Sukses


Macam-Macam Latihan Relaksasi untuk Meningkatkan Penglihatan

Bola.com, Jakarta - Macam-macam latihan relaksasi untuk meningkatkan penglihatan mata perlu kamu ketahui.

Hal ini lantaran enggunaan teknologi dan paparan yang berlebihan terhadap layar komputer, ponsel pintar, dan perangkat elektronik lainnya telah menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari kita.

Akibatnya, mata kita sering kali terpapar stres dan ketegangan yang dapat memengaruhi kualitas penglihatan kita.

Kebiasan-kebiasaan yang mungkin tidak kamu sadari, bisa menambah ketegangan pada mata dan menyebabkan penglihatan kabur.

Namun, dengan melibatkan diri dalam latihan relaksasi yang tepat, kita dapat meredakan ketegangan dan meningkatkan kesehatan mata kita.

Selain itu, jangan lupakan pentingnya istirahat yang cukup bagi mata. Ketika bekerja atau menghabiskan waktu lama di depan layar, berikan istirahat singkat setiap 20-30 menit.

Berikut macam-macam latihan relaksasi untuk tingkatkan kesehatan dan penglihatan mata, disadur dari Liputan6, Senin (29/5/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Macam-Macam Latihan Relaksasi untuk Tingkatkan Penglihatan

1. Kedipkan mata lebih sering

Paparan sinar biru dari layar TV, ponsel, atau komputer dapat menyebabkan mata kering, sakit kepala, ketegangan pada saraf mata, hingga penglihatan kabur. Saat mata terserap layar, tingkat kedipan turun dari 20bpm menjadi 6-8bpm. 

Saat kamu merasakan ketegangan, mulailah berkedip dan itu akan melumasi mata sambil menyegarkan otak untuk memproses data visual baru dengan lebih efisien.

2. Tutup mata Anda menggunakan telapak tangan

Ini merupakan teknik relaksasi mata yang sangat efektif untuk kamu gunakan setiap kali mata terasa lelah atau tegang.

Adapun yang perlu kamu lakukan adalah menangkupkan telapak tangan di atas rongga mata untuk menciptakan tekanan lembut. Tahan tekanan sampai kamu melihat semua sisa cahaya memudar menjadi hitam.

Latihan ini akan bekerja untuk mengatur ulang penglihatan, melumasi mata, dan membiarkannya rileks. Lakukan latihan menutup mata ini setidaknya selama 30 detik.

3 dari 4 halaman

Macam-Macam Latihan Relaksasi untuk Tingkatkan Penglihatan

3. Memutar bola mata secara perlahan

Cara selanjutnya yaitu memutar bola mata secara perlahan. Mulai arah kanan, lalu perlahan alihkan pandanganmu ke kiri.

Terus lakukan hal yang sama, tetapi dengan arah yang berlawanan. Kemudian, gerakkan pandanganmu ke arah yang berbeda dengan melihat dari kanan ke kiri lalu ke atas dan ke bawah.

Selain memutar, kamu bisa menggambar bentuk geometris dengan tatapan mata. Ulangi proses ini hingga 10 kali.

4. Latihan 20-20-20

Agar mata tidak lelah, coba ikuti latihan 20-20-20. Jadi, kamu mengatur waktu istirahat selama 20 detik setiap 20 menit. Saat istirahat, fokuskan pandanganmu pada sesuatu yang terletak setidaknya satu meter dari jarak pandang. 

Latihan ini sangat sederhana, tetapi hasilnya cukup efisien. Latihan 20-20-20 akan membantu mencegah ketegangan dan kerusakan mata dalam jangka panjang.

4 dari 4 halaman

Macam-Macam Latihan Relaksasi untuk Tingkatkan Penglihatan

5. Melatih fokus pada objek

Tips terakhir adalah melatih fokusmu pada sebuah objek. Latihan ini bagus untuk kamu yang kini menggunakan bantuan kacamata.

Biasanya penggunaan kacamata bisa membuat kita menjadi lebih cepat lesu saat menatap, atau bahkan sulit mempertahankan pengelihatan yang sehat.

Nah, untuk melakukan latihan, kamu perlu melepaskan kacamata dan satukan kedua ibu jari sepanjang lenganmu. Kemudian, mulai dengan memusatkan perhatian pada ibu jari selama beberapa detik.

Jika sudah, kemudian kamu bisa melihat objek yang lebih jauh di depan pandanganmu. Usahakan objek tersebut masih sejajar dengan ibu jarimu.

Cobalah latihan ini hingga mendapatkan pandangan yang lebih fokus dan jelas tanpa bantuan kacamata. 

 

Disadur dari: Liputan6.com  (Penulis: Fany Triany. Editor: Sulung Lahitani. Published: 10/10/2022)

Dapatkan artikel macma-macam berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer