Sukses


Arti Virtual beserta Jenis dan Contohnya

Bola.com, Jakarta - Virtual adalah satu di antara bentuk komunikasi yang sering dilakukan setelah berkembangnya teknologi internet. Virtual adalah istilah lain dari "maya", artinya sangat berkaitan erat dengan internet.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI daring, virtual memiliki tiga arti atau makna.

Pertama disebut secara nyata. Kedua adalah mirip atau sangat mirip dengan sesuatu yang dijelaskan. Ketiga diartikan tampil atau hadir dengan menggunakan perangkat lunak komputer, misalnya di internet.

Tidak hanya mengandalkan internet, ruang komunikasi virtual adalah aplikasi. Ruang untuk melakukan banyak tipe komunikasi, baik itu teks, suara, video, dan berbagai panggilan lainnya. Apa itu virtual dapat kamu ketahui dengan memahami definisi dan jenis-jenisnya.

Penggunaan kata virtual banyak kita temui dalam berbagai hal dalam kehidupan. Bahkan kata virtual dapat digunakan secara resmi.

Dengan adanya virtual ini, aktivitas apa pun terutama komunikasi tidak lagi terkendala masalah jarak dan waktu. Manusia dapat melakukannya kapan pun dan di mana pun tanpa harus bertatap muka. Hal ini memudahkan aktivitas manusia dalam keseharian.

Agar lebih paham lagi, berikut penjelasan tentang virtual, disadur dari Brilio, Rabu (11/1/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Jenis Komunikasi Virtual

Komunikasi virtual memiliki lima jenis yang sering diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini jenis-jenis komunikasi virtual yang perlu kamu ketahui:

a. Komunikasi virtual secara formal

Jenis komunikasi formal ini dilakukan untuk acara formal dan resmi. Komunikasi formal ini memiliki tujuan untuk menyampaikan sebuah pesan atau informasi yang penting. Biasanya saat komunikasi formal ini dilakukan secara virtual, menggunakan video conference atau surat perintah.

b. Komunikasi virtual secara nonformal

Komunikasi nonformal biasanya bersifat lebih intim bersama dengan orang-orang terdekat bisa keluarga, teman, atau kerabat. Komunikasi nonformal yang dilakukan secara virtual bisa dengan telepon atau video call melalui aplikasi.

c. Komunikasi virtual secara informal

Komunikasi informal yang diadakan memiliki maksud serta tujuan yang lebih fleksibel dan tidak terencana. Namun, jika komunikasi informal dilakukan melalui virtual, perlu menggunakan aplikasi sebagai ruang atau wadah dalam sebuah perbincangan.

d. Komunikasi virtual kelompok

Jenis komunikasi ini dilakukan bersama dengan kelompok atau tim. Komunikasi kelompok yang dilakukan secara virtual tentu saja memiliki maksud serta tujuan tertentu.

Dengan dilaksanakan melalui virtual, komunikasi ini akan tetap berjalan menggunakan sebuah aplikasi atau platform yang tersedia di ponsel.

e. Komunikasi virtual jaringan kerja

Komunikasi yang dilakukan dengan jaringan kerja memiliki tujuan yang penting berkaitan dengan pekerjaan. Komunikasi jaringan kerja yang dilakukan secara virtual memerlukan platform khusus untuk meminimalkan kendala saat membahas pekerjaan.

3 dari 3 halaman

Contoh Aplikasi Virtual

a. WhatsApp

Aplikasi ini selain untuk berkirim pesan, juga digunakan untuk panggilan suara ataupun video. Aplikasi ini dapat berfungsi di perangkat Android maupun iOS, jadi memudahkan dalam berkabar melalui virtual.

b. Skype.

Aplikasi ini menjadi satu di antara pilihan kamu untuk berbicara secara virtual. Pasalnya, aplikasi ini juga menawarkan panggilan video dan audio. Tidak hanya itu, aplikasi ini mendukung obrolan hingga 50 orang.

c. Google hangouts meet.

Aplikasi ini merupakan platform konferensi video yang terintegrasi dalam platform G Suite, yang dapat memberikan kemudahan bagi pengguna untuk melakukan meeting via web, laptop, atau aplikasi di ponsel.

Dalam aplikasi ini, mendukung obrolan hingga 100 orang di dalamnya. Aplikasi ini cocok untuk kegiatan meeting penting atau kegiatan lainnya yang mengharuskan banyak orang untuk masuk.

d. Instagram

Aplikasi populer ini tidak hanya dapat mengunggah foto atau video. Namun, bisa juga untuk chatting dan melakukan panggilan audio atau video.

 

Disadur dari: Brilio.net (Penulis: Kharisma Alfi Tiara. Published: 26/2/2022)

Yuk, baca artikel contoh lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer