Sukses


Arti Kata Kerja Aktif beserta Contohnya

Bola.com, Jakarta - Kata kerja aktif merupakan kata yang berguna dalam kehidupan sehari-hari. Kata ini juga biasanya dipelajari dalam mata pelajaran bahasa Indonesia.

Selain itu, penggunaan kata kerja aktif harus tepat agar pesan yang ada dalam kalimat bisa dipahami. Inilah mengapa penting mempelajari tentang kata kerja aktif dan penggunaannya dalam suatu kalimat.

Kata kerja aktif adalah kata kerja yang digunakan untuk menggambarkan proses, perbuatan dan keadaan. Kata kerja menempati posisi predikat dalam struktur kalimat bahasa Indonesia.

Kata kerja aktif dilakukan oleh subjek atau pelaku. Struktur kalimat tidak hanya terdiri dari kata kerja aktif, melainkan diisi dengan kata kerja, kata sifat, frasa adjektiva, dan kata benda.

Agar lebih paham lagi, berikut penjelasan tentang kata kerja aktif, disadur dari Dream, Senin (6/3/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Perbedaan Kata Kerja Aktif dan Pasif

Kata kerja terdiri dari dua jenis, yaitu kata kerja aktif dan kata kerja pasif. Untuk memudahkan dalam memahaminya, kamu perlu melihat imbuhannya.

Kata kerja aktif berfungsi sebagai pelaku yang biasanya mendapat imbuhan me- atau ber-. Sedangkan kata kerja aktif berfungsi sebagai objek yang dikenai tindakan dari subjek dan biasanya diberi imbuhan di- atau ter-.

Berdasarkan subjeknya, kata kerja aktif memiliki subjek yang posisinya sebagai pihak yang melakukan. Sementara kata kerja pasif untuk subjek yang dikenai tindakan.

Berdasarkan predikatnya, kata kerja aktif ditandai dengan imbuhan me- atau ber-. Sementara predikat yang dimiliki oleh kata kerja pasif mendapatkan imbuhan berupa di- atau ter-.

Contoh: menari, memancing, berlari, bertarung. Sementara contoh kata kerja pasif ialah dimakan, dibunuh, tergerus, terjatuh.

3 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Kata Kerja

1. Kata Kerja Aktif dan Kata Kerja Pasif

Contoh kata kerja aktif antara lain mencuci, membaca, menulis, memakan, dan menendang. Sementara contoh kata kerja pasif antara lain, dimakan, dipotong, terbunuh, dan teraniaya.

2. Kata Kerja Dasar dan Kata Kerja Turunan

Jenis kata kerja selanjutnya dibedakan menjadi kata kerja dasar dan kata kerja turunan. Kata kerja dasar, contohnya mandi, minum, dan lari.

Sementara kata kerja turunan adalah kata kerja yang memiliki imbuhan, seperti imbuhan afiks wajib, terikat wajib, bebas afiks manasuka, reduplikasi ataupun majemuk. Contoh: mendarat, berlari, bertemu, naik haji, berputar-putar.

3. Kata Kerja Transitif dan Instransitif

Kata kerja juga dibedakan berdasarkan objeknya, dibagi menjadi kata kerja transitif dan intransitif. Kata kerja transitif artinya kata kerja yang memiliki objek sehingga kata kerja ini harus diikuti dengan objek agar kalimatnya memiliki makna. Contoh: memberi, memasak, menendang.

Sedangkan kata kerja intransitif berarti kata kerja yang tidak membutuhkan objek. Maknanya sudah dapat dipahami, meski tanpa objek. Contoh: menangis dan duduk.

4 dari 4 halaman

Contoh Kata Kerja Aktif dalam Kalimat

Supaya kamu lebih mudah memahaminya, simak contoh penggunaan kata kerja aktif dalam kalimat berikut ini. Kata yang dicetak miring menunjukkan kata kerja aktif.

  • Bella membuat boneka dari kain perca.
  • Doni memasak sayur dan lauk untuk bekal makan siang di kantornya.
  • Ibu menulis fabel untuk buku bacaan anak-anak.
  • Tantri mencuci bajunya sendiri sejak duduk di bangku Sekolah Dasar.
  • Joshua membaca Al-Qur'an setiap malam usai salat magrib.
  • Aku memotong rumput di halaman rumah.
  • Ayah menanam berbagai jenis tanaman untuk dijual.
  • Kevin menikmati kopi buatan istrinya.
  • Cacha berjalan kaki dari kos ke kampusnya. 
  • Sinta dan Tania berenang bersama setiap hari Sabtu.
  • Zizi berjuang mati-matian agar lolos beasiswa pendidikan untuk melanjutkan S2.

 

Disadur dari: Dream.co.id (Penulis: Arini Saadah. Published: 13/10/2022)

Yuk, baca artikel contoh lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer