Sukses


Contoh Batuan Beku beserta Jenis-jenisnya

Bola.com, Jakarta - Batuan beku adalah batuan yang terbentuk karena proses pembentukannya terjadi dari magma yang telah mengalami pendinginan atau pembekuan.

Umumnya batuan ini berada di dalam kerak bumi. Hingga kini setidaknya sudah terdapat 700 jenis batuan beku yang terindentifikasi.

Batuan beku terbentuk karena proses pendinginan magma (kristalisasi magma). Kristalisasi magma ini terjadi ketika magma berusaha keluar dari bawah perut bumi.

Selama perjalanannya ke permukaan bumi, magma dapat membeku/mengkristal pada tempat-tempat tertentu. Berdasarkan tempat tersebutlah para ahli geologi mengklasifikasian jenis dari batuan beku.

Agar kamu lebih jelas, bisa mempelajari contoh-contohnya.

Berikut contoh batuan beku, dilansir dari laman Geologinesia, Kamis (30/3/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 2 halaman

Contoh Batuan Beku

Batuan Beku Dalam

Batuan beku dalam biasa disebut juga sebagai batuan beku intrusif atau plutonik. Batuan beku dalam terbentuk di bawah permukaan bumi karena pendinginan magma yang lambat sehingga menunjukkan krital mineral yang lebih kasar (holokristalin) dengan batas-batas antar mineral yang masih terlihat jelas.

Contoh batuan beku dalam adalah granit, diorit, gabro, dan syenit.

Batuan Beku Korok

Batuan beku korok biasa disebut juga dengan batuan beku gang. Batuan beku korok terbentuk dekat dengan permukaan bumi, pada rekahan-rekahan litosfer bagian atas. Di sini proses pendinginan magma sedikit lebih cepat dibandingkan pada batuan beku dalam.

Hasil pembekuan magma menyebabkan kristalisasi magma yang kurang sempurna dan menghasilkan tekstur yang disebut porfiri.

Contoh batuan beku korok adalah porfiri granit, porfiri gabro, porfiri dasit, dan porfiri diorit.

Batuan Beku Luar

Batuan beku luar biasa disebut juga dengan batuan beku ekstrusif. Batuan beku luar terbentuk karena adanya proses pembekuan magma yang cepat di permukaan bumi.

Akibat pembekuan yang cepat tersebut, mineral-mineral tidak dapat berkembang dengan baik sehingga batuan ini akan menunjukan tekstur yang lebih halus dengan batas antar mineralnya tidak terlihat jelas.

Contoh batuan beku luar adalah batu obsidian, riolit, trakit, andesit, basalt, dan batu apung.

 

Sumber: Geologinesia

Yuk, baca artikel contoh lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer