Sukses


5 Keutamaan Membaca Surah Yasin, Dipermudah Urusan di Dunia

Bola.com, Jakarta - Surah Yasin menjadi satu di antara surat paling penting dalam Al-Qur'an. Surah Yasin memiliki keutamaan dan manfaat yang luar biasa bagi umat muslim.

Surat ini dianggap sebagai "hati" Al-Qur'an karena kandungannya yang mendalam dan menyentuh aspek-aspek penting kehidupan manusia.

Membaca surah Yasin merupakan amalan yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Surah Yasin mengandung pesan-pesan yang mengajarkan tentang kebesaran dan kekuasaan Allah Swt., kebangkitan kembali setelah kematian, serta berbagai peristiwa penting dalam sejarah manusia.

Membaca surah Yasin bukan hanya sebagai bentuk ibadah, tetapi juga sebagai sumber hikmah dan petunjuk dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Terdapat beberapa keutamaan membaca surah Yasin yang bisa diperoleh umat muslim. Apa saja keutamaan surah Yasin?

Berikut lima keutamaan membaca Surat Yasin, yang bisa mempermudah urusan di dunia, disadur dari Dream, Selasa (8/8/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Keutamaan Membaca Surah Yasin

1. Diampuni Dosa-dosanya

Membaca surah Yasin dengan rutin bisa mengantarkan umat Islam pada terampuninya dosa-dosa. Hal ini sebagaimana hadis riwayat At-Thabrani dan Al-Bayhaqi, dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu:

“Brang siapa yang membaca surah Yasin pada malam hari dengan mengharap keridaan Allah, maka diampuni dosa-dosanya.”

2. Dipermudah Urusannya di Dunia

Keutamaan membaca surah Yasin juga diyakini bisa mempermudah segala urusan di dunia. Masalah akan terselesaikan dengan mudah karena Allah membukakan jalan untuk mendapatkan solusinya.

Sebagaimana dinyatakan dalam Sunaan Ad-Daarimi juz 2 halaman 549:

"Barang siapa yang membaca surah Yasin dari pagi hari, maka pekerjaan di hari itu dimudahkan dengan keberhasilan, dan jika membacanya di akhir suatu hari, maka tugasnya hingga pagi hari berikutnya akan dimudahkan juga."

3 dari 3 halaman

Keutamaan Membaca Surah Yasin

3. Meringankan Siksa Kubur

Surah Yasin juga dipercaya bisa meringankan siksa kubur. Maka itu, banyak orang mengirim doa untuk orang yang sudah meninggal dengan bacaan surah Yasin.

Sebagaimana penjelasan tafsir berikut ini: “ Barang siapa yang mengunjungi makam seseorang dan membacakan surah Yasin, maka pada hari itu, Allah Swt meringankan siksa kubur mereka dan diberikan kebaikan bagi sejumlah penghuni kubur di pekuburan itu.” (Tafsir Nur ats-tsagalayn)

4. Meninggal dalam Keadaan Syahid

Membaca surah Yasin setiap hari akan menjauhkan seseorang dari petaka dan bahaya. Tak hanya itu, orang yang rutin baca Yasin akan dipermudah sakaratul mautnya dan meninggal dalam keadaan syahid.

Sebagaimana dijelaskan dalam hadis riwayat At-Thabrani dari Anas bin Malik, yang berbunyi: "Barang siapa yang membiasakan membaca Yasin setiap malam, maka tanpa terduga, dia menemui ajalnya, maka matinya dalam keadaan syahid."

Sementara itu dalam tafsir Al-Qur'an Al-Azhim, disebutkan: "Membaca surah Yasin di sisinya mayat akan menurunkan banyak rahmat dan berkah dan memudahkan keluarnya ruh."

5. Dikabulkannya Doa-Doa

Membaca surah Yasin juga diyakini sebagai jalan terkabulnya doa-doa. Allah Swt senantiasa akan mengabulkan doa-doa orang yang membaca surah Yasin sepenuhnya dan diulang sebanyak tujuh kali.

Sebagaimana dijelaskan dalam sebuah hadis yang berbunyi: “ Barang siapa yang membaca surah Yasin sepenuhnya dan saat mencapai pada ayat 58, surah Yasin tersebut diulang sebanyak 7 kali, maka Allah Swt. akan mempermudah dan mengabulkan hajatnya."

 

Disadur dari: Dream.co.id (Penulis: Arini Saadah. Published: 28/3/2023)

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer