Sukses


5 Dampak Positif Globalisasi bagi Masyarakat

Bola.com, Jakarta - Globalisasi merupakan sebuah fenomena integrasi internasional yang terjadi karena adanya pertukaran pandangan dunia.

Munculnya fenomena globalisasi disebabkan oleh beragam faktor, seperti perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan, perdangangan bebas, kemudahan untuk melakukan perpindahan dari satu negara ke negara lainnya, kerja sama politik antara satu negara dengan negara lainnya, cara berpikir masyarakat yang makin maju, dan lain sebagainya.

Sederhananya, globalisasi merupakan fenomena yang mampu mengubah wajah dunia modern dan memengaruhi cara manusia hidup, berinteraksi, serta bergaul dengan orang lain di seluruh dunia.

Fenomena globalisasi tidak hanya berlangsung di kawasan perkotaan, melainkan juga di pedesaan. Baik di kota maupun desa, globalisasi pasti membawa dampak positif bagi masyarakatnya.

Untuk lebih memahami dampak positif dari globalisasi, kamu dapat menyimak penjelasan di bawah ini.

Berikut ini lima dampak positif globalisasi bagi masyarakat yang perlu dipahami, dikutip dari laman bsn.go.id dan jambiprov.go.id, Senin (15/5/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Berkembangnya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi menyebabkan kehidupan sosial ekonomi menjadi lebih produktif, efektif, dan efisien.

Globalisasi memberi peluang setiap negara bisa belajar dari negara lain sehingga proses transfer ilmu pengetahuan dan teknologi secara global terjadi dengan cepat.

Kemajuan bidang teknologi, komunikasi, informasi dan transportasi juga memudahkan kehidupan manusia.

Contoh: adanya mobilitas tinggi karena jarak tempuh dalam bepergian dari satu tempat ke tempat lain menjadi lebih singkat. Hal ini memudahkan masyarakat memperoleh informasi dan ilmu pengetahuan, serta melakukan berbagai aktivitas perekonomian.

3 dari 6 halaman

Perubahan Tata Nilai dan Sikap

Globalisasi menyebabkan perubahan tata nilai sosial budaya, cara hidup, pola pikir, maupun ilmu pengetahuan dan teknologi dari bangsa lain yang telah maju.

Misalnya, meningkatkan etos kerja yang tinggi, suka bekerja keras, disiplin, mempunyai jiwa kemandirian, rasional, sportif, dan lain sebagainya.

4 dari 6 halaman

Kualitas atau Tingkat Kehidupan

Globalisasi membantu lebih mudahnya proses memperkenalkan kehidupan sosial dan budaya dari setiap negara, termasuk Indonesia, ke negara lain.

Dampaknya, ekonomi pariwisata dapat berkembang dan menghasilkan kesejahteraan bagi masyarakat di wilayan tujuan turisme.

Globalisasi juga membantu meluaskan jangkauan pasar sehingga produksi dalam negeri mampu bersaing di dunia internasional.

Proses ini akan mendorong peningkatan aktivitas ekonomi, serta kesejahteraan masyarakat seiring dengan pembangunan yang meningkat.

5 dari 6 halaman

Penguatan Supremasi Hukum dan Perlindungan HAM

Globalisasi dapat membantu penguatan supremasi hukum, demokratisasi, dan tuntutan terhadap dilaksanakannya hak-hak asasi manusia di Indonesia.

Hal ini membantu dalam meningkatkan regulasi hukum dan pembuatan peraturan perundang-undangan yang bermanfaat untuk kepentingan rakyat banyak. Globalisasi juga memperkuat tuntutan terhadap penegak hukum yang lebih profesional, transparan, dan akuntabel.

6 dari 6 halaman

Peningkatan Kesadaran Lingkungan

Globalisasi dapat mendorong peningkatan kesadaran lingkungan di Indonesia. Hal ini terjadi karena masyarakat makin sadar akan dampak negatif yang ditimbulkan oleh polusi dan degradasi lingkungan.

Masyarakat juga makin memahami bahwa keberlanjutan lingkungan sangat penting untuk kesejahteraan manusia di masa depan.

 

Sumber: bsn.go.id, jambiprov.go.id

Dapatkan artikel dampak dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer