Sukses


5 Contoh Naskah Pidato Perpisahan Kelas 6 SD, Menyentuh dan Mengharukan

Bola.com, Jakarta - Perpisahan kelas 6 SD merupakan momen yang mengharukan. Pada acara tersebut, biasanya ada sesi penyampaian pidato.

Pidato adalah pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak atau wacana yang disiapkan untuk diucapkan di depan khalayak.

Pidato juga dapat diartikan tulisan yang berisi pikiran-pikiran seseorang untuk disampaikan di hadapan umum.

Biasanya ada satu perwakilan dari siswa yang ditunjuk untuk menyampaikan pidato perpisahan kelas 6 SD.

Nah, bagi kamu mendapat tugas untuk menyampaikan pidato saat acara tersebut, sebaiknya yang disampaikan mengandung kata-kata yang menyentuh hati dan mengharukan.

Berikut ini lima contoh naskah pidato perpisahan kelas 6 SD, dikutip dari laman Saintif dan Dosenpintar, Senin (8/5/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Contoh Naskah Pidato Perpisahan Kelas 6 SD 1

Assalamualaikum warrahmattuloh wabarakatuh,

Yang saya hormati,

Bapak/Ibu Kepala Sekolah (namanya),

Para guru (nama sekolah),

Orang tua/wali murid yang terhormat,

Teman dan adik kelas yang saya cintai.

Puji dan syukur atas kehadiran Allah Swt. yang memberi kita semua rahmat-Nya. Hari ini kita berkumpul untuk merayakan perpisahan.

Pertama-tama, saya berterima kasih kepada para guru yang telah mengajar, membimbing, dan mengajarkan ilmunya selama enam tahun terakhir. Semoga Allah Swt. selalu menghargai semua jasa bapak dan ibu guru sekalian.

Pada kesempatan ini, saya mewakili teman–teman dari kelas enam, meminta maaf atas semua kesalahan yang kami lakukan di masa lalu atas perilaku kami, yang dapat mengganggu atau menyinggung perasaan Bapak dan Ibu guru. Saya harap Bapak dan Ibu guru, selalu memaafkan semua kesalahan kami.

Bagi adik kelas, teruslah belajar dengan tekun, kami ingin kalian menjadi pelajar yang rajin yang terus mencari ilmu dan selalu menghormati orang tua/guru kita di sekolah ini.

Dan akhirnya, kepada orang tua kita yang tercinta, terima kasih telah mencintai kami, terima kasih atas kesediaannya untuk mengirim kami ke sekolah (nama sekolah) dan terima kasih atas pendidikan yang telah diberikan kepada kami.

Sekian dari saya,

Wassalamualaikum warrahmatuloh wabarakatuh.

3 dari 6 halaman

Contoh Naskah Pidato Perpisahan Kelas 6 SD 2

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Yang terhormat Bapak/Ibu Kepala Sekolah,

Bapak/Ibu Guru beserta tamu undangan,

Serta kawan-kawanku yang berbahagia.

Terlebih dahulu, marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa Yang telah melimpahkan rahmat serta karunia-Nya kepada kita.

Pada kesempatan ini, kita dapat berkumpul pada perayaan perpisahan kelas enam. Guru-guru dan teman-teman, sungguh tidak terasa waktu berlalu begitu cepat. Sudah enam tahun kami belajar dan menimba ilmu di sekolah ini. Kami mendapatkan ilmu yang tak terhingga. Semuanya berkat guru-guru yang telah mengajari kami.

Kini, akhirnya hari kelulusan itu tiba. Setelah enam tahun kami belajar bersama Bapak/Ibu guru, saya selaku perwakilan dari kelas enam mengucapkan terima kasih dan ingin meminta maaf atas perbuatan salah kami semuanya.

Tidak lupa kami sampaikan juga terima kasih kepada orang tua kita semua, yang telah memberi motivasi kepada kami semua. Untuk teman-teman, meski sudah lulus, kita harus lebih giat lagi belajarnya karena perjalanan kita masih panjang dan untuk mencapai cita-cita.

Akhir kata, saya dan teman-teman ingin mengucapkan selamat tinggal, kami tidak akan melupakan sekolah ini.

Sekian dari saya. Terima kasih.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

4 dari 6 halaman

Contoh Naskah Pidato Perpisahan Kelas 6 SD 3

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Puji dan syukur kami ucapkan atas kehadiran Tuhan Yang Maha Kuasa untuk semua limpahan rahmat serta karunia-Nya bagi kita semua yang hadir di sini. Pada kesempatan ini, di pagi yang cerah kita bertemu, kita berkumpul di sekolah tercinta ini dalam acara perpisahan siswa-siswi kelas enam.

Sebenarnya, saya mewakili semua teman-teman kelas enam, berat sekali untuk menyampaikan untaian kata dari pidato ini. Kami sangat sedih karena kini telah tiba saat di mana kami harus berpisah dari guru, teman teman, dan adik–adik kelas semua. Namun, waktu telah membatasi kebersamaan kita, kami harus terus melangkah.

Khusus untuk semua yang hadir di sini, Bapak dan Ibu guru yang saya hormati, kami mengucapkan banyak terima kasih karena Anda telah mendidik kami dengan sangat baik selama enam tahun ini. Memberikan semua pengetahuan yang telah kami terima dengan sepenuh hati sebagai bekal kami untuk mencapai tingkat selanjutnya. Semua pelajaran dan nasihat dari Bapak dan Ibu guru, pasti akan kami ingat selalu sepanjang sisa hidup kami.

Kami juga mengucapkan ribuan meminta maaf kepada Bapak dan Ibu guru yang telah dengan sabar menghadapi kecerobohan kami, kenakalan kami serta tetap sabar membimbing kami selama ini. Kami tentunya menyadari bahwa banyak dari perilaku kami selama mengenyam pendidikan di sekolah ini, di tempat ini, telah mengganggu kenyamanan dan mungkin pernah menyinggung hati Bapak dan Ibu guru. Untuk itu sekali lagi saya mewakili semua teman kelas enam untuk meminta maaf kepada Bapak Ibu guru sekalian.

Dan untuk kedua orang tua kami yang telah mengurus kami, yang telah mengizinkan dan membiayai kami dalam menuntut ilmu ini, kami ucapkan banyak terima kasih, dan maaf akan perilaku kami, sekarang kami akan menjadi remaja, Ibu dan Ayah, kami tetap membutuhkan Ibu dan Ayah sampai kami bisa berdiri sendiri untuk membahagiakan kalian, maka itu kami selalu membutuhkan doa dan dukungan Ibu dan Ayah.

Kepada adik kelas sekalian, belajarlah dengan baik dan rajin semangat untuk menggapai cita-cita, tentunya di tahun berikutnya kalian akan menyusul kami meninggalkan sekolah kita yang tercinta ini. Jangan keras kepala dan jaga sikap kalian, hormatilah semua guru di sini yang ada di sini, itu pesan kami.

Saya rasa cukup, inilah akhir dari pidato ini, wassalamualaikum wr. wb.

5 dari 6 halaman

Contoh Naskah Pidato Perpisahan Kelas 6 SD 4

Assalamualaikum wr. wb.

Yang saya hormati,

Bapak Kepala Sekolah,

Para dewan guru,

Orang tua/wali murid yang sangat kami cintai,

Teman-teman dan adik kelas yang sangat saya banggakan.

Puji dan syukur kita haturkan kepada Allah Swt. yang memberi kita rahmat-Nya sehingga pada hari ini kita berkesempatan untuk berkumpul dalam acara perpisahan.

Pertama, saya mewakili siswa kelas enam berterima kasih kepada seluruh guru yang telah sabar mengajar, membimbing, dan memberikan ilmunya selama enam tahun terakhir. Semoga Allah Swt. memberikan rahmat-Nya untuk Anda semua.

Di kesempatan ini saya mewakili teman-teman kelas enam, saya meminta maaf kepada seluruh dewan guru atas kesalahan yang telah kami perbuat yang mungkin menyinggung hati Bapak/Ibu guru sekalian.

Untuk adik kelas, teruslah mengharumkan nama sekolah kita yang tercinta ini, selalu belajar untuk meneruskan perilaku baik kami, dan kami tekankan untuk perilaku yang kurang berkenan, kami minta maaf dan jangan kalian contoh.

Dan terakhir, kami ucapkan terima kasih kepada kedua orang tua kami yang telah hadir pada hari ini, terima kasih atas cinta Ayah Ibu, terima kasih telah membesarkan kami, memenuhi kebutuhan kami, dan terima kasih telah menghantar kami pada sekolah ini pada enam tahun yang lalu, kami sangat menyayangi Ayah dan Ibu.

Dan sekian dari saya, wassalamualaikum wr.wb

6 dari 6 halaman

Contoh Naskah Pidato Perpisahan Kelas 6 SD 5

Bismillahirrahmanirrahim.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Selamat pagi, salam sejahtera bagi kita semuanya, om swastiastu, namo buddhaya, salam kebajikan.

Yang saya hormati Bapak/Ibu Kepala Sekolah (namanya),

Yang saya hormati Bapak/Ibu guru,

Yang saya hormati orang tua serta wali murid,

Juga kepada teman-teman dan adik kelas semuanya yang saya kasihi.

Puji dan syukur mari kita haturkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas rahmat dan karunia-Nya, kita bisa berkumpul di tempat ini.

Mewakili seluruh teman-teman kelas enam (nama sekolah), izinkan saya menyampaikan sepatah dua patah kata pada acara ini.

Saya dan teman-teman kelas enam ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak dan Ibu guru. Mohon maaf apabila selama ini kami banyak berbuat salah kepada Bapak dan Ibu guru semua.

Terima kasih juga telah membimbing dan mengajari kami ilmu serta pelajaran yang sangat berharga. Kami berharap agar semua ilmu yang diberikan bisa bermanfaat bagi kami semua.

Untuk adik kelas, tetap semangat belajar dan jangan pernah putus asa. Terakhir, tidak lupa kami ucapkan terima kasih pada orang tua yang senantiasa menyayangi, mencintai, dan mendukung kami.

Akhir kata, semoga kita dapat melanjutkan ke jenjang lebih tinggi dan bisa meraih cita-cita. Sukses untuk kita semua.

Demikian pidato perpisahan ini, mohon maaf apabila ada salah kata. Sampai jumpa di lain waktu.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

Sumber: Saintif, Dosenpintar

Dapatkan artikel contoh berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer