Sukses


Arti Eksploitasi beserta Contohnya

Bola.com, Jakarta - Eksploitasi adalah suatu tindakan atau aktivitas yang dilakukan agar bisa mengambil keuntungan ataupun memanfaatkan suatu hal secara berlebihan dan penuh dengan kesewenang-wenangan tanpa adanya tanggung jawab.

Umumnya, tindakan ini akan menimbulkan kerugian pada pihak lain, baik itu manusia, hewan, dan berbagai lingkungan lain yang ada di sekitarnya.

Kata eksploitasi ini diambil dari bahasa Inggris, "exploitation" yang berarti upaya politik untuk menggunakan objek tertentu dengan penuh kesewenang-wenangan.

Penggunaan kata ini sering sekali digunakan dalam beragam bidang, baik itu dalam hal politik, lingkungan, sosial dan berbagai hal lainya.

Sederhananya, eksploitasi adalah suatu kegiatan yang cenderung negatif karena akan menimbulkan kerugian untuk banyak orang.

Agar lebih paham lagi, berikut penjelasan lanjutan tentang eksplotasi, dilansir dari lamanĀ Accurate, Jumat (21/7/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Contoh Eksploitasi

1. Eksploitasi Anak

Eksploitasi anak adalah suatu kegiatan yang memanfaatkan anak-anak penuh dengan kesewenang-wenangan yang bisa dilakukan oleh pihak keluarga ataupun masyarakat dengan cara memaksa anak tersebut untuk melakukan suatu hal tanpa memperdulikan perkembangan fisik dan mental dari anak tersebut.

Biasanya, tindakan pada anak ini bisa ditemukan saat ini dengan mudah saat ada orang yang memanfaatkan anak demi memperoleh keuntungan ekonomi. Beberapa contohnya adalah sebagai berikut:

  • Memanfaatkan anak-anak untuk menjadi pengemis atau menjadi pemulung.
  • Memanfaatkan anak-anak untuk menjadi pengamen di pinggir jalan atau di lampu merah.
  • Memanfaatkan anak-anak untuk menjadi penjual koran di lampu merah.
  • Memaksa anak-anak yang berusia di bawah umur untuk menjadi seorang pekerja seks komersial (PSK).
  • Memanfaatkan anak-anak untuk melakukan berbagai hal demi mengejar keuntungan ekonomi atau demi mengejar popularitas semata.

2. Eksploitasi Sumber Daya Alam

Eksploitasi sumber daya alam adalah suatu upaya mengeruk sumber daya alam secara berlebihan agar bisa memperoleh keuntungan sebanyak-banyaknya agar bisa memenuhi kebutuhan hidup atau memenuhi hawa nafsunya.

Hal tersebut bisa menyebabkan cuaca ekstrem dan bisa menyebabkan pemanasan global.

Eksploitasi pada sumber daya alam ini sering kali akan menyebabkan kerusakan parah pada lingkungan. Beberapa contohnya adalah sebagai berikut:

  • Kegiatan pembakaran hutan dengan skala yang besar demi mendapatkan keuntungan dengan cara membuka lahan kelapa sawit. Hal ini banyak menyebabkan kerusakan habitat hewan dan juga tanaman, serta bisa menyebabkan bencana alam, seperti banjir.
  • Menangkap ikan dengan memanfaatkan bahan kimia atau bahan peledak yang bisa berdampak pada kerusakan habitat ikan dan lingkungan yang lebih luas.
  • Membuat berbagai tambang liar tanpa izin dari pihak berwenang demi mengeruk sumber daya alam. Contohnya: membuat tambang liar batu bara, emas, pasir, dan masih banyak lagi.
3 dari 3 halaman

Contoh Eksploitasi

3. Eksploitasi Hewan

Eksploitasi hewan adalah suatu tindakan yang memanfaatkan satwa hewan demi memperoleh keuntungan pribadi tanpa memikirkan dampak yang akan terjadi pada hewan tersebut.

Saat ini, banyak masyarakat yang tidak sadar bahwa apa yang dilakukannya adalah merupakan eksploitasi hewan dan hal ini sudah terjadi selama beberapa dekade. Contohnya adalah sebagai berikut:

  • Topeng monyet, meskipun tujuannya memang adalah untuk menghibur, pada kenyataanya aksi ini adalah satu di antara bentuk eksploitasi terhadap hewan.
  • Atraksi ataupun sirkus hewan, kegiatan ini sudah jelas adalah bentuk eksploitasi pada hewan yang dilakukan oleh manusia agar bisa memperoleh keuntungan yang banyak.

4. Eksploitasi Perempuan

Eksploitasi perempuan adalah suatu tindakan yang dilakukan dengan cara memanfaatkan kaum perempuan demi memperoleh keuntungan untuk suatu kelompok tertentu. Untuk saat ini, tingkat kesetaraan hak antara kaum pria dan kaum perempuan memang sudah dicanangkan.

Namun, dalam prosesnya, kaum perempuan sering kali memperoleh tindakan diskriminasi dan juga eksploitasi. Contohnya adalah sebagai berikut:

  • Menjadi seorang pekerja seks komersial. Walaupun sebagian perempuan ada yang menganggap bahwa profesi ini memang sebagai pekerjaan, pada kenyataannya sebagian besar dari mereka ada yang tetap tidak menyukai pekerjaan tersebut.
  • Eksploitasi perempuan di media massa, seperti TV, Internet, media cetak, iklan, dan laon-lain yang dilakukan agar bisa meningkatkan perhatian masyarakat atas suatu media ataupun produk. Meski banyak sebagian dari kita yang tidak menyadari hal tersebut, contoh eksploitasi yang satu ini sangat merusak.

Ā 

Sumber:Ā Accurate

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer