Sukses


6 Cara Menurunkan Kolesterol Secara Cepat dan Alami

Bola.com, Jakarta - Kolesterol merupakan zat yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi hormon dan membantu fungsi sel. Namun, jika kadar kolesterol dalam darah terlalu tinggi, dapat menyebabkan masalah kesehatan serius, seperti penyakit jantung, stroke, dan tekanan darah tinggi.

Itulah mengapa, menurunkan kadar kolesterol menjadi penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Tak hanya dengan obat-obatan, menurunkan kadar kolesterol bisa dilakukan dengan cara alami yang efektif untuk tanpa efek samping yang merugikan.

Mulai mengonsumsi makanan yang tepat, olahraga teratur, hingga menghindari kebiasaan buruk yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Untuk lebih jelasnya, berikut enam cara menurunkan kolesterol secara cepat dan alami, seperti disadur dari Klikdokter, Jumat (5/4/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Cara Menurunkan Kolesterol Secara Cepat dan Alami

1. Turunkan Berat Badan

Mengatasi kolesterol dengan menurunkan berat badan merupakan pilihan tepat. Berat badan yang melebihi batas normal membuatmu berisiko memiliki kolesterol tinggi.

Namun, bukan berarti kamu harus berbadan kurus untuk mempunyai kolesterol normal. Jika kamu kelebihan berat badan, menurunkan berat badan sebanyak 10 kilogram akan memotong LDL hingga 8 persen.

2. Hindari Lemak Trans 

Satu di antara makanan yang dapat meningkatkan kolesterol jahat (LDL) adalah makanan yang mengandung lemak trans. Misalnya, makanan yang digoreng. Maka itu, jauhilah makanan yang digoreng bila ingin kolesterolmu turun. Selalu olah makanan dengan cara kukus, rebus, atau panggang.

3 dari 4 halaman

Cara Menurunkan Kolesterol Secara Cepat dan Alami

3. Olahraga Teratur

Berolahraga selama 2,5 jam seminggu cukup untuk meningkatkan kolesterol baik (HDL). Jika kamu belum terbiasa berolahraga, mulailah secara perlahan.

Mula-mula lakukan olahraga selama 10 menit sehari, kemudian tingkatkan hingga 15 atau 30 menit sehari. Tak akan sulit jika kamu memang ingin hidup lebih sehat.

4. Mengonsumsi Serat

Makanan seperti oatmeal, apel, plum, dan kacang-kacangan mengandung tinggi serat yang membuat tubuh tidak menyerap kolesterol. Penelitian menunjukkan, makan 5–10 gram serat setiap hari akan menurunkan kadar LDL.

Serat juga membuatmu merasa kenyang sehingga keinginan untuk ngemil pun berkurang. Namun, hati-hati. Terlalu banyak serat juga bisa menyebabkan kram perut atau kembung.

4 dari 4 halaman

Cara Menurunkan Kolesterol Secara Cepat dan Alami

5. Makan Ikan

Usahakan makan ikan sebanyak 2-4 kali seminggu. Ikan kaya akan asam lemak omega-3 yang baik untuk menurunkan tekanan darah. Omega-3 tertinggi dapat ditemukan pada tuna, salmon, dan lain-lain. Namun, hindari ikan yang mengandung tinggi merkuri, seperti hiu, todak, dan makerel.

6. Konsumsi Minyak Zaitun

Mengganti mentega dengan minyak zaitun dapat mengurangi kolesterol LDL sebanyak 15 persen, ini hampir serupa dengan efek obat penurun kolesterol dosis rendah.

Agar manfaatnya maksimal, pililhlah minyak zaitun extra-virgin. Minyak jenis ini sedikit proses kimianya dan mengandung lebih banyak antioksidan yang dapat membantu mencegah penyakit.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 20/6/2020)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer