Sukses


Macam-Macam Jenis Camera Angle dan Teknik Pengambilannya

Bola.com, Jakarta - Camera angle adalah satu di antara teknik yang pada biasanya sering diterapkan di dalam fotografi dan juga videografi.

Yang dimaksud dengan camera angle yang ada pada teknik pengambilan gambar, yaitu cara seseorang atau photographer untuk melihat sebuah objek foto melalui kamera yang ia pegang.

Penting untuk ketahui juga bahwa sudut kamera berkaitan dengan bagaimana seseorang tersebut terutama fotografer untuk melihat suatu objek foto. Kemudian seorang fotografer juga harus melihat bagaimana hasil akhir pada saat objek foto ataupun video yang diambil tersebut jadi.

Pemilihan sudut dengan tepat pada saat pengambilan gambar tentu akan dapat memunculkan kesan tertentu pada sebuah hasil foto ataupun video yang nantinya diambil.

Agar lebih paham, berikut penjelasan lebih lanjut tentang camera angle, dilansir dari laman Superpixel, Rabu (14/6/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Jenis Angle Kamera

1. Angle Kamera Subjektif

Angle kamera subjektif, merupakan suatu tindakan untuk mengabadikan sebuah momen ataupun tentang kejadian dari sudut pandang seseorang.

2. Angle Kamera Objektif

Angle kamera objektif, hal ini berfungsi untuk bisa memperlihatkan tentang suasana foto atau video yang sedang diambil dengan secara keseluruhan sehingga para penonton atau audiens ketika melihat foto atau video dapat mewakili perasaannya.

3. Angle Point of View

Angle point of view atau disingkat POV Angle memiliki fungsi untuk dapat memperlihatkan suatu objek dari sudut pandang berbeda, nantinya bisa terlihat seolah-olah ada akan ada lebih dari tiga orang yang sedang berbicara.

Jadi, semua perspektif yang ada di atas tersebut kembali lagi ke tujuan masing-masing dalam pengambilan video ataupun foto itu sendiri.

3 dari 4 halaman

Teknik Angle Kamera dalam Pengambilan Video

1. High Angle

High angle menjadi satu di antara teknik angle kamera yang harus kamu ketahui. Angle kamera seperti ini akan menangkap subjek atau gambar dari sudut yang lebih tinggi.

Untuk bisa melakukan teknik ini kamu membutuhkan bantuan alat lainnya yaitu seperti tangga, tripod ataupun crane sehingga kamera yang akan kamu gunakan bisa diletakkan lebih tinggi dari pada subjek tersebut.

Selain itu, manfaat untuk penggunaan sudut high angle ini yaitu agar objek foto atau video yang diambil bisa terlihat lebih kecil dari ukuran aslinya.

2. Low Angle

Selain high angle, ada pula low angle, merupakan sudut pandang yang diambil dari bawah. Jadi, kamera akan diletakkan di bawah subjek dan akan mengarah ke arah subjek.

Pengambilan teknik ini pada biasanya bisa memunculkan kesan megah yang terdapat pada hasil sebuah foto atau video.

4 dari 4 halaman

Teknik Angle Kamera dalam Pengambilan Video

3. Bird's Eye View

Berikutnya ada juga bird's eye view. Angle ini meminjam perspektif burung. Maksudnya yaitu dengan adanya sudut pandang seperti ini maka subjek yang akan diambil akan terlihat lebih kecil di antara latar.

Angle kamera seperti ini cocok digunakan terutama menggambarkan gerak gerik dari sang karakter. Tidak hanya itu saja, angle tersebut dapat digunakan untuk menggambarkan posisi subjek atau karakter di dalam sebuah latar tempat.

Dengan menerapkan angle kamera seperti ini akan menjadikan penonton atau audiens seperti pengamat yang memang sedang memperhatikan gerak-gerik dari suatu subjek.

4. Frog's Eye View

Frog's eye view ini merupakan kebalikan dari bird's eye view. Kamera nantinya akan diletakkan pada sudut pandang yang lebih rendah dan akan mengarah ke bagian subjek. Selain itu, sesuai namanya, sudut pengambilan dari gambar ini seolah-olah memang diambil dari sudut pandang katak.

Untuk efek yang diberikan, para penonton atau audiens yang melihat video tersebut akan merasakan subjek tersebut terlihat lebih besar, megah, dan dominan.

5. Eye Level

Eye level yakni kamera akan diletakkan sejajar dengan mata manusia. Angle kamera ini merupakan angle yang netral dan paling sering digunakan dalam pembuatan film atau video lainnya.

 

Sumber: Superpixel

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer