Sukses


Road to FIBA Basketball World Cup 2023 Tuntas di Bandung, Erick Thohir Pastikan Persiapan Sudah Matang

Bola.com, Bandung - Kota Bandung menjadi kota terakhir gelaran Road to FIBA Basketball World Cup 2023 yang akan digelar di Indonesia pada 25 Agustus 2023 hingga 10 September 2023 di Indonesia Arena, Jakarta.

Indonesia memang terpilih jadi tuan rumah FIBA Basketball World Cup 2023 di kawasan Asia selain Filipina dan Jepang, meskipun tim basket Indonesia tidak lolos ke ajang kejuaraan basket tertinggi tersebut.

Erick Thohir selaku FIBA Central Board Member menyebutkan Indonesia kali pertamanya dalam sejarah menjadi tuan rumah bola basket dunia. Bahkan yang tampil nant adalah tim-tim yang terbaik di dunia seperti Prancis, Spanyol, Kanada, dan Brasil, dimana itu merupakan 10 besar tim terbaik di dunia.

"Jadi ini kesempatan bagaimana kita bisa belajar sama mereka supaya bola basket kita bagus, apalagi tim bola basket kita juara di SEA Games dapat emas, putranya dapat, putrinya juga," jelas Erick Thohir di sela-sela acara Road to FIBA Basketball World Cup 2023 di lapangan basket Saparua, Kota Bandung, Sabtu (19/8/2023).

"Sekarang juga tim basket putri main final lawan Iran, ini basket berkembang Alhamdulillah, olahraganya anak-anak muda, milenial," tambah Erick Thohir.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Sudah Siap

Disinggung kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah FIBA World Cup 2023, Erick Thohir mengaku bahwa Perbasi sudah sangat serius mempersiapkan sebagai tuan rumah dan Indonesia harus membuktikan sebagai salah satu panitia yang terbaik.

Apalagi kata Erick Thohir, Presiden RI Joko Widodo sudah membangun Indonesia Arena, di kawasan GBK, Jakarta 

"Inii pertama kali Indonesia punya stadion dengan kapasitas 16 ribu dan Pak Presiden bilang ini bukan hanya untuk basket tapi untuk konser dan lain-lain," ucap Menteri BUMN ini.

 

3 dari 4 halaman

Agnes Monica Hadir di Opening Ceremony

Sementara itu, LOC FIBA World Cup Junas Miradiarsyah mengaku kesiapannya sebagai tuan rumah FIBA World Cup 2023 sudah memasuki tahap akhir dan semua sudah siap, termasuk masalah venue dan operasional.

"Besok tanggal 20 akan kedatangan tim pertama, dari situ kita membuktikan kita siap, bukan hanya segi pertandingan tapi beberapa hari sebelumnya," kata Junas Miradiarsyah.

Dari sisi animo sendiri, diakui Junas cukup bagus dimana untuk tiket pertandingan Kanada lawan Prancis sudah sold out sejak beberapa minggu yang lalu.

"Ini menandakan antusiasme yang luar biasa kemudian ada pertandingan menarik lainnya, di tanggal 25 Agustus ada dua pertandingan. Di sela pertandingan ini akan ada opening ceremony dimana akan ada acara yang mempromosikan Indonesia di mata dunia, kemudian ada salah satu talenta terbaik di tanah air, Agnes monica yang akan tampil di public ceremony nanti," tutur Junas.

 

4 dari 4 halaman

Buat Inspirasi

Dipilihnya Kota Bandung sebagai kota terakhir road show FIBA World Cup 2023 diakui Junas karena secara geografis Bandung dan Jakarta berdekatan, setelah sebelumnya dilakukan hal yang sama di Bali, Solo, Surabaya, dan Jakarta. Selain itu aroma juara IBL 2023 masih terasa.

"Karena itu kita datang ke Bandung supaya euforianya tidak berhenti di sana tapi lebih tinggi lagi yaitu kejuaraan dunia, jadi tidak hanya ketemu pemain timnas saja, tetapi juga pemain dunia. Biar terinspirasi lagi kedepannya," ungkap Junas.

Video Populer

Foto Populer