Sukses


Manfaat dan Keutamaan Membaca Selawat Nabi

Bola.com, Jakarta - Membaca selawat Nabi Muhammad saw. memiliki banyak manfaat serta keutamaan bagi kehidupan umat Islam, terlebih bagi mereka yang sedang mencari berkah dari Allah swt.

Selawat merupakan satu di antara bacaan umat muslim untuk memanjatkan doa dan memuji Nabi Muhammad saw.

Selawat Nabi juga merupakan bentuk penghormatan kepada Baginda Rasulullah saw., seperti yang tercantum dalam ayat Al-Qur'an pada surat An-Nisa ayat 86 yang artinya:

"Dan apabila kamu dihormati dengan suatu (salam) penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik, atau balaslah (penghormatan itu, yang sepadan) dengannya. Sungguh, Allah memperhitungkan segala sesuatu."

Itulah mengapa umat muslim yang dimuliakan oleh Allah perlu menyadari bahwa selawat nabi bukanlah sebuah pelafalan saja, tetapi juga bisa mendatangkan berbagai manfaat dan keutamaan untuk kehidupan di dunia dan akhirat.

Berikut beberapa manfaat dan keutamaan membaca selawat nabi, disadur dari Merdeka, Kamis (27/4/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Manfaat dan Keutamaan Membaca Selawat Nabi

Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu, bahwa Nabi Muhammad saw. bersabda, "Barang siapa yang berselawat kepadaku satu kali maka Allah akan berselawat kepadanya sebanyak sepuluh kali, serta menghapus sepuluh kejelekannya."

Bila mendamba hidup penuh berkah maka membaca selawat adalah kuncinya. Hidup akan lebih bermakna, mendapat ketenangan, dan mendapat berkah dari Nabi Muhammad saw.

Berikut sejumlah manfaat dan keutamaan selawat kepada Nabi Muhammad saw.:

Mendapatkan Balasan Selawat dari Allah

Dikatakan, bagi siapa saja yang membaca selawat untuk Nabi Muhammad saw. maka Allah akan membalas 10 kali selawat untuknya.

Hal ini pun disebutkan dengan jelas dalam sebuah hadis, di mana Rasulullah bersabda, "Siapa yang berselawat untukku sekali maka Allah Swt. berselawat untuknya 10 kali".

Mendapatkan Sambutan Selawat dari Rasulullah

Setiap umat muslim yang berselawat kepada Nabi Muhammad, beliau sendiri akan menyambut dengan berselawat untuknya. Bukan hanya itu, orang yang berselawat untuk nabi juga akan dicatat 10 kebaikan.

Dalam sebuah hadis riwayat Imam Thabrani dari Sahabat Anas bin Malik dikatakan, "Siapa yang berselawat untukku maka selawat itu akan sampai kepadaku dan aku akan bersalawat untuknya, dan baginya akan dicatat 10 kebaikan".

Mendapatkan Ampunan Dosa

Bukan hanya mendapatkan pahala kebaikan, kamu akan diampuni dari segala dosa oleh Allah jika membaca sewalat untuk Nabi Muhammad saw.

Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Ashim dan Al-Thabrani dari Abu Kahil, Rasulullah bersabda, "Wahai Abu Kahil, siapa yang berselawat untukku saban hari tiga kali dan saban malam tiga kali karena cinta dan rindu kepadaku, sungguh Allah akan mengampuni dosa-dosanya pada malam dan hari itu".

3 dari 4 halaman

Manfaat dan Keutamaan Membaca Selawat Nabi

Menghilangkan Kesedihan

Hidup tidak bisa luput dari persoalan. Namun, bila menyertai keseharian dengan membaca selawat maka hidup akan lebih bahagia.

Memudahkan Terkabulnya Doa

Di antara makna selawat adalah doa. Maka, bila ingin doa cepat terkabul oleh Allah, bacaan selawat harus dibaca sebelum memanjatkan keinginan kepada Allah.

Mendapat Kebahagiaan dan Ketenangan Hati

Siapa yang ingin mendapat kebahagiaan dalam hidup maka bacalah selawat dalam hari-hari sehingga mendapat ketenangan jiwa dan merasakan manisnya imam kepada Allah.

Selain itu, ketenangan batin serta hati menjadi jaminan wajib yang didapatkan bagi mereka yang selalu senantiasa membaca selawat nabi.

4 dari 4 halaman

Manfaat dan Keutamaan Membaca Selawat Nabi

Mendapatkan syafaat Rasulullah

Syafaat dalam hal ini adalah pertolongan. Pada kehidupan akhirat nanti hanyalah orang-orang beriman yang akan mendapatkan pertolongan Rasulullah dari berbagai kesulitan yang harus dijalani di hari akhir.

Maka dengan memperbanyak amalan selawat nabi, kamu bisa mendapatkan pertolongan Rasulullah dengan lebih mudah.

Mengalirkan Keberkahan

Umat muslim yang berselawat untuk nabi maka akan termasuk golongan manusia yang paling utama di sisi-Nya.

Bukan hanya itu, Allah akan mengalirkan keberkahan dan kebaikan bagi siapa saja yang berselawat pada Rasul utusan Allah. Bahkan keberkahan tersebut akan terus mengalir hingga anak dan cucunya.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Edelweis Lararenjana. Published: 20/4/2020)

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer