Sukses


Contoh Perilaku Amanah di Rumah, Sekolah, dan Masyarakat

Bola.com, Jakarta - Amanah memiliki arti dapat dipercaya. Sifat ini merupakan sifat wajib bagi seorang rasul.

Sebagai penerima wahyu Allah Swt. untuk disampaikan kepada manusia, rasul memiliki beberapa sifat terpuji yang patut diteladani.

Hampir setiap orang senang berteman atau bergaul dengan orang yang amanah karena dapat dipercaya. Memiliki sikap amanah penting agar bisa menjadi pribadi yang dipercayai oleh teman, kerabat, guru dan lain-lain.

Dalam kehidupan sehari-hari, ada banyak contoh perilaku yang mencerminkan sikap amanah, baik di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat.

Beerikut contoh sikap amanah di rumah, sekolah dan masyarakat, dikutip dari laman Rijal09 dan Parboaboa, Kamis (13/4/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Contoh Sikap Amanah di Rumah

1. Mengerjakan PR atau tugas yang diberikan oleh guru

Contoh sikap amanah di rumah adalah dengan mengerjakan PR atau tugas yang diberikan oleh guru dengan sebaik mungkin. Jangan menunda-nunda untuk mengerjakan tugas sekolah karena nanti akan keteteran.

2. Menjaga uang yang dititip oleh ayah atau ibu

Terkadang ayah atau ibu menitipkan uang kepada anaknya. Cerminan sikap amanah yang dilakukan ialah dengan menjaga titipan uang dari ayah atau ibunya tanpa mengambil sebagian tanpa sepengetahuan.

3. Tidak menceritakan rahasia yang diberitahukan oleh saudara

Dalam keluarga terkadang ada beberapa rahasia yang tak ingin diketahui orang lain. Tidak memberitahukan rahasia keluarga yang diberitahukan kepadamu tersebut termasuk sikap amanah.

4. Belajar sesuai jadwal yang ditentukan oleh Ibu atau Ayah, meski beliau tidak di rumah

Dalam beberapa kesempatan kadang ibu dan ayah pergi untuk suatu keperluan. Meski beliau tidak di rumah, kamu tetap harus belajar sesuai jadwal karena hal tersebut termasuk sikap amanah.

5. Menjalankan tugas dan tanggung jawab di rumah

Menjalankan tugas dan tanggung jawab di rumah sebaik-baik mungkin juga termasuk perilaku amanah yang bisa dilakukan di rumah.

3 dari 4 halaman

Contoh Sikap Amanah di Sekolah

1. Melakasanakan tugas piket

Di sekolah biasanya ada kegiatan piket harian yang dilakukan oleh siswa secara bergantian. Melaksanakan tugas piket sesuai jadwal termasuk contoh sikap amanah yang bisa dilakukan siswa di sekolah.

2. Mengerjakan bagian tugas kelompok yang telah ditentukan

Dalam proses belajar biasanya ada tugas yang mesti dikerjakan secara berkelompok. Dalam suatu kelompok akan dibagi tugas untuk setiap orang.

Dengan mengerjakan tugas yang diberikan kepada kamu maka hal tersebut merupakan contoh sikap amanah.

3. Menjalankan tugas sebagai pemimpin upacara jika ditunjuk sebagai pemimpin upacara

Pemimpin upacara biasanya adalah siswa dan akan digilir secara bergantian tiap minggunya. Jika ditunjuk sebagai pemimpin upacara, kamu harus melakukan tugas tersebut dengan sepenuh hati.

Bisa melaksanakan tugas tersebut termasuk sikap amanah.

4. Tidak Menyontek saat ujian, meski tidak ada guru saat di kelas

Tidak menyontek saat ujian bukan hanya sikap jujur, tetapi juga termasuk sikap amanah. Hal itu karena aturan dalam ujian sekolah biasanya adalah dilarang menyontek, baik melihat buku ataupun melihat pekerjaan teman.

Dengan tidak menyontek maka kamu termasuk orang yang jujur dan amanah

5. Mengembalikan buku yang dipinjam di perpustakaan sesuai jadwal yang telah ditentukan

Di sekolah biasanya ada perpustakaan dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk meminjam buku.

Satu di antara cerminan sikap amanah adalah dengan mengembalikan buku yang dipinjam di perpustakaan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan

6. Menjalankan tugas sebagai ketua kelas secara adil

Contoh sikap amanah di lingkungan sekolah ialah ketika ditunjuk sebagai ketua kelas. Tugas tersebut harus dijalankan secara amanah dan penuh tanggung jawab.

4 dari 4 halaman

Contoh sikap amanah di masyarakat

1. Tidak korupsi

Contoh sikap amanah di lingkungan masyarakat adalah saat menduduki sebuah jabatan lantas tidak membuatnya tergiur untuk menyelewengkan dana atau korupsi.

2. Melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab

Selanjutnya contoh sikap amanah di masyarakat adalah melaksanakan tugas dan tanggung jawab, baik sebagai ketua RT/RW/Kepala desa/DLL

3. Menyampaikan pesan atau titipan yang dititipkan orang untuk diberikan kepada orang tertentu

Cerminan sikap amanah lainnya dalam lingkungan masyarakat adalah dengan menyampaikan pesan atau titipan orang dengan penuh tanggung. Jadi, dalam menyampaikan pesan atau memberikan titipan tidak ditambahi maupun dikurangi.

 

Sumber: Rijal09, Parboaboa

Yuk, baca artikel contoh lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer