Sukses


8 Bahaya Mandi Malam bagi Kesehatan yang Patut Diwaspadai

Bola.com, Jakarta - Kesibukan di luar rumah hingga malam hari membuat tidak sedikit orang baru sempat untuk mandi sebelum tidur.

Mandi di malam hari mungkin juga sudah menjadi kebiasan bagi beberapa orang. Mandi malam memang menjadi satu di antara aktivitas yang menyenangkan karena membuat badan lebih segar, bersih, dan rileks saat beristirahat.

Namun, pernahkah kamu mendengar tentang larangan mandi di malam hari? Banyak orang yang percaya bahwa mandi di malam hari memiliki bahaya bagi kesehatan.

Meski hal itu belum terbukti sepenuhnya, bukan berarti mandi malam bisa dijadikan kebiasaan dan sering dilakukan.

Sering mandi malam dikhawatirkan bisa mengganggu kondisi tubuh sehingga rentan terserang penyakit.

Itulah mengapa, banyak orang tidak menyarankan untuk mandi di malam hari karena kebiasaan ini dianggap tidak baik untuk kesehatan.

Berikut ini delapan bahaya mandi malam bagi kesehatan yang patut diwaspadai, dikutip dari laman badungkab.go.id dan pakpakbharatkab.go.id, Kamis (27/7/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Bahaya Mandi Malam bagi Kesehatan

1. Paru-Paru Basah

Cukup banyak orang yang menganggap bahaya mandi malam bisa menyebabkan paru-paru basah. Tak disangka, hal ini ternyata benar adanya.

Kerap mandi malam akan membuat tubuh lebih rentan terkena masalah pernapasan seperti batuk dan masalah pernapasan lainnya.

2. Demam

Jika di malam hari suhu udara cenderung panas maka suhu tubuh juga akan sedikit meningkat sehingga pori-pori kulit akan terbuka. Jika kamu mandi dengan air dingin, air bisa meresap ke dalam kulit yang terbuka dan akhirnya membuat suhu panas tubuh tercampur dengan air dingin.

Akibat mandi malam ini akan membuat sistem kekebalan tubuh menurun sehingga lebih rentan terkena virus dan akhirnya menyebabkan demam.

3 dari 5 halaman

Bahaya Mandi Malam bagi Kesehatan

3. Penuaan Dini

Mandi malam dapat mempercepat penuaan dini. Beberapa orang mengatakan bahwa tubuh manusia tidak akan kuat menerima stimulasi air dingin ketika mereka mandi di malam hari karena akan menghasilkan peningkatan metabolisme pada tubuh.

4. Metabolisme Tubuh Terganggu

Mandi malam hari menyebabkan pori-pori terbuka sehingga air masuk ke tubuh, yang menyebabkan terganggunya hormon tubuh dan metabolisme. Ini karena tubuh saat malam hari mulai melemah dan memerlukan istirahat.

4 dari 5 halaman

Bahaya Mandi Malam bagi Kesehatan

5. Meningkatkan Gejala Rematik

Rematik adalah penyakit autoimun yang memunculkan gejala seperti sendi kaku dan bengkak terutama di jari tangan atau kaki. Jika kamu memiliki riwayat penyakit ini, sebaiknya jangan mandi di malam hari.

Mandi malam hari dapat menyebabkan tubuh kedinginan. Suhu yang terlalu dingin bisa membuat gejala rematik makin parah, terlebih pada orang yang lanjut usia.

6. Asam Urat

Mandi malam juga bisa memicu serangan asam urat. Penyakit ini sebenarnya akan terjadi karena banyaknya konsumsi zat purin dalam tubuh sehingga kadar asam urat dalam tubuh akan meningkat.

Selain itu, hal ini dapat mengakibatkan ginjal tidak mampu menampung atau membuang zat tersebut.

5 dari 5 halaman

Bahaya Mandi Malam bagi Kesehatan

7. Menyebabkan Flu atau Masuk Angin

Flu atau masuk angin disebut-sebut sebagai bahaya yang selalu terjadi ketika kamu mandi di malam hari.

Bukan tanpa alasan, flu karena mandi malam disebabkan karena virus yang berkembang biak lebih cepat saat suhu tubuh menjadi dingin.

Bahkan sebuah penelitian di Yale University 2015 menjelaskan, virus tersebut bisa menginfeksi rongga hidung bersuhu dingin dan menyebabkan penyakit influenza.

8. Menyebabkan Asma Kambuh

Bahaya mandi malam lainnya yaitu bisa menyebabkan asma kambuh. Perubahan suhu yang mendadak diketahui bisa memicu gangguan pada pernapasan.

Tak hanya asma, mandi di malam hari bisa menyebabkan penyakit pernapasan lainnya seperti sinusitis menjadi kambuh. Jika kamu memiliki riwayat penyakit pernapasan, sebaiknya menghindari mandi di malam hari.

 

Sumber: badungkab.go.id, pakpakbharatkab.go.id

Yuk, baca kumpulan artikel kesehatan lainnya dengan mengklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer