Sukses


Contoh Seserahan Lamaran yang Penuh Makna

Bola.com, Jakarta - Seserahan merupakan suatu rangkaian acara penyerahan calon pengantin dari pihak keluarga laki-laki kepada pihak keluarga perempuan dalam rangka menyambut dan mempersiapkan calon pasangan tersebut menuju sebuah mahligai pernikahan.

Dalam prosesnya, seserahan melibatkan sejumlah orang dari keluarga mempelai, tetangga, maupun saudara pengantin.

Seserahan juga menyertakan berbagai barang bawaan sebagai hadiah atau pemberian yang berbentuk perlengkapan pakaian, bahan makanan, makanan tradisional, dan uang untuk calon mempelai wanita dan keluarganya sebagai langkah awal dalam mempersiapkan kebutuhan pasca pernikahan.

Adat seserahan ini lazimnya dilaksanakan sehari sebelum pelaksanaan ijab kabul sehingga calon pengantin melewati suatu malam di rumah keluarga calon pengantin wanita, bergaul, dan beradaptasi sebagai calon penghuni baru bagi rumah tersebut, khususnya bagi calon istrinya.

Akan tetapi, masih banyak yang belum mengetahui apa saja barang atau benda yang ada dalam seserahan tersebut. 

Untuk memperjelas, berikut contoh seserahan lamaran yang penuh makna, dilansir dari laman Rumah123, Senin (10/4/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Contoh Seserahan Lamaran yang Penuh Makna

1. Perangkat Ibadah

Untuk set barang ini tentu disesuaikan dengan agama yang dianut oleh calon mempelai. Biasanya berupa seperangkat alat salat bagi yang beragama Islam, atau rosario, alkitab, serta patung Tuhan Yesus atau Bunda Maria bagi yang beragama agama Katolik atau Kristen.

Barang-barang ini melambangkan agar kedua mempelai selalu menegakkan tiang agama sesuai kepercayaannya masing-masing.

2. Cincin Pernikahan

Isi seserahan lamaran bisa diisi dengan satu set cincin pernikahan untuk pria dan wanita. Benda ini sebagai wujud doa pengikat pasangan agar selalu hidup bersama sampai maut memisahkan.

Untuk calon mempelai muslim, biasanya cincin untuk pria diganti dengan bahan kuningan ataupun silver.

3. Seserahan Make up dan Skincare

Seserahan make up dan skincare bisa digunakan untuk memastikan tampilan paripurna sang tambatan hati ketika menjadi ratu sehari nanti.

Make up dan skincare juga dimaksudkan bahwa si pria bisa memenuhi kebutuhan perawatan wajah wanita agar istrinya kelak dapat menjaga penampilan di depan suami.

4. Pakaian Dalam

Pilihan pakaian dalam sering dibeli sendiri oleh pihak wanita yang kemudian diserahkan kepada pihak mempelai pria agar disertakan ke dalam bungkusan baki kotak lamaran.

Satu di antara list seserahan ini sebagai bentuk harapan agar rahasia rumah tangga pasangan dapat tersimpan dengan baik.

5. Perhiasan

Jenis perhiasan yang banyak digunakan sebagai hantaran biasanya terbuat dari bahan emas. Atau ditambah engan opsi tambahan berupa kristal yang digemari pihak wanita.

Perhiasan mempunyai makna agar calon istri bisa selalu bersinar dan berkilau sepanjang hidupnya.

3 dari 4 halaman

Contoh Seserahan Lamaran yang Penuh Makna

6. Alas Kaki

Beberapa fashion item yang turut diberikan dalam kotak hantaran lamaran, satu di antaranya adalah alas kaki.

Kamu bisa memilih sendal, sepatu, ataupun selop. Isi seserahan ini juga mempunya makna tersendiri. Barang ini dimaksudkan agar kedua pihak dapat menjalankan kehidupan bersama dan selalu beriringan di jalan yang benar.

7. Tas

Tas memiliki makna bahwa si pria bisa memenuhi kebutuhan istrinya nanti.

8. Pakaian Wanita

Pakaian wanita kerap dijadikan satu di antarabarang seserahan yang diberikan pihak pria. Pakaian ini bisa berupa pakaian kasual, pakaian pesta, maupun pakaian tidur.

Sama seperti tas, pakaian memiliki makna bahwa si pria bisa memenuhi kebutuhan istrinya untuk menjaga penampilan.

9. Peralatan Mandi

Selain pakaian, kamu juga bisa menjadikan peralatan mandi sebagai isi seserahan lamaran, mulai handuk, sabun mandi, scrub, hingga sampo.

Peralatan mandi ini nantinya bisa kamu gunakan berdua saat sudah berumah tangga.

10. Makanan Tradisional

Penganan tradisional datang dalam beragam variasi yang menjadi simbol keberuntungan dan doa baik bagi kehidupan baru kedua mempelai.

Setiap adat dan budaya daerah memiliki ciri khas kue atau makanan tradisional lainnya yang wajib disertakan, seperti lapis legit, putu ayu, kue lumpur pisang, dan kue bugis mandi.

4 dari 4 halaman

Contoh Seserahan Lamaran yang Penuh Makna

11. Buah-buahan

Buah-buahan merupakan simbol berkat dan rezeki tak terhingga bagi pasangan di masa yang akan datang.

12. Daun Sirih

Tak banyak yang tahu bahwa daun sirih kerap digunakan sebagai satu di antara barang seserahan. Daun sirih digunakan sebagai simbol untuk keselamatan dan kebahagiaan kedua calon mempelai dan kehidupan yang mereka tempuh di kemudian hari.

13. Perlengkapan Hobi

Selanjutnya kamu bisa memberikan perlengkapan hobi yang sesuai minat pasanganmu. Apabila si dia suka olahraga lari, mungkin bisa memberikan kaos atau sepatu lari.

14. Peralatan Tidur

Alat tidur seperti selimut, bed cover atau bantal dan guling bisa menjadi isi hamparan lamaran yang bisa kamu berikan. Tentunya makna dari hamparan ini adalah untuk memberikan kenyamanan setiap beristirahat.

15. Perlengkapan Rumah Tangga

Terakhir, kamu bisa memberikan perlenngkapan rumah tangga. Perlengkapan yang dimaksud seperti alat masak, alat perkakas atau yang lainnya demi memudahkan ketika sudah menikah nanti.

 

Sumber: Rumah123

Yuk, baca artikel contoh lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer