Sukses


Manfaat Agribisnis dalam Kehidupan Sehari-hari

Bola.com, Jakarta - Agribisnis adalah usaha yang bergerak di bidang pertanian, terutama dalam hal penyediaan pangan. Agribisnis berasal dari kata "agri", singkatan dari agrikultur berarti pertanian, dan "bisnis", artinya usaha.

Prospek agribisnis di Indonesia terbilang menjanjikan karena wilayah dan bentang alam Indonesia cukup bersahabat.

Di Indonesia banyak ditemukan tanah subur, curah hujan dan iklim yang mendukung produktivitas pertanian. Ada pula energi matahari yang membantu kegiatan pertanian, serta sarana irigasi yang memadai.

Selain itu, perkembangan teknologi di bidang pertanian membuat prospek agribisnis makin besar. Dukungan alat-alat pertanian yang makin canggih tersebut mengakibatkan produktivitas pertanian berjalan secara efektif dan efisien.

Agar lebih paham lagi, berikut penjelasan lebih lanjut tentang manfaat agribisnis, dilansir dari laman uniska-bjm.ac.id, Selasa (27/6/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 2 halaman

Manfaat Membuka Agribisnis

Berbisnis sambil Melestarikan Alam

Kamu bisa berbisnis sambil melestarikan alam. Dalam menjalankan usaha pertanian akan melibatkan banyak proses alam, mulai pengolahan tanah subur, penggunaan sistem irigasi, pemanfaatan sinar matahari dan hujan. Hal-hal tersebut merupakan satu di antara cara melestarikan alam.

Membantu Memberdayakan Masyarakat Menengah Ke Bawah

Manfaat agribisnis yang kedua adalah membantu memberdayakan masyarakat menengah ke bawah. Bisnis pertanian banyak dilakukan di lingkungan pedesaan karena kesesuaian ekosistemnya.

Dengan mendirikan agribisnis di desa, kamu telah memberdayakan masyarakat di desa yang notabene kelas menengah ke bawah melalui penyediaan lapangan kerja.

Potensi Keuntungan Jangka Panjang

Manfaat agribisnis berikutnya adalah usaha ini berpotensi menghasilkan keuntungan jangka panjang. Lantaran proses bercocok tanam dan bertani memerlukan waktu yang lama, usaha ini bisa dijadikan sebagai investasi jangka panjang. Prosesnya yang lama akan menghasilkan keuntungan berlipat.

Opsi Bisnis Sangat Banyak

Agribisnis dapat dijadikan sebagai opsi bisnis yang sangat banyak, terutama di masa depan. Makin maju teknologinya, akan makin banyak peluang usaha agribisnis yang berkembang.

 

Sumber: uniska-bjm.ac.id

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer