Sukses


6 Dampak Buruk Minum Kopi saat Buka Puasa, Cek di Sini

Bola.com, Jakarta - Buka puasa merupakan waktu yang sangat ditunggu umat muslim. Waktu buka puasa ditandai dengan terdengarnya azan magrib.

Ketika azan magrib sudah terdengar, umat muslim dianjurkan untuk segera buka puasa. Sebagian orang langsung menyantap makanan kecil ditemani kopi saat buka puasa.

Kebiasaan minum kopi memang tak mudah ditinggalkan begitu saja oleh sebagian orang. Namun, kamu perlu hati-hati mengonsumsi kopi saat buka puasa. Sebab, kopi memiliki tingkat keasaman yang tinggi sehingga dapat menimbulkan dampak buruk kesehatan, apalagi kalau diminum saat perut kosong.

Lantas, dampak buruk seperti apa yang dirasakan jika mengkonsumsi kopi untuk buka puasa?

Berikut ini enam dampak buruk bagi kesehatan minum kopi saat buka puasa, yang perlu disadari, dikutip dari laman Mvslim, Senin (10/4/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Dampak Buruk Minum Kopi saat Buka Puasa

1. Meningkatkan Masalah Lambung

Minum kopi saat buka puasa bisa meningkatkan risiko GERD (Gastroesophageal reflux). Hal ini disebabkan oleh tingkat keasaman kopi yang tinggi bertemu dengan keasaman dari lambung. Itulah mengapa minum kopi saat buka puasa perlu dihindari apalagi perut dalam keadaan kosong.

2. Meningkatkan Gangguan Kecemasan

Dampak buruk lain yang bisa muncul saat minum kopi adalah rasa cemas yang meningkat. Pasalnya, kopi akan membuat kerja jantung lebih cepat.

Hal ini akan lebih cepat terjadi saat perut kosong. Kamu bisa jadi lebih gugup, gemetar, atau gangguan kecemasan lainnya.

3 dari 5 halaman

Dampak Buruk Minum Kopi saat Buka Puasa

3. Gangguan Sistem Pencernaan

Satu di antara masalah kesehatan yang dapat terjadi saat buka puasa dengan kopi adalah gangguan asam lambung. Disebutkan jika kopi dapat merangsang asam lambung sehingga tidak aman dikonsumsi saat perut sedang kosong.

Hal ini dapat menimbulkan sakit perut dan gangguan usus, seperti sindrom iritasi usus besar. Diketahui jika mengonsumsi kopi setelah berbuka puasa dapat membuat perut terasa mulas, mual, maag kambuh, dan gangguan pencernaan.

Minum kopi saat perut kosong juga dapat membuat zat asam dari kopi dapat merusak lapisan perut. Sebaiknya tidak mengonsumsi langsung setelah berbuka puasa.

4 dari 5 halaman

Dampak Buruk Minum Kopi saat Buka Puasa

4. Gangguan Gula Darah

Disebutkan juga buka puasa dengan kopi saat perut kosong dapat mengganggu kemampuan tubuh dalam mengontrol kadar gula darah. Jika hal ini terus dibiarkan, peningkatan risiko terhadap penyakit metabolik bisa terjadi, satu di antaranya adalah diabetes.

5. Gangguan Tidur

Minum kopi saat buka puasa bisa membuatmu lemas dan tidak bertenaga keesokan harinya. Jam buka puasa lebih dekat dengan jam tidur. Hal ini memungkinkan munculnya masalah tidur pada malam hari yang bisa membuat jam sahur akan bermasalah.

5 dari 5 halaman

Dampak Buruk Minum Kopi saat Buka Puasa

6. Meningkatkan Risiko Dehidrasi

Kopi merupakan minuman yang bersifat diuretik atau merangsang untuk buang air kecil. Kendato ada penelitian yang bilang bahwa kafein kopi hanya memberikan efek diuretik ringan, kamu tetap perlu waspada.

Pasalnya, kondisi ini mungkin bertahan saat menjalankan puasa di kemudian hari. Karena itu, kamu perlu jaga asupan cairan dengan konsumsi air putih lebih banyak.

 

Sumber: Mvslim

Baca artikel seputar Ramadan lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer