Sukses


Daftar Sayur dan Buah yang Bisa Dimakan dengan Kulitnya

Bola.com, Jakarta - Ketika kita memikirkan sayur dan buah, kebanyakan dari kita terbiasa mengupas kulitnya sebelum mengonsumsinya. Namun, tidak semua sayur dan buah memerlukan proses pengupasan, bahkan ada beberapa yang justru lebih baik dan lebih sehat jika dimakan dengan kulitnya.

Makan sayur dan buah dengan kulitnya dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Kulit sayur dan buah mengandung serat, vitamin, mineral, dan antioksidan yang penting bagi tubuh kita.

Dengan mengonsumsi kulitnya, kita dapat memperoleh nutrisi tambahan yang tidak ada dalam daging sayur atau buah itu sendiri.

Namun, perlu diingat bahwa tidak semua sayur dan buah dapat dimakan dengan kulitnya. Ada beberapa yang memiliki kulit yang keras, berduri, atau sulit dicerna oleh tubuh.

Maka itu, penting untuk menggunakan pertimbangan dan pengetahuan yang baik dalam memutuskan apakah suatu sayur atau buah aman untuk dimakan dengan kulitnya atau tidak.

Lantas, sayur dan buah apa saja yang bisa dikonsumsi bersamaan dengan kulitnya?

Berikut daftar sayur dan buah yang bisa dimakan dengan kulitnya, seperti disadur dari Klikdokter, Sabtu (8/7/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Sayur dan Buah Ini Bisa Dimakan dengan Kulitnya

1. Kentang

Kebanyakan orang membuang kulit kentang sebelum mengolahnya menjadi perkedel atau sambal kentang. Padahal, kentang adalah sayuran yang tidak perlu dikupas dan bisa kamu makan dengan kulitnya.

Konsumsi kentang dengan kulitnya bisa menjaga kandungan beberapa mineral tidak hilang. Kulit kentang mengandung serat, vitamin B, vitamin C, kalium, kalsium, dan zat besi. Bila bagian kulitnya ini terbuang, tentu nutrisi yang kamu dapat jadi tidak utuh.

Memang, kulit kentang dibuang karena kondisinya yang sering kali kotor. Meski begitu, kamu tetap bisa mengonsumsinya dengan aman. Bersihkan kentang dengan air lebih dahulu. Bila perlu, gosok-gosok bagian kulitnya dan cara masaknya bisa dipanggang.

2. Terong

Selain kentang, buah dan sayur yang bisa dimakan kulit luarnya adalah terong. Kulit terong yang berwarna lebih gelap, seperti terong ungu, memiliki nutrisi yang lebih tinggi ketimbang terong putih.

Bagian kulit yang gelap mengandung antioksidan kuat yang disebut nasunin. Di dalam tubuh, nasunin bisa membantu mencegah kerusakan sel-sel. 

3. Apel

Sama seperti kentang, apel sebaiknya dimakan dengan kulitnya karena di bagian kulitnya itu ada banyak serat yang penting untuk sistem pencernaan.

Menariknya, kandungan serat dan vitamin lebih banyak ditemukan pada kulit dibanding daging buah apel. Selain menyehatkan sistem pencernaan, serat juga bisa mencegah penumpukan plak di pembuluh darah.

Quercetin, yakni antioksidan yang ada pada kulit apel, juga membantu kinerja otak dan paru-paru secara optimal.

3 dari 5 halaman

Sayur dan Buah Ini Bisa Dimakan dengan Kulitnya

4. Ubi Jalar

Makanan yang satu ini populer sebagai pengganti nasi saat menjalani diet. Pasalnya, ubi kaya serat, tetapi rendah gula sehingga bisa membuat perut kenyang lebih lama. Manfaatnya ini ternyata lebih optimal jika kamu konsumsi bersamaan dengan kulit luarnya.

Dalam ubi jalar terkandung vitamin C, kalium, dan betakaroten. Adapun pada ubi jalar ungu terdapat senyawa antosianin yang berperan sebagai antioksidan.

5. Mentimun

Selanjutnya, pilihan buah dan sayur yang bisa dimakan dengan kulit luarnya adalah mentimun. Buah yang umumnya dinikmati sebagai lalapan ini sebagian besar nutrisinya ada pada bagian kulit yang berwarna hijau.

Pada kulitnya, terdapat kalium yang membantu mengendalikan tekanan darah. Selain itu, ada vitamin K yang mendukung kesehatan tulang dan membantu proses pembekuan darah.

6. Wortel

Saat mengolah wortel, kebanyakan orang mengupas bagian kulitnya. Ketimbang kamu buang, sebaiknya kamu cuci wortel dengan air sampai bagian kulitnya terlihat bersih. Setelahnya, wortel bisa kamu konsumsi.

Selain tidak perlu repot mengupas, makan wortel dengan kulitnya memberi asupan vitamin C dan niasin (vitamin B3) lebih lengkap. Zat gizi ini bisa membantu meningkatkan sistem imun dan mengendalikan kadar kolesterol tubuh.

4 dari 5 halaman

Sayur dan Buah Ini Bisa Dimakan dengan Kulitnya

7. Lobak

Sering disebut wortel putih, lobak mempunyai rasa yang kurang manis dan agak dingin. Biasanya, lobak diolah menjadi masakan tumis atau sayur bening. 

Jika bagian kulitnya cukup tipis, kamu bisa mengonsumsi lobak bersamaan dengan kulitnya. Lobak punya kandungan vitamin C yang bisa membantu penyembuhan luka.

8. Mangga

Deretan buah dan sayur yang bisa dimakan dengan kulit luarnya adalah mangga. Kulit mangga mengandung vitamin E , serat, dan polifenol yang baik untuk kesehatan tubuh sehingga sayang jika kamu lewatkan begitu saja.

Namun, kamu harus berhati-hati. Pada beberapa orang, kulit mangga yang mengandung urushiol bisa menyebabkan ruam gatal. Jadi, sebelum dikonsumsi, kamu perlu mencuci mangga hingga bersih. Pastikan juga kamu tidak memiliki alergi sebelum mengonsumsi buah ini.

9. Persik

Buah ini memang tidak sepopuler apel atau mangga, tetapi kamu tetap bisa menemukannya di swalayan. Walau agak susah ditemukan, persik termasuk buah yang tidak perlu dikupas.

Sebenarnya, tanpa dikupas pun rasa buah persik tetap enak dimakan. Apalagi pada kulitnya terdapat serat, vitamin A, dan antioksidan yang baik untuk kesehatan mata.

5 dari 5 halaman

Sayur dan Buah Ini Bisa Dimakan dengan Kulitnya

10. Kiwi

Buah kiwi bisa kamu makan tanpa atau dengan kulitnya. Memang bagian kulitnya ini terasa kasar dan keras, tetapi bagian ini mengandung banyak nutrisi.

Bila kamu menikmati buah kiwi dengan kulitnya, kamu akan mendapatkan asupan antioksidan dan vitamin C. Konsumsi makanan tinggi nutrisi ini secara rutin bisa menurunkan risiko kamu terkena penyakit kronis di kemudian hari.

11. Jeruk

Umumnya, untuk menikmati jeruk, bagian kulitnya dikupas dan dibuang. Hanya daging buahnya saja yang dimakan. Kenyataannya, kulit jeruk juga bisa kamu makan.

Namun, cara konsumsinya tidak langsung kamu makan begitu saja karena rasanya cukup pahit. Bagian kulitnya bisa kamu parut dan ditambahkan pada salad, yoghurt, es krim, atau kue yang kamu buat.

Di balik rasa pahitnya, kulit jeruk mengandung vitamin C dua kali lebih besar daripada daging buahnya. Di samping itu, terkandung juga vitamin B6, kalium, dan kalsium yang baik untuk fungsi tubuhmu.

12. Pisang

Makan daging buah pisang saja sudah memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Apalagi jika kamu makan bersama dengan kulitnya, nutrisi yang didapat jadi jauh lebih lengkap.

Dalam kulit pisang, terkandung kalium, asam amino, dan lutein. Ketiga zat gizi ini baik untuk kesehatan mata dan jantung. Rasa kulitnya yang pahit dengan tekstur tebal, tentu kurang nikmat bila kamu makan.

Tenang, kamu bisa mengakalinya dengan merebus kulitnya beberapa menit lalu memanggangnya. 

 

Sumber: Klikdokter.com (18/2/2023)

 Yuk, baca juga artikel daftar lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer