Sukses


Bacaan Doa agar Keluarga Sakinah Mawadah Warahmah dalam Tulisan Arab dan Latin

Bola.com, Jakarta - Bacaan doa keluarga sakinah mawadah warahmah berisi permohonan kepada Allah Swt. agar sebuah keluarga senantiasa diberi keharmonisan, kasih sayang, dan kelanggengan.

Pernikahan merupakan momen membahagiakan bagi tiap pasangan dan orang-orang di sekitarnya. Momen bahagia tersebut tentu tak bisa begitu saja berlalu tanpa mengucapkan segenap doa dan pengharapan.

Doa agar keluarga sakinah mawaddah warahmah dipanjatkan untuk pasangan yang baru menikah maupun keluarga yang sudah lama menikah.

Dengan membaca doa keluarga sakinah mawaddah warahmah, kita turut mendoakan agar rumah tangga sendiri maupun orang lain menjadi sakinah, mawadah dan warahmah.

Maka itu, umat muslim perlu mengetahui dan mengamalkan doa agar keluarga sakinah mawadah marahmah. Bagaimanan bacaan doanya?

Berikut ini bacaan doa agar keluarga sakinah mawadah warahmah yang perlu diketahui, disadur dari Dream, Jumat (16/6/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Doa Keluarga Sakinah Mawaddah Warahmah

Mengutip dari Kitab Al-Adzkar al-Muntakhabah min Kalami Sayyid al-Abrar karya Muhyiddin Abu Zakaria Yahya bin Syaraf al-Nawawi al-Dimasyqi, ada doa untuk pengantin baru yang sepatutnya kita ucapkan bagi pasangan mempelai yang baru saja melangsungkan akad nikah.

Doa ini dibaca dengan tujuan agar pengantin menjadi keluarga yang sakinah mawaddah warahmah.

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِيْ خَيْرٍ. بَارَكَ اللهُ لِكُلِّ وَاحِدٍ مِنْكُمَا فِيْ صَاحِبِهِ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِيْ خَيْرٍ

Baarakallahu laka wa jama’a bainakuma fi khairin. Baarakallahu likulli wahidin minkuma fi shahibihi wa jama’a bainakuma fi khairin.

Artinya:

"Berkah Allah (semoga tercurahkan) bagimu. Dan (semoga) Allah mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan. Berkah Allah (semoga tercurahkan) bagi masing-masing kalian berdua atas pasangannya, dan (semoga) Allah mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan." 

3 dari 3 halaman

Doa untuk Pengantin Baru

Saat akad nikah biasanya disaksikan oleh orang-orang terdekat. Kemudian saat menghadiri akad nikah, sebaiknya para tamu mengucapkan doa untuk pengantin baru.

Bagi mempelai pengantin juga perlu mengucapkan doa sebagai rasa syukur karena diberi kesempatan untuk menyempurnakan ibadahnya.

Berikut doa yang dianjurkan dibaca oleh mempelai laki-laki sambil memegang ubun-ubun mempelai perempuan setelah akad nikah:

Allahumma inni as’aluka min khoirihaa wa khoirimaa jabaltahaa ‘alaih. Wa a’udzubika min syarrihaa wa syarrimaa jabaltaha ‘alaih.

Artinya:

"Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu kebaikan dirinya dan kebaikan yang Engkau tentukan atas dirinya. Dan Aku berlindung kepada-Mu dari kejelekannya dan kejelekan yang Engkau tetapkan atas dirinya."

Doa untuk pengantin baru setelah akad nikah ini sesuai sabda Rasulullah saw.:

"Jika dari kalian menikahi seorang wanita, maka ucapkanlah: 'Ya Allah sungguh aku meminta kepada-Mu kebaikannya dan kebaikan yang Engkau ciptakan atasnya dan aku berlindung kepada-Mu dari kejelekannya dan kejelekan apa yang Enkau ciptakan atasnya'. Dan bila seseorang membeli unta, maka peganglah ubun-ubunnya dan ucapkanlah seperti itu." (HR. Abu Dawud, Ibnu Majah)

 

Disadur dari: Dream.co.id (Reporter : Arini Saadah. Published: 24/1/2023).

Baca artikel seputar bacaan doa lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer