Sukses


Pengertian dan Sejarah Gamelan, Alat Musik Tradisional yang Jadi Warisan Budaya Dunia

Bola.com, Jakarta - Indonesia memiliki banyak alat musik tradisional yang tersebar di berbagai daerah. Satu di antara alat musik tradisional dari Indonesia ialah gamelan.

Gamelan adalah alat musik tradisional yang sering ditemui di berbagai daerah di Indonesia, seperti misalnya di Jawa, Bali, Madura, dan Lombok.

Kata gamelan berasal dari bahasa Jawa, 'gamel', yang artinya memukul atau menabuh. Merujuk juga pada jenis palu yang digunakan untuk memukul instrumen, sedangkan akhiran "an" merujuk pada kata benda.

Gamelan tidak hanya dimainkan untuk pertunjukan seni, tetapi juga dalam berbagai kegiatan tradisional dan ritual keagamaan tertentu, seperti dalam pernikahan adat ataupun ritual keagamaan Hindu di Bali.

Gamelan juga berperan sebagai sarana ekspresi budaya serta membangun koneksi antara manusia dengan semesta. Nilai filosofisnya yang kuat membuat gamelan ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda oleh UNESCO pada 2021.

Maka itu, jangan sampai budaya-budaya tersebut terlupakan dan hilang begitu saja tanpa terwariskan. Penting bagi orang Indonesia mengetahui sejarah adanya alat musik gamelan.

Berikut ini sejarah gamelan di Indonesia yang perlu diketahui, dilansir dari stekom.ac.id, Kamis (23/2/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Sejarah Gamelan

Meski tak ada kejelasan tentang sejarah munculnya gamelan, perkembangannya diperkirakan ada sejak 404 masehi. Hal itu terlihat dari adanya penggambaran masa lalu di relief Candi Borobudur dan Prambanan.

Gamelan Jawa dengan irama lembut biasanya dipakai untuk mengiringi pagelaran wayang dan pertunjukan tari.

Namun, dalam perkembangannya, gamelan Jawa bisa berdiri sendiri sebagai sebuah pertunjukan musik yang lengkap dengan penyanyi atau sinden.

Sama seperti kebudayaan lain, seni gamelan juga mengalami perubahan seiring berkembangnya zaman. Selanjutnya, musik ini dilengkapi dengan suara para wiraswara (penyanyi Jawa laki-laki) dan waranggana (penyanyi Jawa wanita).

Seperangkat gamelan terdiri dari beberapa alat musik, di antaranya satu set alat musik serupa drum yang disebut kendang, rebab dan celempung, gambang, gong, serta seruling bambu.

Komponen utama yang menyusun alat-alat musik gamelan adalah bambu, logam, dan kayu. Masing-masing alat tersebut memiliki fungsi tersendiri dalam pagelaran musik gamelan.

Misalnya gong berperan menutup sebuah irama musik yang panjang dan memberi keseimbangan setelah sebelumnya musik dihiasi oleh irama gending.

3 dari 3 halaman

Sejarah Gamelan

Lanjutan . . .

Kemudian suling berfungsi sebagai pengisi lagu. Biasanya terbuat dari bambu yang diberi lubang sebagai penentu nada. Suling dibagi menjadi suling slendro dan pelog yang dibedakan menurut letak lubangnya.

Gambang terdiri dari susunan bilah-bilah kayu atau bambu berjumlah 18 buah yang diletakkan di rak resonator. Bilah ini disusun berjajar dari yang paling kecil hingga terbesar untuk menghasilkan nada bervariasi.

Gambang berfungsi untuk pemangku lagu, memperindah lagu dengan cengkok, dan pembuka gending-gending gambang. Alat ini dipukul dengan tabuh.

Selanjutnya, rebab adalah alat musik gesek yang mempunyai tiga atau dua utas dawai dari logam (tembaga). Rebab berbentuk bulat dengan tangkai pegangan yang panjang.

Dalam gamelan Jawa, rebab tidak hanya berfungsi sebagai pelengkap untuk mengiringi nyanyian sinden, tetapi juga untuk menuntun arah lagu sinden.

Gamelan merupakan alat musik tradisional yang memiliki nilai estetika seperti nilai sosial, moral, dan spiritual. Tak hanya itu, di masyarakat timur, gamelan mempunyai fungsi yang sarat dengan budaya adat.

Gamelan dapat berfungsi sebagai sarana pendidikan, mengiringi tarian, membangun suasana religius, sarana dakwah, meramaikan perhelatan, serta menyambut tamu penting.

 

Sumber: stekom.ac.id

Baca artikel seputar sejarah lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer