Sukses


9 Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan

Bola.com, Jakarta - Jambu biji, dengan keunikan bentuknya dan rasa yang segar, merupakan satu di antara buah tropis yang paling populer di dunia.

Namun, selain menjadi buah yang lezat dan menyegarkan, jambu biji memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa.

Ada dua jenis jambu biji, yakni yang daging buahnya berwarna merah dan putih. Seperti namanya, buah ini dipenuhi dengan biji. Namun, tidak seperti buah lainnya, biji dalam jambu ini dapat kamu makan.

Dalam pemanfaatannya, tanaman jambu biji tidak hanya bisa dimanfaatkan daging buahnya saja. Banyak orang juga memanfaatkan daunnya untuk dijadikan obat herbal.

Satu di antara manfaat utama jambu biji adalah kandungan seratnya yang tinggi. Serat membantu meningkatkan pencernaan, mencegah sembelit, dan menjaga kesehatan usus.

Selain itu, jambu biji mengandung vitamin C tinggi, yang berperan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari radikal bebas.

Berikut sembilan manfaat mengesankan jambu biji untuk kesehatan tubuh, seperti dikutip dari FoodNDTV, Sabtu (8/7/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Manfaat Mengesankan Jambu Biji untuk Kesehatan Tubuh

1. Menurunkan Risiko Kanker 

Jika gemar mengonsumsi jambu biji sebagai camilan sehat atau jus, kamu juga telah melakukan upaya menurunkan risiko terkena berbagai jenis penyakit kanker.

Jambu biji mengandung likopen, vitamin C, dan palifenol sebagai antioksidan kuat, yang dapat menetralkan radikal bebas dalam tubuh dan mencegah tumbuhnya sel kanker.

Jambu biji telah terbukti secara luas dapat menurunkan risiko terkena kanker prostat dan menghambat pertumbuhan sel kanker payudara.

2. Baik untuk Kesehatan Jantung

Mengonsumsi jambu biji secara teratur telah terbukti dapat menurunkan tekanan darah dan lemak darah, yang bermanfaat bagi kesehatan jantung.

Hal tersebut dapat terjadi karena jambu biji mengandung natrium dan kalium yang baik untuk tubuh. Kalium juga dapat menjaga dan mengatur detak jantung.

Jambu biji membantu menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol jahat (LDL), yang biasanya cukup memengaruhi keadaan kesehatan jantung.

3 dari 5 halaman

Manfaat Mengesankan Jambu Biji untuk Kesehatan Tubuh

3. Mengurangi Stres

Stres yang dialami terkadang dapat menghilangkan fokus dan memberikan efek yang buruk bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Dari banyak manfaat yang diberikan oleh jambu biji, satu di antaranya adalah dapat membantu melemaskan otot dan saraf.

Setelah kamu melewati hari yang cukup berat dan pekerjaan yang menumpuk, minumlah jus jambu atau mengonsumsinya sebagai camilan, dan rasakan manfaatnya.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Jika kamu sedang berusaha menurunkan berat badan, kamu dapat memasukkan jambu biji ke menu dietmu.

Tanpa mengurangi asupan vitamin, protein, dan serat, jambu biji dapat membantu menurunkan berat badan dengan cara mengatur sistem metabolisme tubuh.

Mengonsumi jambu biji, selain rasanya enak, juga dapat membuatmu merasa lebih cepat kenyang. Kandungan gula dalam jambu biji juga lebih sedikit daripada buah lainnya, seperti apel, anggur, dan jeruk.

4 dari 5 halaman

Manfaat Mengesankan Jambu Biji untuk Kesehatan Tubuh

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Buah jambu biji merupakan satu di antara sumber vitamin C. Kandungan vitamin C dalam jambu biji empat kali lipat lebih banyak daripada jeruk.

Vitamin C membantu meningkatkan kekebalan tubuh, melindungi dari infeksi, dan peradangan. Selain itu sifat antiinflamasi dalam jambu iji membantu kamu terhindar dari berbagai macam penyakit.

6. Meredakan Flu dan Batuk

Tidak hanya meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kandungan vitamin C dalam jambu biji bagus untuk meredakan batuk dan flu.

Kandungan ini bersifat antioksidan dan antibakteri, yang dapat membantu memecah lendir serta menghilangkan kuman yang bersarang pada tenggorokan dan sistem pernapasan.

Namun, tidak hanya dari buah, manfaat ini bisa kamu peroleh dengan mengonsumsi teh dari daun jambu biji.

5 dari 5 halaman

Manfaat Mengesankan Jambu Biji untuk Kesehatan Tubuh

7. Meningkatkan Penglihatan

Selain kaya akan vitamin C, jambu biji kaya kandungan vitamin A. Untuk menjaga kesehatan mata dan meningkatkan fungsinya, vitamin A menjadi asupan penting.

Selain itu, vitamin A dapat membantu menyehatkan kornea mata dan melindungi berbagai sel yang ada dalam mata. Hal tersebut dapat mencegah penurunan penglihatan dan meningkatkan penglihatan.

8. Menjaga Kesehatan Kulit

Jambu biji kaya antioksidan yang berguna untuk melindungi tubuh dari paparan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel dalam tubuh.

Kerusakan sel dapat menimbulkan tanda-tanda penuaan, seperti kulit kering, keriput, dan kulit yang kendor. Kandungan vitamin C yang ada dalam jambu biji membantu menjaga kesehatan kulit.

Vitamin C dalam jambu biji merangsang produksi kolagen dan elastin, dan merupakan protein struktural yang membantu menjaga kulit tetap kencang dan elastis.

9. Menurunkan Kadar Gula Darah

Buah jambu biji, baik merah maupun putih, memiliki khasiat menurunkan kadar gula darah sehingga buah ini baik untuk dikonsumsi penderita diabetes.

Hal ini karena jambu biji memiliki indeks glikemik yang rendah serta tinggi serat, yang dapat membantu mencegah lonjakan gula darah.

 

Sumber: FoodNDTV

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer