Sukses


Contoh Teks Pidato Hari Kemerdekaan untuk Peringatan HUT RI

Bola.com, Jakarta - Agustus menjadi bulan spesial bagi bangsa Indonesia. Sebab, setiap 17 Agustus bangsa Indonesia akan merayakan peringatan Hari Kemerdekaan, dan tahun 2023 memasuki peringatan ke-78.

Seperti telah menjadi tradisi, menjelang peringatan Hari Kemerdekaan, rakyat Indonesia akan mengadakan beraneka kegiatan dan perlombaan.

Satu di antara perlombaan yang identik pada peringatan HUT RI adalah membaca teks pidato dengan tema hari kemerdekaan.

Perlombaan membaca teks pidato hari kemerdekaan rata-rata diadakan di lingkungan sekolah, baik tingkat SD, SMP, hingga SMA.

Bagi yang butuh referensi, di bawah ini ada beberapa contoh teks pidato hari kemerdekaan untuk peringatan HUT RI.

Berikut ini contoh teks pidato hari kemerdekaan untuk peringatan HUT RI, dikutip dari laman Gurupenyemangat dan Syahrulanam, Kamis (3/8/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Contoh Teks Pidato Hari Kemerdekaan 1

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh,

Selamat pagi dalam salam merdeka untuk kita semua!

Yang terhormat, Bapak/Ibu Kepala Sekolah (nama sekolah)

Yang saya hormati, Bapak/Ibu Dewan Guru (nama sekolah)

Serta teman-teman seperjuangan yang berbahagia;

 

Alhamdulillah, bersyukur kita kepada Allah Swt. atas segala nikmat, terutama nikmat kesehatan dan kesempatan umur hingganya kita bisa hadir serta menyambut momentum HUT ke-78 RI pada 17 Agustus.

Selawat berhias salam tiada lupa kita hadiahkan kepada Nabiyullah Muhammad saw. Semoga dengan seringnya berselawat kita akan mendapatkan pertolongan beliau di hari akhir nanti.

Bapak, ibu, dan teman-teman yang berbahagia;

Senang sekali rasanya saya berdiri di sini dan bisa menyapa hadirin sekalian dalam rangka memeriahkan momentum yang spesial nan penuh dengan nilai-nilai sejarah. Tiada lain dan tiada bukan ialah HUT ke-78 RI.

Pada 17 Agustus tahun 2023 ini, Bumi Pertiwi bakal memasuki usia 78 tahun. Sungguh usia yang sudah menua.

Bila kita bayangkan Indonesia dengan seorang laki-laki maka bakal tampaklah Indonesia ini seperti kakek tua yang rambutnya mulai memutih, tulangnya mulai merapuh, dan tenaganya mulai melemah.

Itu hanyalah bayangan ya Teman-teman, dan semoga saja keadaan Indonesia saat ini tidak seperti bayangan kita karena saya yakin semangat kemerdekaan akan terus membara dan selalu ada di jiwa-jiwa muda, serta seluruh rakyat Indonesia.

Semangat merdeka tidaklah memandang umur. Tua atau muda sungguh tak masalah. Rambut memutih atau masih hitam, semuanya sungguh tak masalah. Dan tenaga yang kuat maupun mulai melemah lagi-lagi sungguh tak masalah.

Namun, Teman-teman, sebagai generasi muda dan para penerus bangsa di masa depan, bagaimana cara terbaik yang bisa kita lakukan untuk memaknai 78 Tahun Kemerdekaan RI?

Teman-teman yang saya banggakan;

Cara pertama bagi kita para pelajar dalam memaknai HUT ke-78 RI ialah kembali membaca sejarah.

Mengapa membaca itu penting? Pertama, bagaimana bisa kita berbicara jika tidak membaca. Bagaimana bisa kita menulis dengan lancar bila tidak membaca. Dan bagaimana bisa kita berkarya yang mantap dan bermanfaat bila tidak membaca.

Semuanya dimulai dari membaca dan dengan membaca sejarah kita bakal memetik banyak sekali nilai-nilai pendidikan, nilai-nilai karakter, serta nilai-nilai kebaikan dari para pahlawan dan pejuang nasional di era penjajahan.

Sebut saja seperti bagaimana Ibu Kita Kartini bisa menulis dan tulisannya tembus di media besar Belanda. Bagaimana organisasi Budi Utomo berdiri hingga memunculkan cikal bakal lahirnya pemuda-pemudi yang cerdas dan semangat. Bagaimana Bung Karno dan kawan-kawan bisa menyusun Pancasila sebagai dasar NKRI, dan lain sebagainya.

Semua itu bukanlah hal yang terjadi karena keberuntungan, melainkan merupakan buah dari usaha, kerja keras, serta pembelajaran sepanjang hayat.

Teman-teman yang berbahagia;

Adapun cara kedua dalam memaknai Kemerdekaan Indonesia bagi kita para pelajar zaman kini ialah menjadi pribadi yang open minded. Apa itu open minded? open minded artinya ialah berpikir terbuka.

Bagaimana kaitannya dengan pemaknaan terhadap HUT ke-78 RI?

Di zaman sekarang sering kali kita temui adanya perbedaan pendapat, perbedaan pandangan, serta hal-hal serupa yang tak jarang malah membuahkan permusuhan.

Jika kita sebagai generasi pelajar muda terus berpikiran sempit dan hanya memandang orang lain berdasarkan asal suku, bahasa, ras tertentu, agama, atau bahkan gender-nya, maka entah sampai kapan kita bisa maju.

Maka itu, sikap open minded alias berpikiran terbuka dan meluas di zaman ini sangatlah penting sebagai wujud dari kontribusi kita terhadap kemajuan negeri.

Mari kita tingkatkan toleransi terhadap sesama, kita mantapkan akhlak mulia, dan terus berusaha menjadi pelajar yang berprofil Pancasila.

Bapak, ibu, serta teman-teman yang berbahagia;

Demikianlah pidato singkat yang bisa saya sampaikan pada kesempatan yang bahagia ini. Saya mengucapkan selamat menyambut HUT ke-78 RI. Tetaplah bersemangat dan amalkan nilai-nilai Kemerdekaan di mana pun kita berada.

Banyak maaf, saya akhiri;

 

Wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.

3 dari 4 halaman

Contoh Teks Pidato Hari Kemerdekaan 2

Bismillahhirrahmanirrahim,

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh,

"Innal hamdanillah nahmadhuhu wanastainuhu wanastagfiru wanaudhubika minsyururil anfusina waminsayyiatina a’malina mayyahdillahi fala mudhialah wamayyudlil falahadiyalah.

Assyhadualla ilahaillallah waashadhuannamuhammadarrasulullah allahumma sholliala sayyidina muhammadin waala alihi washohbihi ajmain amma ba’duh."

 

Bapak-bapak, ibu dan para hadirin yang kami hormati,

Pada kesempatan hari ini mari mari kita ucapkan rasa syukur kepada Allah Swt. atas segala rahmat dan karunia-Nya sehingga kita dapat berkumpul dalam acara untuk memperingati Hari Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia. Untuk itu guna memperingati Hari Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia, saya akan menyampaikan pidato tentang kemerdekaan, dan semoga apa yang telah saya sampaikan bisa menambah rasa cinta tanah air para hadirin sekalian.

Para hadirin yang saya hormati,

Tidak terasa bahwa sudah 78 tahun kita merdeka dari penjajahan, tidak terasa juga negara kita mengalami banyak sekali perkembangan dan liku dalam mempertahankan dan menikmati kemerdekaan ini.

Oleh karena itu, sudah seyogyanya kita menjadikan Hari Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia ini menjadi momen untuk merenungkan sekaligus mengingat bahwa jasa-jasa pahlawan negara kita sangatlah besar bagi negara ini.

Bukan hanya itu, sudah seharusnya kita juga merenungkan kondisi negara kita saat ini, apa masih merdeka merdeka sepenuhnya? Ataukah kita yang tidak sadar kena jajah.

Hal seperti ini sangat disayangkan apabila momen hari kemerdekaan ini hanya dirayakan dengan lomba-lomba yang diselingi dengan acara panggung musik yang beberapa hiburan tidak berhubungan dengan mengingat Hari Kemerdekaan dan para pahlawan.

Sebenarnya sah-sah saja apabila mengadakan lomba-lomba kemerdekaan atau panggung panggung musik untuk memperingati Hari Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia, tetapi alangkah lebih baiknya apabila dua sarana tersebut dijadikan sarana untuk jasa para pahlawan dan kemerdekaan negara ini.

Oleh sebab itu, di hari yang bahagia ini, mari kita kenang kembali para jasa pahlawan kita yang berhasil mengantarkan kemerdekaan negara ini sehingga bisa terbebas dari cengkraman penjajah sampai ke kemerdekaan yang kita rasakan saat ini. Marilah kita jadikan momen ini sebagai ajang utuk berkontribusi membangun negeri dan tetap menjaganya agar damai dan tenteram.

Marilah kita berdoa kepada Allah Swt. supaya negara ini bisa dinikmati hingga anak cucu kita dan generasi kita nanti.

Sebagai penutup, kami mengajak agar seluruh pendengar hari ini mau berkontribusi untuk memakmurkan, menjaga kemerdekaan dan kesejahteraan negara ini dengan saling bergotong royong membangun negara ini untuk lebih baik lagi.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan dalam pidato kali ini, atas salah dan kurangnya saya mohon maaf yang sebesar besarnya, kebenaran hanya dari-Nya dan kesalahan datangnya dari saya pribadi.

 

Wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.

4 dari 4 halaman

Contoh Teks Pidato Hari Kemerdekaan 3

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Salam sejahtera bagi kita semua,

Salam juang kemerdekaan,

Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua.

Bapak/Ibu Kepala Sekolah (nama sekolah) yang saya hormati,

Bapak/Ibu guru, staf karyawan (nama sekolah) yang saya hormati,

Dan teman-teman yang saya cintai.

 

Sebelumnya, marilah kita panjatkan puji syukur kepada Allah Swt.

Saya juga ingin mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk menyampaikan pidato pada upacara hari ini untuk memperingati Hari Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia.

Hadirin sekalian, seperti yang kita tahu setiap tanggal 17 Agustus kita memperingati Hari Kemerdekaan RI.

Marilah kita mengenang kembali perjuangan para pahlawan yang telah gugur dalam merebut kemerdekaan Republik Indonesia dari penjajah. Jasa para pahlawan kita begitu besar dengan rela mengorbankan diri untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Sebagai penerus bangsa hendaknya kita dapat melanjutkan perjuangan para pahlawan kita yang terdahulu dengan semangat juang yang tinggi.

Kita dapat mengisi kemerdekaan dengan melakukan hal-hal yang positif. Sebagai pelajar, kita harus berjuang dengan giat belajar untuk meneruskan perjuangan para pahlawan.

Kita harus memiliki jiwa nasionalisme dan patriotisme yang tinggi, berteman tanpa membedakan ras, suku, dan agama serta selalu mencintai negara Indonesia. Satu di antara caranya adalah menggunakan produk-produk asli buatan Indonesia.

Kita sebagai generasi muda berperan sebagai penopang kehidupan bangsa di masa depan, hendaknya dapat terus mempertahankan kemerdekaan bangsa ini.

Jangan sampai kita kembali dijajah oleh negara lain. Kita harus menjadi generasi muda yang mencerminkan kecerdasan bangsa dan membawa perubahan yang baik untuk negara Indonesia tercinta ini.

Dirgahayu Republik Indonesia! Merdeka! Merdeka!

Terima kasih untuk semua perhatiannya, mohon maaf bila ada tutur kata yang kurang berkenan.

 

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

Sumber: Gurupenyemangat, Syahrulanam

Dapatkan artikel contoh berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer