Sukses


Jenis-Jenis Ikan Air Tawar yang Paling Populer

Bola.com, Jakarta - Ikan merupakan satu di antara sumber protein yang tinggi. Berdasarkan tempat hidupnya, ikan dibedakan menjadi 3 yaitu ikan air tawar, ikan air laut, dan ikan air payau.

Ikan yang hidup diperairan laut mempunyai jenis dan ukuran yang lebih beraneka ragam dibandingkan ikan yang hidup diperairan air tawar.

Ikan air tawar merupakan jenis ikan yang hidup di air tawar seperti kolam, sungai, dan danau. Meski tak sebanyak ikan laut, jenis ikan air tawar juga sangat beragam.

Penting tentunya mengetahui jenis ikan air tawar. Hal itu karena, ada banyak jenis ikan air tawar yang sering dikonsumsi oleh masyarakat.

Berikut ini jenis-jenis ikan air tawar yang perlu diketahui, dilansir dari Sman1imogiri.sch.id, Senin (22/5/2023).

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Jenis Ikan Air Tawar

Ikan Arwana

Ikan arwana (Scleropages formosus) adalah satu di antara spesies ikan air tawar dari Asia Tenggara. Ikan ini memiliki badan yang panjang, berwarna merah, perak, atau emas, dan memiliki sirip-sirip dubur terletak jauh di belakang badan.

Arwana Asia umumnya memiliki warna keperak-perakan. Arwana Asia juga disebut "Ikan Naga" karena sering dihubung-hubungkan dengan naga dari mitologi tinghoa.

Ada beberapa jenis arwana seperti jenis red, golden red, golden, silver, black, maupun green.

 

Ikan Belut

Ikan belut merupakan jenis ikan air tawar yang bentuk tubuhnya bulat memanjang. Ikan tersebut hanya memiliki sirip punggung dan tubuhnya licin. Belut suka memakan anak-anak ikan yang masih kecil.

Ikan belut biasanya hidup di sawah-sawah, rawa-rawa atau lumpur, dan di kali-kali kecil. Di Indonesia sejak tahun 1979, belut mulai dikenal dan digemari. Namun, saat ini belutbanyak dibudidayakan dan menjadi salah satu komoditas ekspor.

3 dari 6 halaman

Jenis Ikan Air Tawar

Ikan Bawal

Ikan bawal (Colossoma Macropomum) mulai mendapat di hati masyarakat. Ikan ini termasuk spesies asli Indonesia yang mempunyai daya adaptasi tinggi dan mudah dibudidayakan.

Ikan bawal memiliki potensi besar untuk dikembangkan dan memiliki pasar yang cukup menjanjikan, baik dalam maupun luar negeri. Beberapa negara konsumen utama bawal selama ini antara lain jepang, Taiwan, hongkong, China, dan kanada.

Kelebihan ikan bawal ini, ukuran badannya ini cukup besar, dagingnya gurih, dan tidak banyak duri. Dari sisi rasa, ikan bawal air tawar tidak kalah lezat dibanding ikan bawal air laut.

Ikan Gurame

Gurame (Osphronemus Gouramy) merupakan jenis ikan air tawar dengan ciri-ciri bentuk badan pipih dan lebar, bagian punggung berwarna kemerahan dan bagian perut berwarna kekuning-kuningan atau ada juga yang keperak-perakan.

Secara morfologi, ikan gurame memiliki garis lateral tunggal, lengkap dan tidak terputus, bersisik stenoid serta memiliki gigi pada rahang bawah.

Ikan gurame digemari sebagai ikan produksi. Dagingnya padat, durinya besar-besar, sehingga lebih mudah untuk dipisahkan dengan dagingnya serta rasanya enak. 

Disamping rasanya yang enak, perawatannya pun tidak terlalu sulit dan tidak memakan banyak biaya. Oleh karena itu banyak para petani yang mulai menggemari dan membudidayakan ikan ini.

Harga dari setiap bibitnya yang murah dapat menghasilkan keuntungan hingga kali lipat. Harga dari ikan gurame di pasaran sangat bervariasi tergantung dari bobot ikan tersebut.

 

4 dari 6 halaman

Jenis Ikan Air Tawar

Ikan Mas

Ikan mas koki mutiara merupakan jenis ikan mas yang mempunyai tubuh bulat dengan kepala kecil dan ekor lebar. Ikan ini berasal daratan cina, tapi di Indonesia sudah lama dapat dibudidayakan.

Pembesaran ikan ini selain di dalam negeri juga merupakan ikan yang di ekspor dan harganya cukup tinggi.

Ikan Lele

Ikan lele dikenali dari tubuhnya yang licin memanjang tak bersisik, dengan sirip punggung dan sirip anus juga memanjang, yang terkadang menyatu dengan sirip ekor, menjadikannya seperti sidat yang pendek.

Kepalanya keras menulang di bagian atas, denga mata yang kecil dan mulut lebar yang terletak di ujung moncong, dilengkapi dengan 4 pasang sungut peraba (barbels) yang amat berguna untuk bergerak di air yang gelap.

Lele juga memiliki alat pernafasan tambahan berupa modifikasi dari busur insangnya. Terdapat sepasang petil, yakni duri tulang yang tajam, pada sirip-sirip dadanya. Ikan lele bersifat nokturnal, yakni aktif bergerak mencari makanan pada malam hari.

 

5 dari 6 halaman

Jenis Ikan Air Tawar

Ikan Mujair

Ikan mujair merupakan jenis ikan air tawar yang bentuk badannya pipih dengan warna abu-abu, coklat atau hitam.

Ikan ini berasal dari perairan Afrika dan pertama kali di Indonesia ditemukan oleh bapak Mujair di muara sungai Serang pantai selatan Blitar Jawa Timur pada 1939.

Ikan mujair mempunyai toleransi yang besar terhadap kadar garam atau salinitas. Panjang ikan mujair bisa mencapai 40 cm.

 

Ikan Tawes

Penyediaan benih yang bermutu dalam jumlah cukup dan kontinyu merupakan faktor paling dalam upaya pengembangan budidaya ikan konsumsi. Usaha pembenihan banyak dilakukan di kabupaten Magelang.

 

6 dari 6 halaman

Jenis Ikan Air Tawar

Ikan Nila

Ikan nila (Oreochromis Niloticus) dalam bahasa inggris dikenal sebagai Nile Tilapia. Ikan nila merupakan jenis ikan konsumsi air tawar dengan bentuk tubuh memanjang dan pipih kesamping dan warna putih kehitaman.

Panjang total (moncong hingga ujung ekor) mencapai sekitar 30 cm. Sirip punggung dengan 16 - 17 duri tajam dan 11 - 15 duri lunak: dan sirip dubur dengan tiga duri tajam dan 8 - 11 duri lunak.

Jenis ikan nila tergolong hewan omnivora (pemakan segala), jadi bisa diberi pakan apa saja asalkan sesuai dengan besar mulutny, misalnya udang, kerang kecil, atau pelet.

Ikan Patin

Ikan patin merupakan jenis ikan konsumsi air tawar, berbadan panjang berwarna putih perak dengan punggung berwarna kebiruan. Ikan patin dikenal sebagai komoditi yang berprospek cerah, karena memiliki harga jual yang tinggi.

 

Sumber: sman1imogiri.sch.id

Baca artikel seputar edukasi lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer