Sukses


12 Contoh Saran dalam Makalah yang Bisa Dijadikan Referensi

Bola.com, Jakarta - Kamu mungkin pernah mendapatkan tugas untuk membuat karya tulis makalah di sekolah. Dalam pembuatannya, ada beberapa struktur yang perlu diperhatikan penulis saat merampungkan sebuah makalah.

Satu di antaranya penulis harus mencantumkan saran dalam makalah. Saran merupakan suatu kalimat yang memiliki tujuan untuk memberikan solusi terkait permasalahan yang ada dalam suatu makalah.

Saran tersebut diberikan kepada pembaca berdasarkan hasil temuan dalam studi yang telah dilakukan. Jadi, saran merupakan pendapat atau tinjauan idealis pribadi penulis yang bersifat positif.

Saran terdapat dalam bagian sub bab yang ada pada bagian bab penutup makalah. Tidak ada standar baku dan pedoman khusus dalam membuat saran.

Hanya, dalam pembuatan saran kalimatnya tidak boleh melebihi dari jumlah kata yang ada di bagian kesimpulan.

Berikut ini 12 contoh saran dalam makalah yang bisa kamu jadikan referensi, dikutip dari laman Freedomsiana dan Yuksinau, Senin (31/7/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Contoh Saran dalam Makalah

1. "Menurut saya karya tulis tersebut sudah bagus, tetapi perlu dikembangkan lagi dan mungkin ada beberapa yang harus diperbaiki seperti penulisannya dan penjelasannya lebih ditekankan lagi. Namun, secara keseluruhan sudah bagus."

2. "Penelusuran makalah tersebut perlu adanya dukungan yang positif dari pemerintah untuk mengembangkan teknologi yang memanfaatkan sumber energi alternatif. Dengan cara hibah, dana untuk mengimplementasikan teknologi ini sangat diperlukan."

3. "Demikianlah makalah yang kami buat ini, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan para pembaca. Kami mohon maaf apabila ada kesalahan ejaan dalam penulisan kata dan kalimat yang kurang jelas. Kami hanyalah manusia biasa yang tak luput dari kesalahan dan kami juga sangat mengharapkan saran dan kritik dari para pembaca demi kesempurnaan makalah ini. Sekian penutup dari kami semoga dapat diterima di hati dan kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya."

3 dari 5 halaman

Contoh Saran dalam Makalah

4. "Pada saat pembuatan makalah, penulis menyadari bahwa banyak sekali kesalahan dan jauh dari kesempurnaan. Oleh sebab itu, penulis harapkan kritik dan sarannya mengenai pembahasan makalah dalam kesimpulan di atas."

5. "Perlu adanya metode penilitian lebih lanjut akan upaya peningkatan diskusi terhadap pemuda sebagai satu di antara cara memaksimalkan potensi generasi dalam membentengi diri dari radikalisme agama yang berkembang."

6. "Tentunya terhadap penulis sudah menyadari jika dalam penyusunan makalah di atas masih banyak ada kesalahan serta jauh dari kata sempurna. Adapun nantinya penulis akan segera melakukan perbaikan susunan makalah itu dengan menggunakan pedoman dari beberapa sumber dan kritik yang bisa membangun para pembaca."

4 dari 5 halaman

Contoh Saran dalam Makalah

7. "Penelitian ini perlu disempurnakan untuk meningkatkan efektivitas serta pemanfaatan nilai guna LAMUK (Lampu Anti Nyamuk) dengan ekstraksi kulit langsat mengingat metode yang digunakan dalam penelitian bersifat konseptual."

8. "Dilihat dari keseluruhan pemaparan, urgensi makalah ini dibentuk dalam upaya mewujudkan mimpi sebagai top ten university, dapat dilakukan dengan menjadikan kampus sebagai pusat pergerakan (centre of movement) yang itu bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas keilmuan civitas akademika Unila seutuhnya. Terlebih upaya tersebut, ke depan diharapkan mampu mendorong mahasiswa untuk ikut berperan aktif dalam menjalankan kegiatan mahasiswa yang berkualitas. Apabila hal ini tidak dijalankan sejak dini maka upaya mewujudkan Unila sebagai top ten university hanya sekadar mimpi."

5 dari 5 halaman

Contoh Saran dalam Makalah

10. "Seharusnya kita lebih peka untuk menggali bahan-bahan alam yang berguna untuk menopang kebutuhan hidup kita. Baik itu bahan-bahan alam yang masih alami ataupun yang sudah menjadi limbah karena manusia sangat bergantung pada alam."

11. "Disarankan kepada masyarakat terutama yang sudah kehilangan pekerjaan, jangan berdiam diri dan mari berusaha mencari celah pekerjaan sehingga ekonomi keluarga dapat terpenuhi, walaupun sebatas kebutuhan mengisi kehidupan. Bagi generasi muda belajarlah untuk menciptakan lapangan pekerjaan guna dapat mengatasi hal-hal yang tidak pernah kita bayangkan sehingga tidak terjadi pemutusan hubungan kerja menjadi suatu hal yang membunuh kreativitas."

12. "Perpustakaan SMA Dharma Jakarta perlu mempunyai waktu tersendiri untuk melakukan pendidikan pemakai sehingga pendidikan pemakai dapat berjalan efektif. Rak display buku diletakkan strategis mungkin agar pengguna perpustakaan dapat mengetahui buku-buku yang baru."

 

Sumber: Freedomsiana, Yuksinau

Dapatkan artikel contoh berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer