Sukses


Bacaan Doa agar Lebih Bersemangat dan Jauh dari Malas

Bola.com, Jakarta - Malas menjadi satu di antara sikap yang harus dihindari, terutama bagi orang yang ingin sukses. Hal tersebut harus kamu buang dari segala aspek kehidupan.

Dalam ajaran Islam, malas menjadi satu di antara sifat setan yang harus dijauhi oleh umat manusia. Pasalnya, sifat ini hanya akan membawa keburukan dan kesengsaraan bagi umat muslim.

Rasa malas tentu sangat menyebalkan. Jika tidak dilawan, rasa malas malah akan menghambat aktivitas dalam kehidupan sehari-hari.

Yup, banyak hal yang akan tertunda dan terbengkalai karena rasa malas yang tak dihilangkan.

Islam mengajarkan berbagai cara dalam mengusir rasa malas, satu di antaranya adalah dengan berdoa dan memohon kepada Allah Swt.

Berikut bacaan doa agar lebih bersemangat dan jauh dari malas serta pahami cara menghindarinya menurut Islam, disadur dari Liputan6, Jumat (28/7/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Bacaan Doa agar Lebih Bersemangat dan Jauh dari Malas

Berikut ini doa untuk menghilangkan rasa malas:

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْكَسَلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَرَمِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْبُخْل

Allahumma inni a‘udzubika minal kasali wa a‘udzubika minal jubni wa a‘udzubika minal harami wa a’udzubika minal bukhli.

Artinya:

"Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari rasa malas, dan aku berlindung kepada-Mu dari sikap pengecut, dan aku aku berlindung kepada-Mu dari pikun, dan aku berlindung kepadaMu dari sifat pelit."

3 dari 3 halaman

Cara Menghilangkan Malas Menurut Islam

Berdoa dan Tawakal

Pertama-tama, mintalah pertolongan Allah dalam mengatasi malas. Berdoa menjadi satu di antara cara untuk mencari bimbingan dan kekuatan-Nya dalam menghadapi setiap rintangan, termasuk rasa malas.

Setelah berdoa, jangan lupa untuk tawakal, yaitu menyerahkan segala urusan kepada Allah dengan sepenuh hati.

Mencari Motivasi dalam Agama

Pelajari dan renungkan ayat-ayat Al-Qur'an maupun hadis-hadis yang memberikan motivasi untuk tetap produktif. Islam mendorong umatnya untuk berusaha keras dalam segala aspek kehidupan dan mencari ilmu serta keberkahan dalam bekerja.

Menjaga Kualitas Ibadah

Dalam Islam, ibadah menjadi sumber energi dan ketenangan jiwa. Pastikan kamu menjalankan ibadah dengan kualitas yang baik karena hal ini dapat membantu menghilangkan rasa malas dan meningkatkan semangat dalam beraktivitas.

Berpegang pada Rutinitas

Menciptakan rutinitas yang sehat dan teratur baik untuk mengatasi malas. Berpegang pada jadwal harian, termasuk waktu untuk beribadah, bekerja, dan beristirahat. Hal tersebut dapat membantu menciptakan disiplin diri dan mengurangi rasa malas.

Bergerak dan Beraktivitas

Aktivitas fisik dapat membantu menghilangkan rasa malas. Islam mendorong umatnya untuk menjaga kesehatan tubuh dan menghindari sifat pemalas. Berolahraga dan melakukan kegiatan fisik lainnya dapat meningkatkan energi dan semangat.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Yulia Lisnawati. Published: 4/3/2022)

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer