Sukses


Bacaan Doa Penutup Acara yang Bisa Dipanjatkan Umat Muslim

Bola.com, Jakarta - Bacaan doa pembuka dan penutup acara biasanya dibaca oleh pemimpin doa. Saat mengisi suatu acara, pastinya akan memulainya dengan doa pembuka terlebih dahulu.

Kemudian setelah selesai juga harus diakhiri dengan membaca doa. Hal itu sebagaimana yang disunahkan oleh Nabi Muhammad saw. untuk membaca bacaan doa pembuka dan penutup acara.

Dengan membaca doa pembuka dan penutup, harapannya acara diberi kelancaran dan dilimpahi keberkahan oleh Allah Swt.

Maka itu, membaca doa pembuka dan penutup seharusnya dijadikan kebiasaan dalam suatu acara. Lantas, bagaimana bacaan doa pembuka dan penutup acara?

Berikut ini bacaan doa pembuka dan penutup acara lengkap beserta artinya, dilansir dari jatimulyo.kec-petanahan.kebumenkab.go.id, Kamis (15/6/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Bacaan Doa Pembuka Acara

Alhamdulillahi rabbil’aalamiin, wash-sholaatu wassalaamu ‘ala isyrofil anbiyaa i walmursaliin, wa’alaa alihi washohbihii ajma’iin ammaba’adu.

Artinya: Segala puji bagi Yang Mahakuasa Tuhan Seluruh Alam. Semoga selawat dan keselamatan tercurahkan selalu kepada Nabi dan Rasul termulia, keluarga dan sahabat-sahabatnya.

3 dari 4 halaman

Pembuka Doa saat Rapat

Biasanya pembuka doa saat rapat lebih pendek. Berikut bacaan pembuka doa saat acara rapat:

Alhamdulillahi wash-sholatu wassalaamu ‘alaa rosuulillahi sayyidinaa wamaulaanaa muhammadibni abdillahi amma ba’duhu.

Artinya: Puji syukur kepada Allah, doa salawat serta keselamatan agar selalu dicurahkan kepada rasulullah junjungan dan pembimbing kita, Nabi Muhammad bin Abdillah.

4 dari 4 halaman

Doa Penutup Acara

Setelah selesai acara, umat muslim juga dianjurkan untuk membaca doa penutup. Hal ini bertujuan agar acara yang telah diselenggarakan dapat membawa manfaat dan berkah bagi para jamaah.

Adapaun bacaan doa penutup acara adalah seperti berikut:

Bismallahirahmanirahim, Alhamdulillahirabbil'alamin, hamdan yuwafi nikmahu Ya rabbana walakal hamdu, walaka syukru Allahumma shalli ala Muhammadin fil awwalina wal akhirin. Subhaanakallaahumma wa bihamdika asyhadu allaa ilaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika. Rabbana atina fiddunya hasanah wa fil akhirati hasanah wa gina 'adzaban naar Alhamdulillahrabbil alamin.

Artinya:

"Ya Allah Tuhan Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang. Puji dan syukur kami panjatkan kepadamu Ya Allah, atas segala rahmat dan nikmat-Mu. Maha Suci Allah dan segala puji bagi Allah Swt., aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah, aku memohon ampunan dan bertobat hanya kepada-Mu. Ya Tuhan kami, karuniakanlah kami kebahagiaan di dunia dan di akhirat kelak, hindarkanlah kami dari azab api neraka."

 

Sumber: jatimulyo.kec-petanahan.kebumenkab.go.id

Baca artikel seputar doa lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer