Sukses


Apa Itu Tepung Maizena? Simak Penjelasan beserta Perbedaannya dengan Terigu

Bola.com, Jakarta - Tepung maizena adalah tepung yang terbuat dari jagung. Hal itu yang menjadi alasan mengapa tepung maizena disebut tepung jagung.

Tepung jenis ini jarang digunakan sebagai bahan utama. Tepung maizena lebih sering digunakan sebagai campuran makanan sebagai bahan pengental seperti pada capcay, sup, teriyaki, fla, dan berbagai makanan lainnya yang membutuhkan sup atau kuah kental.

Tak hanya itu, tepung maizena bisa dicampurkan dengan tepung terigu sebagai adonan pelapis untuk membuat gorengan jadi renyah.

Tepung maizena hanya mengandung karbohidrat tanpa protein dan termasuk produk bebas gluten. Tepung maizena memiliki warna putih bersih, tidak seperti tepung terigu yang agak kekuningan.

Agar lebih paham lagi, berikut penjelasan lebih lanjut tentang tepung maizena beserta perbedaannya dengan tepung terigu, disadur dari Fimela, Sabtu (29/7/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Kegunaan Tepung Maizena Vs Tepung Terigu

Dibandingkan tepung terigu, alasan tepung maizena lebih sering dijadikan pengental saus dan kuah adalah karena setelah tercampur dengan air panas, maizena cenderung menjadi kental konsisten dan transparan, tidak keruh dan mudah pecah seperti tepung terigu.

Hanya, tepung maizena tidak umum dijadikan bahan utama makanan olahan seperti cake, roti, mie, pasta, pelapis gorengan dan lain sebagainya. Itulah mengapa orang lebih umum mengenal tepung terigu daripada maizena.

3 dari 4 halaman

Apakah Tepung Maizena dan Tepung Terigu Bisa Saling Menggantikan?

Jika ingin mengentalkan kuah atau saus, tetapi tidak punya tepung maizena di rumah, bahan terbaik yang bisa kamu gunakan untuk mengganti tepung maizena adalah tepung tapioka karena memiliki tekstur kental yang hampir sama, kendati tapioka lebih liat.

Kalaupun tidak ada tepung tapioka, tepung terigu juga bisa jadi pengganti maizena. Kamu hanya perlu menggunakan dua kali lipat dari takaran tepung maizena pada resep, meski hasilnya mungkin tidak akan sebaik saus dengan maizena.

4 dari 4 halaman

Resep Makanan dengan Bahan Tepung Maizena

Bahan-Bahan

  • 250 gram gula pasir
  • 200 gram tepung terigu
  • 50 gram tepung maizena
  • 13 gram SP
  • 250 cc susu cair
  • 1 butir telur ayam
  • 1/4 sdt baking powder
  • pasta warna merah

Cara Membuat

  • Campur semua bahan kecuali baking baking powder. Kocok selama sekitar 10 menit sampai kaku.
  • Masukkan baking powder, kocok kembali selama satu menit. Ambil sedikit adonan, beri pasta merah. Aduk rata.
  • Masukkan adonan putih ke dalam cetakan, lalu tambahkan adonan warna merah di atasnya.
  • Panaskan kukusan. Kukus bolu sampai matang.

 

Disadur dari: Fimela.com (Penulis: Febi Anindya Kirana. Published: 20/5/2022)

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer