Sukses


Sejarah dan Makna Bendera Sang Saka Merah Putih

Bola.com, Jakarta - Bendera Sang Saka Merah Putih adalah simbol atau identitas dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Bendera Sang Saka Merah Putih kali pertama dikibarkan secara resmi di Indonesia pada 17 Agustus 1945, saat proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia.

Sang Saka Merah Putih memiliki nama lain yaitu Sang Merah Putih, Merah Putih dan Sang Dwiwarna. Ibu Fatmawati adalah orang pertama yang menjahit Sang Saka Merah Putih.

Warna bendera Sang Saka Merah Putih mempunyai keterkaitan dengan era Kerajaan Majapahit. Kedua warna tersebut digunakan dalam gambar sembilan garis merah dan putih bendera Kerajaan Majapahit.

Di sisi lain, di bulan Agustus, bangsa Indonesia memperingati hari kemerdekaan yang mewajibkan seluruh rakyat mengibarkan bendera Sang Saka Merah Putih.

Lantas, apakah kamu sudah tahu sejarah dan makna dari bendera Sang Saka Merah Putih?

Berikut ini penjelasan lengkap mengenai sejarah dan makna bendera Sang Saka Merah Putih yang penting diketahui bangsa Indonesia, dilansir dari laman Benderaindonesia, Jumat (11/8/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Sejarah Bendera Sang Saka Merah Putih

Pada abad ke-13, Sang Saka Merah Putih digunakan Kerajaan Majapahit, Kerajaan Kediri, dan Kerajaan Bugis Bone, sebagai lambang kebesaran dan panji kerajaan.

Di tahun 1928, Sang Saka Merah Putih digunakan para pelajar, pemuda, dan kaum nasionalis sebagai semangat juang melawan para penjajah Belanda.

Sang Saka Merah Putih dikibarkan kali pertama saat proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Sang Saka Merah Putih yang dijahit oleh ibu Fatmawati, istri dari Presiden Soekarno, dijadikan sebagai bendera nasional, setelah Perang Dunia kedua berakhir dan Indonesia merdeka.

3 dari 3 halaman

Makna Bendera Sang Saka Merah Putih bagi Indonesia

Warna merah dan putih yang digunakan dalam bendera NKRI memiliki makna yang mendalam bagi negara Indonesia. Makna dari warna merah adalah berani atau keberanian manusia. Warna merah juga melambangkan sebagai warna dasar tubuh manusia, yang dialiri darah sejak lahir.

Sedangkan warna putih memiliki makna kesucian, yang menggambarkan warna ruh manusia yang bersih.

Jika digabungkan, warna merah putih yang terdapat pada bendera nasional negara Indonesia ini memiliki banyak makna.

Menurut kaum Austronesia di masa lampau, merah putih memiliki arti langit dan bumi. Menurut budaya Jawa Kuno, bendera merah putih bermakna sebagai simbol pemersatu lelaki dan perempuan.

Bagi negara Indonesia, bendera Sang Saka Merah Putih dijadikan sebagai simbol yang berani dan suci, dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia, serta membawa maju negara Indonesia dengan penuh damai di dunia internasional.

 

Sumber: Benderaindonesia

Dapatkan artikel edukasi berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer