ahli badar ya Allah.

Ya Allah semoga Engkau menjauhkan beberapa kesusahan, dari orang-orang yang bermaksiat dan membuat kerusakan. Dan semoga Engkau menghilangkan semua bencana dan wabah penyakit karena berkahnya ahli badar ya Allah.

Maka sudah banyak rahmat yang telah sampai, dan sudah banyak kenistaan yang dihilangkan. Dan sudah banyak dari nikmat yang telah sampai karena berkahnya ahli badar ya Allah.

Sudah berapa kali Engkau memberi harta orang yang makmur, dan berapa kali Engkau memberi nikmat kepada orang yang fakir. Dan berapa kali Engkau mengampuni orang yang berdosa karena berkahnya ahli badar ya Allah.

Sungguh hati manusia yang merasa sempit di atas tanah yang luas ini karena banyaknya marabahaya yang menakutkan dan malapetaka yang menghancurkan. Semoga Allah menyelamatkan kami dari bencana yang menakutkan karena berkahnya ahli badar ya Allah.

Kami datang dengan memohon pertolongan, dan memohon kebaikan dan keberkahan. Semoga Allah meluaskan anugerah yang melimpah-limpah, karena berkahnya ahli badar ya Allah. Maka janganlah Engkau menolak kami dari kerugian, bahkan jadikanlah diri kami dapat beramal baik dan selalu berbahagia. Wahai Zat yang punya kebesaran dan keagungan, karena berkahnya ahli badar ya Allah.

Jika Engkau menolak hamba maka kepada siapakah kami akan datang mohon semua hajat.

Wahai Zat yang menghilangkan bencana dunia dan akhirat, hilangkan bencana-bencana hamba lantaran berkahnya ahli Badar ya Allah. Ya Allah semoga Engkau mengampuni segala kesalahan kami dan memuliakan kami dengan beberapa permohonan.

Dan menolak kesalahan-kesalahan kami karena berkahnya ahli badar ya Allah. Ya Allah, Engkaulah yang mempunyai belas kasihan dan punya anugerah dan kasih sayang. Sudah banyak kesusahan yang sirna dari sebab berkahnya sahabat ahli Badar ya Allah.

Semoga Engkau melimpahkan rahmat kepada Nabi yang senantiasa berbakti kepada-Mu dengan limpahan rahmat dan kesejahteraan yang tak terbilang dan tak terhitung. Dan semoga tetap atas para keluarga nabi dan para Sayyid yang bersinar cahayanya, karena berkahnya ahli badar ya Allah.

4 dari 4 halaman

Keutamaan Selawat Badar

  • Orang yang gemar berselawat akan diutamakan saat kiamat tiba.
  • Dapat mendatangkan rahmat dan karunia dari Allah Swt.
  • Memperoleh kebanggaan tersendiri.
  • Dengan selawat, kita dapat mendekatkan diri kepada Allah Swt.
  • Derajatnya akan ditinggikan oleh Allah, sebanyak 10 derajat dan akan dihapuskan 10 keburukan darinya.
  • Selawat dapat menjauhkan kita dari bahaya.
  • Nabi Muhammad saw. akan hadir di sisi orang yang gemar berselawat saat sakaratul maut.
  • Diampuni dosa-dosanya.
  • Menjauhkan dari kefakiran dan mendekatkan dengan keberkahan.
  • Mendapatkan keberkahan yang melimpah bahkan sampai ke anak dan cucu.

 

Sumber: Abiabiz

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer