Sukses


18 Contoh Jargon yang Menarik Diketahui

Bola.com, Jakarta - Jargon adalah bahasa atau istilah khusus yang dipakai satu kelompok atau profesi tertentu, dan sering kali tidak terlalu dipahami oleh kelompok lain.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) versi daring, pengertian jargon adalah kosakata khusus yang digunakan dalam bidang kehidupan (lingkungan) tertentu.

Jargon sengaja dibuat untuk menyederhanakan bahasa sehingga dapat mengurangi terjadinya kesalahan dan kebingungan antaranggota kelompok.

Selain itu, jargon berfungsi sebagai alat komunikasi antaranggota kelompok untuk mengakrabkan diri dan menyalurkan emosi serta perasaan dalam suatu aktivitas.

Itulah sedikit pembahasan mengenai jargon. Untuk memudahkan kamu memahami apa itu jargon, kamu bisa menyimak contoh-contohnya yang bisa dijadikan bahan belajar.

Berikut ini 18 contoh jargon yang menarik diketahui, dikutip dari laman Ayo-berbahasa dan Senikomunikasi, Rabu (14/6/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Contoh Jargon yang Menarik Diketahui

1. Kejadian Luar Biasa (KLB) adalah istilah Kementerian Kesehatan.

2. Kereta Luar Biasa (KLB) adalah istilah di PT Kereta Api.

3. Peserta Didik adalah istilah yang dipopulerkan Kementerian Pendidikan.

4. Penyidikan dan Penyelidikan adalah dua hal berbeda dalam istilah hukum, kalangan polisi, jaksa.

5. SP adalah Sales Promotion, bisa juga Surat Peringatan.

6. UKM adalah Unit Kegiatan Mahasiswa, tetapi bisa juga Usaha Kecil Menengah.

3 dari 4 halaman

Contoh Jargon yang Menarik Diketahui

7. Due diligence adalah istilah yang mengacu pada penelitian yang harus dilakukan sebelum membuat keputusan bisnis yang penting.

8. AWOL, singkatan dari absent lithout leave (absen tanpa cuti), tetapi bisa juga istilah yang digunakan militer untuk menggambarkan seseorang yang keberadaannya tidak diketahui.

9. Hard copy adalah istilah dalam bisnis, akademisi, dan bidang lainnya. Hard copy adalah cetakan fisik dokumen (sebagai lawan dari salinan elektronik).

10. Cache adalah istilah dalam komputasi. Cache merujuk ke tempat penyimpanan memori temporary (jangka pendek).

11. Dek adalah istilah dalam jurnalisme untuk subjudul. Biasanya berupa satu atau dua kalimat yang menyediakan ringkasan singkat dari artikel berikut.

12. Stat adalah istilah yang biasanya digunakan dalam konteks medis, yang berarti "segera". Misal "Hubungi dokter, stat!"

4 dari 4 halaman

Contoh Jargon yang Menarik Dipelajari

13. Phospholipid bilayer adalah istilah kompleks untuk lapisan molekul lemak yang mengelilingi sel dalam bidang kedokteran.

14. Detritivore merupakan istilah organisme yang memakan detritus, atau benda mati. Contoh detritivora termasuk cacing tanah, teripang, dan kaki seribu.

15. Holistik adalah istilah untuk "komprehensif" atau "lengkap". Holistik sering digunakan oleh para profesional pendidikan sehubungan dengan kurikulum yang berfokus pada pembelajaran sosial dan emosional sebagai tambahan untuk pelajaran tradisional.

16. Magic bullet adalah istilah untuk solusi sederhana yang memecahkan masalah yang kompleks. Biasanya digunakan untuk mengejek.

17. Best practice adalah istilah dalam bisnis. Best practice (praktik terbaik) adalah hal yang harus diadopsi karena telah terbukti efektif.

18. Check-out adalah istilah dalam dunia e-commerce yang digunakan untuk menggambarkan telah terjadinya transaksi penjualan.

 

Sumber: Ayo-berbahasa, Senikomunikasi

Dapatkan artikel contoh berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer