Sukses


10 Contoh Kalimat Pembukaan Sidang Skripsi yang Bisa Menjadi Referensi

Bola.com, Jakarta - Istilah sidang skripsi tentu sudah familier bagi mahasiswa di tingkat akhir perguruan tinggi.

Secara umum, sidang skripsi merupakan sebuah tahapan yang harus dilewati oleh para mahasiswa akhir agar dapat memperoleh gelar sarjana setelah bertahun-tahun menjalani masa kuliah.

Tahapan sidang skripsi dilangsungkan setelah mahasiswa selesai melalui proses pembuatan skripsi.

Dalam sidang skripsi, mahasiswa berkewajiban untuk mempresentasikan hasil penelitian atau skripsi yang sudah dibuat dan selesai dikerjakan sesuai bimbingan dosen pembimbing.

Namun, sebelum menyampaikan isi atau pesan yang terkandung dalam sebuah skripsi, biasanya mahasiswa akan menyampaikan kalimat pembuka. Hal ini supaya sidang skripsi yang dilaksanakan dinilai baik serta bisa memikat hati dosen penguji.

Jika kamu membutuhkannya, berikut ini 10 contoh kalimat pembukaan sidang skripsi yang bisa menjadi referensi, dikutip dari laman Contohskripsi dan Ukulele, Selasa (14/3/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Contoh Kalimat Pembukaan Sidang Skripsi

1. "Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Selamat pagi, salam sejahtera buat kita semua.

Yang saya hormati (sebutkan nama dosen beserta gelar) sebagai dewan penguji satu, (sebutkan nama dosen beserta gelar) sebagai dewan penguji dua dan (sebutkan nama dosen beserta gelar) sebagai dewa penguji tiga.

Terima kasih sudah berkenan hadir. Terima kasih juga untuk teman-teman yang sudah datang untuk menyaksikan dan mendukung saya di sini.

Hari ini, ... tanggal ... , saya ... akan mempresentasikan hasil skripsi saya, yang berjudul ... . Ada lima poin penting akan saya sampaikan. Dan saya akan langsung mulai dari poin pembahasan yang pertama yaitu ... . "

2. "Siap terima kasih Bapak/Ibu atas waktu yang sudah diberikan kepada saya. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua.

Yang saya hormati (sebutkan nama dosen beserta gelar) dan (sebutkan nama dosen beserta gelar) sebagai penguji. Serta (sebutkan nama dosen beserta gelar) sebagai pembimbing saya, sekaligus sebagai notulen di sidang ini.

Mohon izin untuk memperkenalkan diri, saya (sebutkan nama) dari Prodi ... akan memaparkan hasil penelitian saya yang berjudul "... ."

3. "Terima kasih atas kesempatannya. Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh. Yang saya hormati Bapak xx dan Bapak xx selaku dosen penguji. Ibu xx selaku dosen pembimbing saya sekaligus sekretaris pada sidang kali ini.

Perkenalkan, Saya xx dari Prodi xxi. Saya merasa senang karena sudah sampai di tahap ini dan berdiri di hadapan bapak-ibu sekalian untuk mempresentasikan skripsi saya yang berjudul (...)."

4. "Bismillahirrahmanirrahim. Assalamualaikum warohmatullah wabarokatuh, selamat pagi semuanya. Salam sejahtera untuk kita semua.

Puji syukur selalu saya panjatkan kepada Allah Swt. dan terima kasih telah memberikan saya kesempatan untuk melakukan presentasi terkait hasil penelitian skripsi saya.

Yang saya hormati Bapak/Ibu (nama dosen penguji 1) dan (nama penguji 2) selaku penguji untuk sidang skripsi kali ini.

Yang saya hormati Bapak/Ibu (nama dosen pembimbing 1) dan (nama dosen pembimbing 1) selaku dosen pembimbing yang selalu menuntun saya dalam pembuatan skripsi sehingga hari ini saya dapat mengikuti sidang.

Perkenalkan, nama saya ... , mahasiswa dari jurusan ... , hari ini saya akan memaparkan hasil penelitian skripsi saya dengan judul ... ."

5. "Bismillahirrahmanirrahim. Assalamualaikum warohmatullah wabarokatuh, selamat pagi. Salam sejahtera untuk kita semua.

Segala puji bagi Allah dan terima kasih telah memberikan saya kesempatan untuk mempresentasikan hasil skripsi saya.

Yang saya hormati (nama dosen penguji 1) dan (nama penguji 2) selaku penguji. Yang saya hormati (nama dosen pembimbing 1) dan (nama dosen pembimbing 1). Perkenalkan, saya ... , mahasiswa jurusan ... akan memaparkan hasil penelitian saya yang berjudul ... ."

3 dari 3 halaman

Contoh Kalimat Pembukaan Sidang Skripsi

6. "Terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya. Pada kesempatan kali ini saya, xx, akan mempresentasikan skripsi yang telah saya susun selama tiga bulan ini. Judul skripsi saya adalah (...)."

7. "Selamat pagi, (nama dosen) dan (nama dosen) selaku dosen penguji. Perkenalkan nama saya ... yang akan mempresentasikan skripsi berjudul (...) di bawah bimbingan (nama dosen) dan (nama dosen) selaku dosen pembimbing."

8. "Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, selamat pagi. Sebelumnya saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebanyak-banyaknya karena hari ini, tepatnya pada hari ..., tanggal ... , saya diberikan kesempatan untuk melaksanakan presentasi terkait hasil penelitian skripsi saya yang berjudul (...).

Perkenalkan nama saya ... , sebelumnya saya ingin mengucapkan rasa terima kasih yang sedalam-dalamnya untuk dosen penguji 1 serta 2 yaitu bapak/ibu (nama dosen penguji).

Pada kesempatan kali ini saya akan memaparkan beberapa garis besar atau poin utama dalam penelitian skripsi saya.

Baik, tanpa perlu menunggu lama lagi, saya akan langsung memaparkan beberapa poin tersebut diawali dengan poin pertama, yaitu ... ."

9. "Selamat pagi, salam sejahtera untuk kita semua. Pertama, saya ... , mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan untuk mempresentasikan skripsi di hadapan (nama dosen) dan (nama dosen) selaku dosen penguji beserta (nama dosen) dan (nama dosen) selaku dosen pembimbing. Berikut skripsi saya yang berjudul ... ."

10. "Siap, terima kasih Bapak/Ibu atas waktu yang sudah diberikan kepada saya. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua. Yang saya hormati bapak ... , dan ibu ... sebagai dosen penguji.

Serta bapak … sebagai dosen pembimbing saya, sekaligus sebagai notulen di sidang ini. Mohon izin untuk memperkenalkan diri, saya ... dari prodi ... .

Pada kesempatan kali ini (sebutkan tanggal dan harinya) saya akan mempresentasikan skripsi saya dengan judul ... . Alasan mengapa saya memilih judul ini karena (sebutkan rumusan masalahnya secara singkat). Baiklah, saya akan memulai presentasi saya..."

 

Sumber: Contohskripsi, Ukulele

Dapatkan artikel contoh berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer