Sukses


8 Manfaat Es Batu untuk Wajah, Ketahui Cara Menggunakannya

Bola.com, Jakarta - Es batu merupakan bahan yang sering digunakan untuk jadi tambahan minuman agar terasa segar. Es batu ternyata tidak hanya berfungsi untuk menyegarkan minuman.

Es batu memiliki banyak manfaat yang bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Meski es batu tidak memiliki kandungan nutrisi apa pun, memiliki segudang manfaat untuk wajah.

Merawat kulit wajah memakai es batu bisa membuat kulit wajah makin halus, cantik, sehat, dan terlihat awet muda.

Adapun caranya, es batu tersebut ditaruh dalam sebuah kain atau plastik, lalu dioleskan serta dipijat ke area wajah. Hal itu bisa dilakukan pada malam hari sebelum tidur, untuk membantu menjaga kulit wajah.

Beberapa ahli pun menyarankan untuk menggunakan es batu untuk merawat wajah karena bisa mengatasi berbagai macam masalah kulit.

Berikut ini manfaat es batu untuk kulit wajah yang perlu diketahui, dilansir dari ners.unair.ac.id, Jumat (14/7/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Manfaat Es Batu untuk Wajah

1. Mengatasi jerawat

Es batu dapat meredakan radang jerawat dengan cara memakainya secara rutin. Pemakaiannya dengan cara dilapisi dengan handuk atau plastik. Minyak berlebih dari kulit wajah yang menjadi penyebab utama jerawat.

2. Membersihkan pori-pori wajah

Saat kita beraktivitas di luar maupun dalam rumah, banyak polusi dan debu mengenai wajah kita. Kotoran tersebut akan menjdi tumpukan sel kulit mati dan dapat meyumbat pori pori wajah sehingga menyebabkan berbagai gangguan pada kulit misalnya jerawat, kemerah merahan, kusam, dan lain-lain.

Satu di antara manfaat mengolesi wajah dengan es batu sebelum tidur adalah untuk membersihkan kulit wajah hingga ke dalam pori-pori. Wajah pun akan terlihat sehat, halus, dan lebih bercahaya.

3 dari 5 halaman

Manfaat Es Batu untuk Wajah

3. Mencerahkan dan meremajakan kulit wajah

Pijatan yang dilakukan dengan es batu juga dianggap bisa meredakan stres pada kulit wajah sehingga berfungsi untuk meremajakan kulit. Hal ini akan membuat wajah tampak lebih muda dan cerah secara alami.

4. Menyamarkan kerutan

Makin bertambahnya usia, kerutan di muka akan sedikit demi sedikit mulai tampak. Selain faktor usia, kerutan dapat terjadi akibat sinar matahari yang menyengat, polusi udara, merokok, dehidrasi dan faktor lainnya.

Keriput memang tidak bisa dihindari seiring bertambahnya usia. Namun, bukan berarti masalah ini tidak bisa ditunda kemunculannya.

Satu di antara manfaat es batu untuk wajah sebelum tidur adalah menyamarkan dan menghilangkan kerutan sekaligus mencegah munculnya kerutan baru.

4 dari 5 halaman

Manfaat Es Batu untuk Wajah

5. Menghilangkan rambut wajah

Memiliki rambut wajah bisa jadi hal mengganggu bagi wanita. Facial es batu bisa membantu menyingkirkan rambut-rambut halus pada wajah.

6. Mengontrol minyak berlebih

Wajah yang berminyak dapat membuat seseorang terlihat kusam, tidak fresh, dan kelihatan lebih tua. Belum lagi, kulit berminyak juga rentan terkena jerawat.

Penggunaan es batu untuk wajah sebelum tidur dapat mengontrol sel lemak di bawah kulit sehingga produksi minyak pada wajah terkontrol. Hal ini akan membuat wajah terlihat lebih cerah dan berseri.

5 dari 5 halaman

Manfaat Es Batu untuk Wajah

7. Menyehatkan mata

Facial es batu dapat memberikan berbagai manfaat untuk mata. Jika kamu seharian bekerja menatap layar komputer, mata bisa terasa tegang. Dengan kompres es, ketegangan pada mata dapat dihilangkan.

Selain itu, kompres es bermanfaat untuk menghilangkan mata bengkak dan lingkar hitam pada mata.

8. Menyehatkan bibir

Mengaplikasikan es batu pada bibir pecah-pecah dapat menghidrasi dan mengembalikan kesegarannya. Selain itu, bibir yang mengalami radang atau luka juga dapat dirawat dengan kompres es sehingga bibir bisa kembali lembut dan sehat.

 

Sumber: unair.ac.id

Baca artikel seputar manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer