Sukses


5 Contoh Surat Pengaduan untuk Berbagai Keperluan

Bola.com, Jakarta - Surat pengaduan merupakan surat yang digunakan untuk mengajukan suatu perkara atau keluhan terhadap perusahaan, toko ataupun instansi terkait.

Misalnya, ketika kita melakukan proses pembelian barang, tetapi tidak sesuai harapan. Maka, kita bisa saja mengadukan surat pengaduan ke sebuah perusahaan, toko ataupun instansi terkait untuk memberikan komplain.

Adapun fungsi surat pengaduan untuk memberikan peringatan kepada pihak terkait sehingga permasalahan yang dialami bisa cepat terselesaikan.

Surat pengaduan bersifat formal atau resmi sehingga dapat dipertanggungjawabkan jika dalam pengurusannya melibatkan hukum.

Di sisi lain, masih ada sebagian orang yang kebingungan untuk membuat surat pengaduan. Nah, jika Anda memiliki permasalah ini, jangan risau.

Anda bisa melihat beberapa contoh surat pengaduan di bawah ini, yang dapat dijadikan referensi supaya lebih terarah saat ingin membuatnya.

Berikut ini lima contoh surat pengaduan untuk berbagai keperluan, dikutip dari laman Catilmu dan Lezgetreal, Selasa (30/5/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Surat Pengaduan Penipuan

CV. Joko Purnomo

Jl. Manggis No. 42

Bekasi

Bekasi, 4 Januari 2012

Nomor: 189/OP/N/2012

Perihal: Pengaduan Penipuan

Kepada

Yth. Bapak Kapolsek Walim

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama:

Jenis Kelamin:

No. KTP:

Alamat:

No. Telepon:

Dengan ini ingin melaporkan seseorang yang bernama:

Nama:

Jenis kelamin:

Alamat Pelaku:

No. Telepon:

Bahwa saudara yang bersangkutan telah melakukan tindakan penipuan kepada saya berupa penipuan penjualan barang ponsel Realme 8i sebesar 2,5 juta rupiah. Dalam kesepakatan jual beli tersebut, saya telah transfer dari total harga sekaligus biaya ongkos kirimnya.

Namun, dalam satu minggu barang tersebut tidak datang-datang di rumah saya, ketika saya menanyakan yang bersangkutan lewat chat WhatsApp, yang bersangkutan tidak menjawab chat saya atau memang telah memblokir kontak saya.

Demikian laporan pengaduan penipuan yang saya buat ini, saya berharap Bapak Kapolsek bersedia membantu memperlancar dan mempermudah kasus ini.

Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

...

 

Pelapor

3 dari 6 halaman

Surat Pengaduan Keterlambatan Pengiriman

CV. Joko Kirtoyadi

Jl. Apel No. 94

Bekasi

Bekasi, 1 Januari 2012

Nomor: 189/OP/N/2012

Perihal: Pengaduan Keterlambatan Pengiriman

Kepada

PT. Gonald

Jl. Anggur No. 56

Bekasi

Dengan hormat,

Berdasarkan surat konfirmasi pengiriman No. 25/QR/IIV/21 tanggal 25 Desember 2011 yang menerangkan bahwa barang pesanan kami telah dikirim pada tanggal 23 Desember 2011, akan tetapi kami belum menerima barang tersebut hingga sekarang.

Apabila barang pesanan kami belum juga sampai pada minggu ini maka kami akan membatalkan pesanan tersebut, dan uang muka yang telah kami bayar mohon dikembalikan sebesar 100 persen.

Atas perhatian saudara, kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

CV. Joko Kirtoyadi

 

Joko Karyono

Pemilik

4 dari 6 halaman

Surat Pengaduan Masyarakat

Kepada Yth,

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat

Kota Bekasi

Perihal: Pengaduan masyarakat dan aspirasi

Dengan hormat,

Salam sejahtera untuk kita sekalian, teriring doa semoga kita semua selalu sehat walafiat dan senantiasa dalam lindungan Allah Swt. Dalam melaksanakan tugas dan aktivitas keseharian kita, amin.

Sehubungan dengan pengambil alihan lahan masyarakat menjadi lahan hutan tanaman industri, kami tidak akan keberatan, akan tetapi yang menjadi pertanyaan dan juga sebagai aduan adalah proses atau realisasi pembayaran lahan sudah tidak sesuai dengan hasil sosialisasi yang dilakukan oleh pihak perusahaan yang mengelola hutan tanaman industri.

Pada saat sosialisasi yang disampaikan adalah bahwa setiap lahan masyarakat yang masuk pada kawasan hutan tanaman industri akan dihargai dengan uang sebesar Rp450.000 per hektarnya.

Akan tetapi, pada proses pembayaran, pihak perusahaan hanya membayar lahan masyarakat  termasuk lahan saya sekitar sembilan hektar saja dari total lahan milik saya sebanyak 23,5 hektar. Luas lahan yang sudah digelapkan adalah sebesar 14,5 hektar.

Berdasarkan permasalahan tersebut, saya sekaligus warga desa telah merasa sudah ditipu dan merugikan banyak pihak.

Dalam hal ini, kami merasa sudah ditipu dan diambil harta kami oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Oleh sebab itu, dengan kami mengadu kepada Dewan Perwakilan Rakyat semoga bisa mendapatkan kembali hak kami yang telah dipenuhi oleh perusahaan hutan tanaman industri.

Demikian aspirasi dan aduan kami, atas perhatian bapak Dewan Perwakilan Rakyat, kami ucapkan terima kasih.

 

Dengan Hormat,

Joko Riski

 

Kepala Desa

5 dari 6 halaman

Surat Pengaduan Pembatalan Berkas

CV. Joko Kanvas

Jl. Dukuh No. 63

Bekasi

Bekasi, 1 Januari 2012

Nomor: 189/OP/N/2012

Perihal: Pengaduan Pembatalan Berkas

Kepada

PT. Proyektil

Jl. Nanas No. 56

Bekasi

Dengan hormat,

Dengan adanya cyber crime yang sedang marak-maraknya saat ini, kami selaku pihak CV. Joko Kanvas dengan berat hati akan menunda pengiriman berkas atau bahkan bisa saja kami membatalkannya.

Semoga dengan adanya musibah ini, kedua perusahaan dapat bekerja sama kembali. Hal ini sangat disayangkan bagi kedua belah pihak, tetapi untuk menguranginya adanya tindak kejahatan dunia maya, kami akan menahannya sementara hingga waktu telah pulih kembali.

Selaku pihak CV. Joko Kanvas, kami mengucapkan permohonan maaf sebesarnya.

Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.

 

Hormat kami,

CV. Joko Kanvas

 

Joko Winoto

Pemilik

6 dari 6 halaman

Surat Pengaduan Kerusakan Barang

PT GRAPINDO DEVELOPER

Jl. Soekarno-Hatta no. 110, Jakarta Selatan

Website: www.grapindodeveloper.com

Email: info@grapindodeveloper.com

Jakarta, 09 Agustus 2019

Nomor: 60/GD/SPK/VIII/2019

Perihal: Pengaduan kerusakan barang yang baru dikirim

Lampiran: 1 (satu) lembar

PT Bangun Jaya

Jalan Kalimaya Kencana no. 98

Jakarta

Dengan hormat,

Sehubungan dengan datangnya surat ini, kami ingin mengajukan klaim mengenai pengiriman barang dengan invoice pembelian TBBJ/VIII/786/2019, dengan perincian barang seperti berikut:

  • 20.000 batu bata
  • 300 sak semen merk batubara
  • Dan, beberapa material besi lainnya

Barang tersebut telah kami terima dengan lengkap dan kami ucapkan terima kasih atas pelayanannya yang terbaik. Namun, ketika barang kami periksa kembali, kami mendapatkan banyak kerusakan serta kesalahan pengiriman.

Kami mengerti pengiriman kali ini agak terlambat karena beberapa kesalahan teknis. Namun, kerusakan barang bukanlah hal yang bisa kami toleransi. Berikut ini beberapa daftar kerusakan barang yang kami maksud:

  • 20. 000 batu bata sudah dalam keadaan retak dan beberapa banyak yang pecah serta rusak.
  • 50 sak semen dalam keadaan rusak.
  • Material-material besi yang diantar semuanya dalam keadaan berkarat dan tidak layak pakai.

Dengan demikian, kami meminta kebijaksanaannya untuk mengganti barang yang rusak tersebut dengan barang yang baru dan berkondisi baik. Namun, jika perusahan tidak dapat mengirimkan barang yang dimaksud dalam jangka waktu seminggu maka:

Kami meminta uang DP yang sudah kami berikan untuk dikembalikan secara utuh serta surat permohonan pengaduan ini akan kami abaikan. Untuk pemecahan masalah ini sudah ada di dalam kesepakatan bersama kita.

Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih dan semoga pengaduan ini dapat diproses.

 

Hormat kami,

Grapindo Developer

 

Noel Anderson

Direktur

 

Sumber: Catilmu, Lezgetreal

Dapatkan artikel contoh berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer