Sukses


Arti Humoris beserta Ciri dan Kekurangannya

Bola.com, Jakarta - Humoris adalah kata yang cukup familier di masyarakat. Humoris sering dihubungkan untuk orang yang memiliki tingkah lucu.

Humoris berasal dari kata bahasa Inggris, yaitu "humorist," sebagai kata benda, bukan kata sifat. Kata humorist kemudian diserap dalam bahasa Indonesia menjadi kata humoris.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) versi daring, humoris yakni seseorang yang mempunyai rasa humor. Sedangkan, humor memiliki arti sesuatu yang lucu atau jenaka dan berbagai kondisi yang menggelikan hati seseorang.

Orang humoris dikenal sebagai pribadi yang mempunyai selera humor yang tinggi. Orang humoris tidak menginginkan lingkungan di sekitarnya sedih atau tidak positif.

Maka itu, orang yang humoris biasanya selalu berusaha membahagiakan lingkungan sekitar entah melalui celotehan maupun tingkah lucunya.

Namun, ada juga orang humoris mereka yang menyimpan banyak kesedihan. Orang humoris diketahui sebagai orang yang mudah menangis. Orang yang suka tertawa ternyata sedang menyembunyikan perasaan sedih yang sebenarnya.

Agar lebih paham lagi, berikut penjelasan lebih lanjut tentang humoris, dilansir dari laman Ashefagriyapusaka, Senin (31/7/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Ciri-Ciri Orang Humoris

1. Ramah

Ketika kamu bertemu dengan seseorang yang mempunyai sikap yang ramah, kemungkinan orang tersebut seseorang yang humoris.

Orang humoris biasanya menyapa ketika bertemu dengan teman atau kenalannya. Selain itu, mereka selalu melemparkan senyum dan bahagia kepada orang-orang yang diperhatikan.

2. Suka Berteman

Orang humoris sangat mudah untuk menyesuaikan di lingkungan baru, satu di antaranya dalam berteman dengan berbagai jenis teman.

Orang humoris cenderung lebih fleksibel dalam menilai temannya dengan sebelah mata, tanpa memandang asal, agama, atau usia orang tersebut.

Orang yang mempunyai sifat humoris, perasaan curiga tidak menjadi penghalang untuk memulai jalinan pertemanan dengan seseorang.

Maka itu, orang humoris mempunyai penilaian bahwa orang baik bukan hanya dari satu persepsi. Tak heran, kamu mudah menemukan orang humoris yang pandai bergaul.

3. Kreatif

Ciri khas orang humoris yakni kreatif. Seseorang yang mempunyai sikap humoris lebih kreatif karena orang humoris melakukan kebiasaan yang tidak biasa dari uang lain.

Lelucon orang humoris yang disampaikan terdengar asik sehingga menghibur orang lain.

3 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Humor

1. Affiliative Humor

Affiliative humor yaitu seseorang yang mempunyai kecenderungan dalam menyampaikan lelucon atau cerita dengan sengaja. Tujuannya yaitu membuat orang di sekitarnya tertawa.

Selain itu, jenis humor ini dijadikan oleh orang humoris untuk membangun kenyamanan dalam hubungan bersama orang lain.

2. Self-Defeating Humor

Self-Defeating Humor yaitu menghibur orang lain dengan menjadikan dirinya sendiri sebagai objek. Walau kesannya merendahkan, gaya tersebut dapat digunakan untuk menyembunyikan perasaan sebenarnya dari orang lain.

Kamu bisa menemukan orang humoris ini, saat bercanda dan saling mengejek. Jika seseorang yang kamu ejek ikut tertawa, kemungkinan orang tersebut mempunyai gaya humor self defeating.

3. Aggressive Humor

Aggressive humor yaitu jenis humor yang suka menggunakan lelucon yang merendahkan, meremehkan, dan memanipulasi orang lain.

Makanya, banyak orang yang sering tersinggung dan marah karena lelucon jenis humor tersebut. Tak hanya itu, lelucon tersebut bisa mengarah pada perilaku seksis dan rasis.

4. Self-Enhancing Humor

Self-enhancing humor yaitu lelucon yang lebih condong pada mempertahankan pandangan hidup yang lucu. Hal tersebut, membuat mereka tak mempedulikan keberadaan orang lain.

Jenis humor ini biasanya digunakan untuk menghilangkan stress atau menghibur perasaan diri sendiri.

4 dari 5 halaman

Kekurangan Orang Humoris

1 Tidak Bisa Diajak Serius 

Seseorang bisa jadi telah memiliki bakat atau karakteristik sebagai pribadi yang humoris. Bagi mereka yang memiliki karakter seperti ini, bisa jadi akan kesulitan untuk memilih waktu yang tepat untuk bercanda atau serius.

Humor mampu memberikan kebahagiaan yang luar biasa pada banyak orang jika disampingnya di waktu yang tepat. Namun, humor disampaikan di saat banyak orang yang berbicara serius, hal tersebut sangat menyebalkan. 

Maka itu, sifat ini satu di antara kekurangan dari orang humoris yang berdampak kurang baik bagi dirinya maupun orang lain.

2. Omongannya Pedas

Seperti jenis aggressive humor, kekurangan humor tersebut, lelucon yang menjadikan orang lain sebagai objek lawakan tentunya menyinggung orang lain karena belum tentu orang yang dijadikan bahan lelucon terima dengan candaan yang dibuat, terutama menyangkut fisik, ras, dan lainnya.  

Namun, sekarang dalam perkembangan lawakan yang seksis dan rasis perlahan mulai ditinggalkan karena sering tidak membuat orang bahagia. 

3. Sering Membuat Kekasihnya Merasa Cemburu

Satu di antara risiko mempunyai kekasih humoris yaitu mempunyai banyak teman. Sebagai orang yang disukai oleh teman-temannya, mempunyai pacar humoris sering dibuat cemburu karena tidak dibahagiakan sepenuhnya.

Oleh sebab itu, kekurangan dari orang humoris, yakni dapat merugikan pasangannya. 

5 dari 5 halaman

Cara menjadi Humoris

1. Peka Terhadap Sekitar

Rasa peka seseorang satu di antara modal utama untuk mempunyai sifat humoris. Peka dapat diartikan sebagai kemampuan mudah merasa atau mudah terangsang.

Perasaan peka berguna untuk orang yang humoris dalam menyampaikan apa yang dirasakan pada orang lain.

Satu di antaranya cara yang bisa dilakukan seperti ada teman yang sedang sedih, kamu bisa mendatanginya dan mencoba bertanya apa yang sedang terjadi.

Mendengarkan dan memahami perasaan orang yang sedih, bisa membuatmu terbiasa untuk peka pada perasaan orang lain.

2. Menemukan Selera Humor

Selera humor setiap orang berbeda-beda, ada yang menyukai lewat celotehan, tindakan, dan lainnya. Oleh sebab itu, sebelum memberikan lelucon pada orang lain, pahami selera humor yang disukai seperti apa sehingga tidak menyinggung perasaan orang lain.

3. Menyimak obrolan

Cara berikutnya yang membuat kamu menjadi seorang humoris yaitu menyimak obrolan. Orang humoris biasanya akan muncul ide kreatif terkait obrolan yang sedang berlangsung antara orang di sekitarnya.

 

Sumber: Ashefagriyapusaka

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer