Sukses


Macam-Macam Penyebab Sakit Kepala saat Bangun Tidur

Bola.com, Jakarta - Sakit kepala merupakan satu di antara masalah kesehatan yang sering dialami oleh banyak orang. Rasa sakit yang terjadi ini bisa mengganggu dan menimbulkan rasa yang tidak nyaman.

Sakit kepala bisa muncul dalam waktu-waktu tertentu, satu di antaranya yang sering dialami oleh banyak orang adalah setelah bangun tidur.

Meski kondisi ini tidak selalu berbahaya, sakit kepala saat bangun tidur dapat mengganggu aktivitas harian.

Sakit kepala saat bangun tidur bisa muncul secara perlahan atau tiba-tiba. Ada gejala sakit kepala yang berlangsung singkat dan mereda dengan sendirinya dalam waktu beberapa menit.

Namun, ada juga yang berlangsung hingga beberapa jam sehingga mengganggu aktivitas yang sedang atau akan Anda lakukan.

Maka itu, sebaiknya kamu tidak mengabaikan kondisi ini, apalagi jika terjadi terus-menerus. Sakit kepala saat bangun tidur bisa dipicu oleh gangguan kesehatan atau kebiasaan buruk.

Berikut macam-macam penyebab sakit kepala saat bangun tidur, disadur dari Klikdokter, Selasa (24/1/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Macam-Macam Penyebab Sakit Kepala saat Bangun Tidur

1. Kurang Tidur

Kamu sudah yakin bahwa tidurmu cukup? Kalau setelah bangun tidur kepalamu terasa sakit, bisa jadi itu tanda kamu kurang tidur sebenarnya.

Kurang tidur merupakan pemicu sakit kepala yang paling sering dikeluhkan. Sakit kepala yang terjadi dapat berupa migrain atau sakit kepala tegang (tension-type headache).

2. Mengorok

Kamu yang punya kebiasaan mengorok berpeluang mengalami sakit kepala setelah bangun tidur. Mengorok terjadi ketika jalan napas mengalami penyumbatan saat sedang tidur. 

Lebih lanjut lagi, mengorok dapat mengarah pada kondisi yang berbahaya jika terdapat suatu periode henti napas. Kondisi ini dikenal sebagai obstructive sleep apnea.

Mengorok dipercaya dapat meningkatkan risiko terjadinya sakit kepala setelah bangun tidur. Saat mengorok, aliran udara di saluran pernapasan kurang lancar sehingga pasokan oksigen di dalam aliran darah berkurang. 

Pada akhirnya, bisa terjadi penumpukan karbon dioksida dalam darah yang dapat memengaruhi aliran darah ke otak. Keadaan inilah yang akhirnya timbul menjadi gejala sakit kepala.

3 dari 4 halaman

Macam-Macam Penyebab Sakit Kepala saat Bangun Tidur

3. Gangguan Kesehatan Mental

Depresi dan gangguan cemas menjadi beberapa gangguan kesehatan mental yang dapat menyebabkan kamu sakit kepala saat bangun tidur di pagi hari. Kedua hal ini masih berkaitan dengan gangguan tidur.

Jangan ragu untuk meminta kerabat, keluarga, atau bahkan tenaga medis untuk mengatasi depresi dan gangguan cemas yang kamu alami.

Saat kesehatan mental terjaga dengan baik, kamu dapat mengembalikan kualitas tidur menjadi lebih baik dan menghindari sakit kepala saat bangun tidur.

4. Bruxism

Bruxism adalah keadaan ketika seseorang tidur, tetapi sambil menggemeretakkan gigi secara tidak sadar. Hal ini dapat menyebabkan timbulnya sakit kepala setelah bangun tidur.

Saat bruxism terjadi terus-menerus, kondisi ini dapat menimbulkan ketegangan pada otot yang juga bisa timbul menjadi gejala sakit kepala ketika bangun tidur.

Bruxism merupakan satu di antara gangguan pada saat tidur yang dapat berhubungan dengan mengorok dan sleep apnea. Itulah mengapa, jika kamu termasuk yang kerap mengalami bruxism, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter.

4 dari 4 halaman

Macam-Macam Penyebab Sakit Kepala saat Bangun Tidur

5. Kesalahan dalam Posisi Tidur

Penyebab sakit kepala setelah bangun yang lainnya adalah kesalahan posisi tidur. Hal itu mengakibatkan kekakuan otot dan akhirnya kepala menjadi sakit.

Posisi tidur yang salah biasanya terjadi akibat penggunaan bantal pada posisi yang kurang tepat. Penggunaan bantal yang tidak sesuai saat tidur dapat menyebabkan kepala dan leher dalam posisi yang kurang nyaman.

Kondisi tersebut dapat menimbulkan ketegangan pada otot yang bisa berujung terjadinya sakit kepala. Untuk menghindari hal ini, kamu disarankan untuk menggunakan bantal yang dapat menopang kepala dan leher dalam posisi sejajar ketika tidur.

6. Tekanan Darah Rendah

Jangan bayangkan setelah bangun tidur, kondisi tubuhmu langsung on 100 persen. Tubuh biasanya butuh waktu beberapa saat untuk bisa benar-benar "siap" setelah bangun tidur. Nah, satu di antara masalah kesehatan yang bisa terjadi adalah tekanan darah cenderung rendah.

Saat bangun tidur, tekanan darahmu cenderung rendah. Tekanan darah yang terlalu rendah dapat menyebabkan sakit kepala yang lumayan hebat.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 20/9/2019)

Yuk, baca artikel macam-macam lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer