Sukses


Bacaan Doa agar Hati Tenang yang Bisa Umat Muslim Amalkan

Bola.com, Jakarta - Dalam Islam, ketika seorang muslim gusar dan gelisah, dianjurkan untuk salat atau membaca Al-Qur'an. Selain itu, ada pula doa yang dibaca untuk menenangkan hati dan pikiran.

Memanjatkan doa kepada Allah Swt. merupakan satu di antara cara agar diberi ketenangan hati untuk menjalani kehidupan di dunia ini.

BACA JUGA: Bacaan Doa untuk Syukuran Beserta Artinya

Selain itu, memanjatkan doa diyakini bisa bikin umat muslim terhindar dari stres, gusar, dan gelisah.

Bagi umat muslim, memahami bacaan doa agar hati tenang sangat penting, apalagi saat menghadapi kesulitan hidup yang datang secara bertubi-tubi.

Seperti diketahui, kehidupan setiap orang di dunia tidak ubahnya seperti roda yang terus berputar. Terkadang kita merasa bahagia, tapi adakalanya kita juga merasa gelisah dan hati tidak tenang menjalani kehidupan ini.

Merasa gelisah dan hati tidak tenang saat menjalani kehidupan di dunia merupakan hal yang wajar, tetapi jangan sampai berlarut-larut.

Berikut ini kumpulan bacaan doa agar hati tenang yang bisa umat muslim amalkan, disadur dari Liputan6, Rabu (18/1/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Bacaan Doa

1. Bacaan Doa Memohon Ketenangan Jiwa

"Allahumma inni as aluka nafsaan bika muthma innah tu,minu biliqooika watardho biqodoika wataqna'u bi'athoika.”

Artinya: "Ya Allah, aku memohon kepada-Mu jiwa yang merasa tenang kepada-Mu, yang yakin akan bertemu dengan-Mu, yang rida dengan ketetapan-Mu, dan yang merasa cukup dengan pemberian-Mu."

2. Bacaan Doa Dilancarkan Segala Urusan

"Robbisy rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul’udatam-milisaanii. Yafqohuu qoulii."

Artinya: "Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekauan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku."

3 dari 6 halaman

Bacaan Doa

3. Bacaan Doa Diperbaiki Segala Urusan

"Allahumma rahmataka arju fala takilni ila nafsi tharfaka ainin ashlihli syani kullahu lailaha illa anta."

Artinya: "Ya Allah, rahmat-Mu aku harapkan, maka janganlah Engkau bebankan kepada diriku walau sekejap mata pun (urusan-urusan tersebut) dan perbaikilah segala urusanku, tidak ada Tuhan selain Engkau."

4. Bacaan Doa Melepaskan Kejenuhan

"Allāhummaj‘al lī nūran fī qalbī, wa nūran fī qabrī, wa nūran fī sam‘ī, wa nūran fī basharī, wa nūran fī sya‘rī, wa nūran fī basyarī, wa nūran fī lahmī, wa nūran fī damī, wa nūran fī ‘izhāmī, wa nūran min bayni yadayya, wa nūran fī khalfī, wa nūran ‘an yamīnī, wa nūran ‘an syimālī, wa nūran min fawqī, wa nūran min tahtī. Allāhumma zidnī nūrā. Wa a‘thinī nūrā. Waj‘al lī nūrā. Waj‘alnī nūrā."

Artinya: "Ya Allah jadikanlah cahaya pada hatiku, kuburku, pendengaranku, penglihatanku, rambutku, kulitku, dagingku, darahku, tulang-tulangku, di hadapanku, belakangku, sisi kananku, sisi kiriku, sisi atasku, dan pada sisi bawahku. Ya Allah tambahkanlah cahaya bagiku. Berikanlah cahaya kepadaku. Jadikanlah cahaya bagiku. Jadikanlah diriku bercahaya."

4 dari 6 halaman

Bacaan Doa

5. Bacaan Doa Dihindarkan dari Perasaan Gelisah

"Allahumma Inni a'udzubika minal hammi wal huzni, wal ajzi, wal kasali, wal bukhli, wal jubni, wal dhola'id daini, wa gholabatir rijali."

Artinya: "Ya Tuhanku, aku berlindung kepada-Mu dari rasa sedih serta duka cita ataupun kecemasan, dari rasa lemah serta kelemahan, dari kebakhilan serta sifat pengecut, dan beban utang serta tekanan orang-orang (jahat)."

6. Bacaan Doa Kuat Menghadapi Masalah

"Allahumma la sahla illa ma ja’altahu sahla, wa anta taj’alul hazna idza syi’ta sahla."

Artinya: "Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah."

5 dari 6 halaman

Bacaan Doa

7. Bacaan Doa Dihindarkan dari Keburukan

"Bismillahir rahmanir rahim. Ilahi kaifa ad'uka wa ana ana, wa kaifa aqtho'u rajai wa anta anta ilahi, falaqtal bahra li musa 'alaihis salam wa najjaitahu minal gharaqi rabbi najjini mimma ana fihi rabbi hab li farjan wa makhrajan birahmatika ya arhamar rahimin."

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Wahai Tuhanku, bagaimana aku memohon kepada-Mu sementara aku adalah aku, dan bagaimana aku memutus harapanku sementara Engkau adalah Tuhanku.

Engkau belah lautan untuk Nabi Musa (keselamatan atasnya) dan Engkau selamatkan dia dari tenggelam. Wahai Tuhanku, selamatkan aku dari apa yang sedang aku ada di dalamnya. Wahai Tuhanku, berilah aku kemudahan dan jalan keluar dengan rahmat-Mu, wahai Zat Yang Maha Pengasih di antara para pengasih."

6 dari 6 halaman

Bacaan Doa

8. Bacaan Doa Dihindarkan dari Keraguan

"Allahumma akhrijni min dhulumaatil wahmi, wa akrimni bi nurril fahmi waf tahlii abwaabal ilmi wa zayyinil akhlaaqil hasatani wal hilmi. Allahumma nawwir qolbi binuuri qidaayatika kamaa nawwartas samaawati wal ardho arhabadan bi rahmaika yaa arhamar raahimiina."

Artinya: "Ya Allah, keluarkan saya dari kegelapan keraguan, karuniakan kepadaku kepahaman. Bukakanlah bagiku pintu ilmu dan hiasilah saya dengan akhlak yang baik dan kasih sayang.

Ya Allah terangilah hatiku dengan cahaya hidayah-Mu sebagaimana Engkau senantiasa menerangi langit dan bumi dengan rahmat-Mu, wahai Zat yang paling pengasih dari semua yang pengasih."

9. Bacaan Doa Memohon Kelapangan Dada

"Rabbish rahli sadri. Wayassirli amri. Wahlul uqdatam millisani. Yafqahu qauli."

Artinya: "Wahai Tuhanku, lapangkanlah bagiku dadaku, dan mudahkanlah bagiku urusanku, dan lancarkanlah lidahku supaya mereka paham ucapanku."

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Laudia Tysara, Editor: Fadila Adelin. Published: 13/4/2022)

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer