Sukses


Bacaan Doa Nabi Sulaiman a.s. yang Bisa Diamalkan Umat Muslim

Bola.com, Jakarta - Di dalam ajaran Islam, satu di antara nabi yang wajib diimani umat muslim adalah Nabi Sulaiman a.s. Nabi Sulaiman a.s. merupakan nabi yang dianugerahi mukjizat mampu berbicara dengan hewan.

Tak hanya bisa berbicara dengan hewan, Nabi Sulaiman a.s. dikenal sebagai nabi yang paling kaya raya dengan harta yang berlimpah.

Nabi Sulaiman a.s. memiliki istana yang megah dan mempunyai banyak sekali pekerja yang dapat membangun apa saja yang dikehendakinya.

Dikisahkan bahwa pekerja Nabi Sulaiman a.s. di antaranya merupakan bangsa jin. Hal ini tertuang dalam Al-Qur'an surah Saba ayat 12.

Di sisi lain, Nabi Sulaiman a.s. dikenal juga sebagai raja yang menguasai beberapa negara dan memiliki pasukan dari berbagai jenis makhluk yang tidak dimiliki oleh siapa pun.

Meski mendapat banyak anugerah dari Allah Swt. berupa rezeki yang berlimpah dan kekuasaan, tidak membuat Nabi Sulaiman a.s. sombong maupun serakah.

Bahkan, apa yang dimilikinya tersebut membuat Nabi Sulaiman a.s. lebih bersyukur atas nikmat yang dianugerahkan oleh Allah Swt. kepadanya.

Berikut ini bacaan doa Nabi Sulaiman a.s. yang bisa diamalkan di kehidupan sehari-hari, dikutip dari laman Balitteknologikaret dan Thegorbalsla, Kamis (22/6/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Bacaan Doa Nabi Sulaiman a.s. untuk Kekayaan

رَبِّ اغْفِرْ لِي وَهَبْ لِي مُلْكًا لَا يَنْبَغِي لِأَحَدٍ مِنْ بَعْدِي إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ

"Rabbi ighfir lii wahab lii mulkan laa yanbaghii li-ahadin min ba'dii innaka anta lwahhaab."

Artinya: "Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak patut (dimiliki) oleh seorang pun sesudahku. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pemberi."

3 dari 6 halaman

Bacaan Doa Nabi Sulaiman a.s. untuk Menjinakkan Hewan

بِسْمِ اللهِ الرَّ حْمَنِ الرَّ حِيْمِ , اَلَّا تَعْلُوا عَلَىَّ وَاْتُونِى مُسْلِمِيْنَ

"Bismillah hirrahmani rahiim, allaa ta’luu alayya wa’tuunii muslimin."

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Bahwa janganlah kamu berlaku sombong kepadaku dan datanglah kepadaku sebagai orang-orang yang berserah diri.”

4 dari 6 halaman

Bacaan Doa Nabi Sulaiman a.s. untuk Mengusir Jin

يَعْمَلُونَ لَهُۥ مَا يَشَآءُ مِن مَّحَٰرِيبَ وَتَمَٰثِيلَ وَجِفَانٍ كَٱلْجَوَابِ وَقُدُورٍ رَّاسِيَٰتٍ ۚ ٱعْمَلُوٓا۟ ءَالَ دَاوُۥدَ شُكْرًا ۚ وَقَلِيلٌ مِّنْ عِبَادِىَ ٱلشَّكُورُ

"Ya’maluna lahu ma yasyaú mim mahariba wa tamasila wa jifaning kaljawabi wa qudurir rasiyat, I malu ala dawuda syukra, wa qalilum min ‘ibadiyasy-syakur."

Artinya: “Para jin itu membuat untuk Sulaiman apa yang dikehendakinya dari gedung-gedung yang tinggi dan patung-patung dan piring-piring yang (besarnya) seperti kolam dan periuk yang tetap (berada di atas tungku). Bekerjalah hai keluarga Daud untuk bersyukur (kepada Allah). Dan Sedikit sekali dari hamba-hamba-Ku yang berterima kasih.”

5 dari 6 halaman

Bacaan Doa Nabi Sulaiman a.s. untuk Meluluhkan Hati Seseorang

اِنَّهٗ مِنۡ سُلَيۡمٰنَ وَاِنَّهٗ بِسۡمِ اللّٰهِ الرَّحۡمٰنِ الرَّحِيۡمِۙ

"Innahuu min sulaimaana wa innahuu bismil laahir rahmaanir rahiim."

Artinya: “Sesungguhnya (surat) itu dari Sulaiman yang isinya, “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.”

6 dari 6 halaman

Bacaan Doa Nabi Sulaiman a.s. untuk Mengucap Syukur

وَلَقَدْ اٰتَيْنَا دَاوٗدَ وَسُلَيْمٰنَ عِلْمًاۗ وَقَالَا الْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْ فَضَّلَنَا عَلٰى كَثِيْرٍ مِّنْ عِبَادِهِ الْمُؤْمِنِيْنَ

"Wa laqad ātainā dāwụda wa sulaimāna ‘ilmā, wa qālal-ḥamdu lillāhillażī faḍḍalanā ‘alā kaṡīrim min ‘ibādihil-mu`minīn."

Artinya: “Dan sesungguhnya Kami telah memberi ilmu kepada Daud dan Sulaiman; dan keduanya mengucapkan: ‘Segala puji bagi Allah yang melebihkan kami dari kebanyakan hamba-hambanya yang beriman.”

 

Sumber: Balitteknologikaret, Thegorbalsla

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer