Sukses


5 Contoh Surat Memo yang Bisa Dijadikan Sumber Belajar

Bola.com, Jakarta - Di dunia perkantoran, pasti sudah tidak asing dengan istilah surat memo atau memorandum. Lantas, apa itu memo?

Memo merupakan nota atau surat peringatan tidak resmi, surat pernyataan dalam hubungan diplomasi, atau bentuk komunikasi yang berisi saran, arahan, atau penerangan (memorandum).

Surat memo juga bisa diartikan sebagai sarana komunikasi yang digunakan pimpinan. Dalam surat tersebut memuat nasihat, instruksi, atau data dalam bentuk catatan yang digunakan dalam hubungan diplomatik sebagai surat pernyataan.

Secara ringkas, surat memo merupakan pesan ringkas, yakni pesan yang ditulis seseorang dengan singkat, jelas, dan mudah untuk dipahami.

Biasanya surat memo ditulis pada selembar kertas kecil atau catatan tempel (sticky note) dan kemudian ditempelkan di suatu tempat yang gampang untuk dibaca.

Dalam praktiknya, surat memo ditulis secara singkat dan tidak lebih dari 10 baris. Kemudian penulisannya bisa diketikĀ maupun tulisan tangan.

Nah, bagi kamu yang ingin membaca atau belajar menulis surat memo, bisa mencermati contoh-contohnya pada artikel ini.

Berikut ini lima contoh surat memo yang bisa dijadikan sumber belajar, dikutip dari lamanĀ Lezgetreal dan Made-blog, Senin (20/2/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Contoh Surat Memo

PT. Maju Bersama

JL. Bagus No. 34 Karanganyar Solo

Telpn (041) 4566793579

MEMO

Ā 

Dari: Manager Pusat

Kepada: Ketua Bagian Pemasaran

Tolong saudara sampaikan kepada seluruh anggota bagian pemasaran untuk segera mempersiapkan diri menghadiri seminar. Acara tersebut akan dilaksanakan pada hari Kamis, 17 Agustus 2023 di Aula PT.

Saya harap agar seluruh anggota tim pemasaran untuk hadir mengingat acara tersebut berhubungan dengan evaluasi rapat bulanan. Sekian dan terima kasih.

Ā 

Solo, 16 Agustus 2023

Ā 

Manager Pusat

Bambang Darmawan

3 dari 6 halaman

Contoh Surat Memo 2

PT. Berkah Gemilang

JL. Putih No.99 Bendul Merisi

Surabaya

Telpn. (021) 12345678

MEMO

Ā 

Dari: Manajer

Kepada: Divisi HRD

Saya harap seluruh divisi HRD, terutama bagian rekruitmen pegawai baru supaya bekerja lebih cepat karena pada bulan-bulan ini banyak karyawan yang keluar. Sebab, banyak karyawan habis kontrak dan tidak memperpanjang lagi.

Agar perusahaan tetap bisa berjalan sebagaimana biasa, saya mohon untuk bagian tersebut supaya lebih bekerja dengan cepat. Target karyawan baru yang harus berhasil direkrut bulan ini sebanyak 50 orang. Sekian dan terima kasih.

Ā 

Surabaya 3 November 2023

Ā 

Manager

Agus

4 dari 6 halaman

Contoh Surat Memo 3

MEMO

Ā 

Dari: Direktur PT Murni Sejahtera

Untuk: Pengawas Lapangan

Hal: Laporan Penjualan

Tolong segera menyelesaikan rekapan semua hasil penjualan pada bulan Mei 2022 karena akan menjadi bahan rapat bulanan yang diadakan pada Jumat, 30 Juni 2022. Saya harap seminggu sebelum rapat tiba (23 Juni 2022) laporan sudah selesai. Jika sudah selesai, silakan taruh di meja kerja saya.

Jangan lupa untuk menyertakan salinan softcopy rekap hasil penjualan tersebut. Kirim data softcopy tersebut pada email saya. Sekian dan terima kasih.

Ā 

Direktur PT Murni Sejahtera

Mamat Setia

5 dari 6 halaman

Contoh Surat Memo 4

PT. Husada Bintang

Jl. Belimbing Raya No. 98 Babat

Lamongan

Telpn. (041) 1234567

MEMO

Ā 

Dari: Manager

Kepada: Kepala Bagian Produksi

Tolong siapkan semua data terkait dengan jumlah produk yang sudah diproduksi selama satu bulan ke ke belakang. Siapkan juga daftar produk yang telah diproduksi mulai awal tahun 2023. Saya juga minta untuk segera membuat resep produk baru bulan ini.

Hal tersebut akan menjadi bahan evaluasi pada rapat bulanan yang akan diadakan dalam waktu dekat ini. Sekian dan terima kasih.

Ā 

Jakarta, 24 Desember 2023.

Ā 

Manager

Imam Syafii

6 dari 6 halaman

Contoh Surat Memo 5

SMPN 3 KEBUMEN

JL. Pisang Mas No. 97

KEBUMEN

Telpn. (013) 1234567 Email :Ā smpppp@xxx.com

MEMO

Ā 

Dari: Kepala Sekolah

Kepada: Wakil Kepala Sekolah

Saya ingin bertemu dan berdiskusi perihal acara pelaksaan ujian akhir nasional yang diselenggarakan pada 12 April 2023. Sehubungan dengan itu, tolong persiapkan juga data-data perihal kesiapan soal serta daftar jawaban dari pemerintah. Pertemuan ini akan dilaksanakan nanti siang sehabis waktu istirahat di ruangan saya. Sekian dan terima kasih.

Ā 

Kebumen, 30 Maret 2023

Ā 

Kepala Sekolah

Muaimin

Ā 

Sumber: Lezgetreal, Made-blog

Dapatkan artikel contoh berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer