Sukses


Mengenal Apa Itu AI (Artificial Intelligence), Jenis, dan Manfaatnya di Berbagai Bidang

Bola.com, Jakarta - AI (Artificial Intelligence) adalah sebuah simulasi proses kecerdasan manusia yang diterapkan pada mesin, terutama sistem komputer.

AI atau kecerdasan buatan dikenal sebagai teknologi yang memiliki potensi besar untuk mengubah kehidupan manusia di masa depan.

Secara umum, AI merujuk pada program komputer yang dirancang untuk meniru kecerdasan manusia, termasuk kemampuan pengambilan keputusan, logika, dan karakteristik kecerdasan lainnya.

Adanya AI, bisa membuat pekerjaan atau tugas-tugas yang dilakukan menjadi lebih mudah dan efisien. Selain menghemat tenaga, adanya AI turut menghemat waktu serta biaya dalam pengerjaan suatu tugas.

Itulah sedikit penjelasan tentang apa itu AI. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa memahami penjelasan tentang AI, mulai jenis dan manfaatnya di berbagai bidang di bawah ini.

Berikut ini penjelasan tentang AI (Artificial Intelligence), jenis dan manfaatnya di berbagai bidang yang perlu dipahami, dilansir dari ditsmp.kemdikbud.go.id, Senin (12/6/2023). 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Mengenal Apa Itu AI (Artificial Intelligence)

Ilmuwan komputer, Professor John McCarthy, diketahui sebagai tokoh yang memperkenalkan konsep AI pada 1956. Saat ini, AI telah banyak digunakan di berbagai aplikasi seperti search engine, asisten virtual seperti Siri, Google Assistant, dan Cortana.

Selain itu, pengembangan AI telah mencapai tingkat yang mengagumkan, satu di antaranya adalah penggunaannya dalam kendaraan otonom (self-drive) yang memungkinkan kendaraan melaju dengan sendirinya tanpa campur tangan manusia.

Selain penggunaan tersebut, AI memiliki potensi besar untuk memajukan bidang-bidang lain seperti bidang pendidikan, kesehatan, ketahanan pangan, dan reformasi birokrasi.

Kita perlu mempelajari lebih lanjut tentang teknologi ini agar bisa memanfaatkannya dalam kegiatan sehari-hari seperti belajar, bekerja, berkomunikasi, dan lain sebagainya. Jangan lewatkan kesempatan untuk meraih manfaat dari kemajuan teknologi yang makin pesat ini.

3 dari 5 halaman

Jenis Teknologi AI

Teknologi AI dapat dikategorikan menjadi empat jenis, berikut penjelasan lengkapnya:

1. Mesin reaktif

Sistem AI tidak memiliki memori dan spesifik tugas. Contohnya adalah Deep Blue, program catur IBM yang mengalahkan Garry Kasparov pada 1990-an.

Deep Blue dapat mengidentifikasi bidak di papan catur dan membuat prediksi, tetapi karena tidak memiliki memori, ia tidak dapat menggunakan pengalaman masa lalu untuk menginformasikan masa depan.

2. Memori terbatas 

Sistem AI ini memiliki memori sehingga mereka dapat menggunakan pengalaman masa lalu untuk menginformasikan keputusan di masa depan. Beberapa fungsi pengambilan keputusan pada mobil self-driving dirancang dengan cara ini.

3. Teori pikiran

Teori pikiran adalah istilah psikologi. Ketika diterapkan pada AI, berarti sistem tersebut akan memiliki kecerdasan sosial untuk memahami emosi.

Jenis AI ini akan dapat menyimpulkan niat manusia dan memprediksi perilaku, keterampilan yang diperlukan sistem AI untuk menjadi anggota integral dari tim manusia.

4. Kesadaran diri

Dalam kategori ini, sistem AI memiliki kesadaran diri, yang memberi mereka kesadaran. Mesin dengan kesadaran diri memahami keadaan mereka saat ini. Namun, AI jenis ini belum ada.

4 dari 5 halaman

Manfaat AI (Artificial Intelligence)

Artificial Intelligence (AI) di Dunia Pendidikan

Di dunia pendidikan penggunaan AI dapat membantu pelajar dalam mengontrol dan memantau pembelajaran mereka sendiri, memungkinkan mereka untuk hidup dan bekerja dengan baik serta mandiri di masa depan.

Selain itu kecerdasan artifisial di masa depan akan mengarah ke precision learning. Nantinya pembelajaran tidak hanya memperhitungkan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa, tetapi juga memperhitungkan behaviour atau kebiasaan siswa sehari-hari.

Artificial Intelligence (AI) di Bidang Kesehatan

Di bidang kesehatan, inovasi teknologi kecerdasan artifisial digunakan untuk mempercepat waktu pelayanan, memperluas jangkauan, dan penurunan biaya kesehatan.

Selain itu AI di bidang kesehatan memungkinkan pasien untuk mendapatkan pelayanan kesehatan tanpa harus mengunjungi langsung pusat kesehatan/dokter.

5 dari 5 halaman

Manfaat AI (Artificial Intelligence)

Artificial Intelligence (AI) di Bidang Ketahanan Pangan

Dalam bidang ketahanan pangan, kecerdasan buatan atau AI dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Satu di antara penggunaannya adalah melalui citra satelit untuk mengidentifikasi wilayah yang sudah terjangkau oleh listrik dan wilayah yang belum terjangkau.

Selain itu, AI dapat digunakan untuk mengidentifikasi jenis tanaman yang ditanam di suatu wilayah dan memprediksi hasil panen dari masing-masing tanaman tersebut.

Artificial Intelligence (AI) di Bidang Reformasi Birokrasi

Di bidang reformasi birokrasi, pemanfaatan AI satu di antaranya pengembangan ChatBot memungkinkan pelayanan komunikasi dua arah secara akurat dengan masyarakat selama 24 jam.

Hal ini dapat membantu meningkatkan efisiensi birokrasi serta mempermudah akses masyarakat dalam mendapatkan informasi atau layanan publik.

 

Sumber: ditsmp.kemdikbud.go.id

Baca artikel seputar edukasi lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer