Sukses


Contoh Kesetaraan Gender di Dunia Nyata, Ketahui Dampaknya

Bola.com, Jakarta - Kesetaraan gender adalah keadaan di mana akses terhadap hak atau peluang tidak dipengaruhi oleh gender. Tidak hanya perempuan yang terdampak ketidaksetaraan gender, melainkan semua jenis kelamin, termasuk laki-laki, transgender, dan orang-orang yang beragam gender.

Hal ini juga berdampak pada anak-anak dan keluarga, dan orang-orang dari segala usia dan latar belakang.

Kesetaraan gender tidak berarti bahwa perempuan dan laki-laki akan memiliki atau membutuhkan sumber daya yang sama persis, tetapi hak, tanggung jawab, dan peluang perempuan, laki-laki, transgender, dan orang yang beragam gender tidak akan bergantung pada gender yang ditetapkan saat mereka lahir.

Saat ini dunia sedang berjuang untuk mewujudkan kesetaraan gender dimana hal tersebut dapat dilihat dari peran perempuan yang lebih baik dalam bidang politik, lebih banyak peluang ekonomi, dan perawatan kesehatan yang lebih baik di banyak tempat di dunia.

Meskipun begitu masih, Forum Ekonomi Dunia memperkirakan butuh waktu satu abad lagi sebelum kesetaraan gender yang sebenarnya menjadi kenyataan.

Berikut contoh keseteraan gender di dunia nyata beserta dampaknya, dinukil dari Indonesiasustainability, Selasa (7/3/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Contoh Kesetaraan Gender

Kesetaraan Gender di Lingkungan Rumah

Satu di antara contoh kesetaraan gender dapat dilihat dari rata-rata wanita di seluruh dunia melakukan tiga kali lebih banyak pekerjaan dan tidak dibayar daripada pria, termasuk pekerjaan rumah tangga dan merawat anak-anak dan anggota keluarga, dan banyak dari wanita ini juga bekerja penuh waktu atau paruh waktu.

Apa yang dimaksud dengan kesetaraan gender dalam contoh ini akan terlihat seperti membagi pekerjaan di rumah secara merata di antara semua jenis kelamin dalam sebuah rumah tangga, sehingga beban mengurus rumah dan keluarga tidak hanya dibebankan pada perempuan.

Upah yang Sama untuk Pekerjaan yang Sama

Kesenjangan upah yang diperoleh antara pria dan wanita tetap terjadi di seluruh dunia, terutama bagi wanita yang menjadi ibu atau pengasuh.

Apa yang dimaksud dengan kesetaraan gender dalam contoh kesetaraan gender ini adalah memberikan kesempatan semua gender untuk dibayar dengan upah yang sama untuk pekerjaan yang setara, tanpa memandang gender. 

Contoh kesetaraan gender juga menjelaskan, jika seorang wanita mengambil cuti hamil dari pekerjaan, dia tidak akan dihukum ketika dia kembali bekerja.

Dia masih tetap akan dipertimbangkan untuk promosi, kenaikan gaji, dan peluang karier yang sama seperti yang akan diberikan jika dia tidak mengambil cuti yang diperlukan untuk merawat keluarganya.

Nol Toleransi untuk Pelecehan Seksual 

Baik di tempat kerja, di dalam kelompok agama, di pusat komunitas atau di lingkungan kelompok lainnya, orang-orang dari semua jenis kelamin berhak untuk merasa aman dan bebas dari intimidasi dan agresi mikro, pelecehan seksual, dan prasangka berdasarkan gender.

Masyarakat yang menghargai dan menjunjung tinggi kesetaraan gender dan menerapkan contoh kesetaraan gender tidak memberikan komentar yang menyinggung, pelecehan, dan sebagainya untuk ditoleransi dalam bentuk apa pun.

Itulah yang dimaksud dengan kesetaraan gender yang perlu diketahui oleh semua orang.

3 dari 3 halaman

Dampak yang Dihasilkan Dari Kesetaraan Gender

Lebih banyak anak perempuan mendapatkan pendidikan

Kurangnya pendidikan merupakan satu di antara akibat paling signifikan dari ketidaksetaraan gender. Jika pendidikan anak perempuan diberi prioritas yang sama dengan pendidikan anak laki-laki, maka akan lebih banyak anak perempuan yang bersekolah.

Hal ini akan membantu mereka untuk mendapatkan kesempatan kerja dan pendapatan yang lebih baik di masa depan.

Lebih banyak wanita akan berada di tempat kerja dan menjadi pimpinan 

Saat ini, perempuan tidak terwakili seperti laki-laki di tempat kerja, terutama dalam kepemimpinan. Dengan mengetahui apa yang dimaksud dengan kesetaraan gender, tentunya segala hambatan keberhasilan mereka dapat dihilangkan, mereka akan lebih terwakili dari sebelumnya.

Keluarga akan lebih kuat

Laki-laki dipengaruhi secara negatif oleh ketidaksetaraan gender, hal ini sangat jelas ketika menyangkut cuti keluarga berbayar.

Karena perempuan dianggap sebagai pengasuh utama bagi anak-anak dan laki-laki seringkali tidak bisa mendapatkan waktu istirahat.

Hal ini juga berlaku dalam hal merawat anggota keluarga yang lebih tua. Jika laki-laki dan perempuan dapat mengambil cuti untuk keluarga tanpa diskriminasi berdasarkan gender, itu akan memperkuat keluarga.

Lebih banyak perempuan akan berpartisipasi dalam politik

Sebagian besar sistem politik masih berpihak pada laki-laki. Jika kesetaraan gender terwujud, dunia akan melihat lebih banyak perempuan terlibat dalam proses politik.

Termasuk kepemimpinan politik. Itulah salah satu pentingnya mengetahui apa yang dimaksud dengan kesetaraan gender. 

 

Sumber: Indonesiasustainability

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer