Sukses


9 Amalan yang Bisa Dilakukan Umat Islam di Bulan Ramadan

Bola.com, Jakarta - Ramadan merupakan bulan yang istimewa bagi setiap umat muslim. Pahala yang akan didapat bila beribadah di bulan mulia ini sangatlah istimewa.

Umat muslim sering kali berlomba-lomba untuk meningkatkan amalan ibadah mereka pada bulan yang istimewa ini.

Tak sekadar puasa, banyak amalan ibadah sunah lainnya yang sangat dianjurkan untuk dilakukan sepanjang bulan Ramadan ini.

Itulah mengapa bagi umat muslim jangan sampai melewatkan momen di bulan Ramadan, bulan yang penuh dengan ampunan dan kesempatan terbaik untuk bertobat serta mendulang pahala.

Ada beberapa amalan baik yang bisa dilakukan oleh umat muslim yang bisa mendatangkan kebaikan serta pahala.

Berikut sembilan amalan di bulan Ramadan yang baik dilakukan oleh umat Islam, disadur dari Dream, Selasa (11/4/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Amalan di Bulan Ramadan yang Baik Dilakukan Umat Islam

Salat Tarawih

Salat Tarawih merupakan ibadah sunah yang hanya ada pada bulan Ramadan. Pahalanya yang berkali lipat, tidak kalah dengan ibadah puasa. Untuk itu dianjurkan untuk melaksanakan salat Tarawih selama bulan Ramadan.

Membaca Al-Qur'an

Saat Ramadan tiba, umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak membaca Al-Qur'an. Biasanya tadarus Al-Qur'an dibaca setelah selesai salat Tarawih.

Saat berada di rumah, kamu dapat menambah waktu untuk membaca Al-Qur'an.

Bulan Ramadan juga menjadi momen yang tepat untuk mengkhatamkan baca Al-Qur'an. Untuk itu, makin sering membacanya, kamu makin sering dapat mengkhatamkan Al-Qur'an.

Iktikaf

Amalan lain yang dapat dilakukan saat bulan Ramadan adalah iktikaf. Iktikaf adalah berdiam diri untuk melakukan ibadah dengan tujuan mendekatkan diri kepada Allah swt.

Biasanya iktikaf dilakukan sepuluh hari menjelang berakhirnya bulan Ramadan. Sebagaimana hadis yang disampaikan Aisyah r.a., Nabi shallallahu alaihi wa sallam beritikaf pada sepuluh hari yang akhir dari Ramadan hingga wafatnya, kemudian istri-istri beliau pun beriktikaf setelah kepergian beliau. (HR. Bukhari dan Muslim)

3 dari 4 halaman

Amalan di Bulan Ramadan yang Baik Dilakukan Umat Islam

Salat Tahajud

Salat malam atau biasa disebut dengan salat tahajud, besar pahalanya. Terutama jika dapat dilakukan di bulan Ramadan. Pahala berlipat ganda akan menjadi ganjarannya.

Aisyah Radhiyallahu`anhu berkata, "Jangan tinggalkan salat malam karena sesungguhnya Rasulullah saw. tidak pernah meninggalkannya. Apabila beliau sakit atau melemah maka beliau salat dengan duduk." (HR. Abu Dawud & Ahmad)

Berzikir

Amalan selanjutnya yang dapat kamu lakukan selama bulan Ramadan adalah memperbanyak zikir, baik dilakukan saat pagi, siang ataupun malam hari.

Pada waktu-waktu yang mustajab dianjurkan untuk berdoa seperti di sepertiga malam, menjelang berbuka puasa, ataupun saat sahur.

Menghidupkan Lailatulqadar

Lailatulqadar adalah malam yang hanya ada pada bulan Ramadan. Lailatulqadar merupakan malam yang lebih baik dari seribu bulan.

Pada malam tersebut, sangat dianjurkan untuk memperbanyak ibadah, memperbanyak doa dan zikir serta memperbanyak tobat.

4 dari 4 halaman

Amalan di Bulan Ramadan yang Baik Dilakukan Umat Islam

Menjaga silaturahmi

Menjaga silahturrahmi adalah satu di antara faktor umur panjang dan lapangnya rezeki.

Nabi Muhammad pernah bersabda: "Barang siapa yang ingin dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya maka hendaklah ia menyambung tali silaturahmi." (Muttafaqun ‘alaihi)

Memperbanyak Sedekah

Di bulan Ramadan dianjurkan untuk memperbanyak sedekah. Bukan hanya untuk mendapatkan pahala berlipat ganda, tetapi dengan bersedah kamu dapat membantu meringankan beban orang lain.

Imam Izzudin al-Sulami mengatakan orang yang berpuasa ketika dia merasakan lapar, dia mengingat rasa lapar itu.

Hal itulah yang memberikan dorongan kepadanya untuk memberi makan pada orang yang lapar. (Imam Izzuddin bin Abdissalam al-Sulami, Maqâshid al-Shaum, hlm 16)

Membayar Zakat

Satu di antara amalan yang hanya ada di bulan Ramadan adalah membayar zakat fitrah. Zakat fitrah bukan hanya tentang memberikan sebagian harta. Namun, juga sebagai upaya untuk membersihkan diri.

Begitu banyak keutamaan dan manfaat bagi orang-orang yang mengeluarkan zakat fitrah.

 

Disadur dari: Dream.co.id (Penulis: Ulyaeni Maulida. Published: 22/4/2022)

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer