Sukses


5 Contoh Kata Pengantar Makalah Singkat

Bola.com, Jakarta - Membuat karya tulis ilmiah seperti makalah seolah sudah menjadi kegiatan rutin bagi pelajar dan mahasiswa.

Meski begitu, masih ada beberapa dari mereka yang kebingungan menyusun makalah secara benar, terutama di bagian kata pengantar. Padahal, kata pengantar termasuk bagian penting dalam makalah yang harus dibuat dengan benar sesuai kaidah penulisan karya tulis ilmiah.

Selain itu, kata pengantar pada sebuah makalah berisi gambaran sekilas terkait hal yang akan dibahas. Dengan begitu, pembaca bisa paham pokok bahasan karya tulis ilmiah yang dibuat oleh penulis.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring, kata pengantar adalah pendahuluan singkat dan jelas sebagai pembuka karya tulis ilmiah.

Kebanyakan kata pengantar menempati halaman paling depan suatu karya tulis setelah judul atau cover.

Untuk memudahkan dalam proses penulisannya, kamu dapat menyimak beberapa contoh kata pengantar untuk karya tulis ilmiah makalah, di bawah ini.

Berikut ini lima contoh kata pengantar makalah yang bisa jadi pedoman penulisan, dikutip dari laman Saungwriter dan Sharingkali, Rabu (23/8/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Contoh Kata Pengantar Makalah Singkat 1

Segala puji bagi Allah Swt. yang telah memberikan nikmat serta hidayah-Nya terutama nikmat kesempatan dan kesehatan sehingga kami bisa menyelesaikan makalah mata kuliah "Kimia Dasar".

Selawat serta salam kita sampaikan kepada Nabi besar kita Muhammad saw. yang telah memberikan pedoman hidup yakni Al-Qur'an dan sunah untuk keselamatan umat di dunia.

Makalah ini merupakan satu di antara tugas mata kuliah Kimia Dasar di program studi teknik lingkungan Fakultas teknik pada Universitas Indonesia.

Selanjutnya penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Ibu Dra. Nikmah, Msi selaku dosen pembimbing mata kuliah Kimia Dasar dan kepada segenap pihak yang telah memberikan bimbingan serta arahan selama penulisan makalah ini.

Penulis menyadari bahwa terdapat banyak kekurangan dalam penulisan makalah ini maka itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari para pembaca demi kesempurnaan makalah ini.

 

Jakarta, 5 Juni 2018

 

Penulis

3 dari 6 halaman

Contoh Kata Pengantar Makalah Singkat 2

Alhamdulillahi Robbil 'Alami, Segala puji bagi Allah Swt. Tuhan semesta alam atas segala karunia nikmat-Nya sehingga saya dapat menyusun makalah ini dengan sebaik-baiknya.

Makalah yang berjudul "Arti Penting Pancasila dalam Perjuangan Kaum Muda" disusun dalam rangka memenuhi satu di antara tugas mata pelajaran PKN yang diampu oleh Bapak Toto Suroto M.H., M.Pd.

Makalah ini berisi tentang makna dasar Pancasila dan Undang-Undang Dasar serta posisinya di dalam penerapan konstitusi di Indonesia.

Saat penyusunannya melibatkan berbagai pihak, baik dari dalam sekolah maupun luar sekolah. Oleh sebab itu, saya mengucapkan banyak terima kasih atas segala kontribusinya dalam membantu penyusunan makalah ini.

Meski telah disusun secara maksimal, penulis sebagai manusia biasa menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna. Karenanya penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca sekalian.

Besar harapan saya makalah ini dapat menjadi sarana membantu masyarakat dalam memahami sumber hukum tertinggi di Indonesia, yakni Pancasila dan arti pentingnya dalam perjuangan kaum muda.

Demikian apa yang bisa saya sampaikan, semoga pembaca dapat mengambil manfaat dari karya ini.

 

Lombok, 17 Januari 2020

 

Penulis

4 dari 6 halaman

Contoh Kata Pengantar Makalah Singkat 3

Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala nikmatnya sehingga penulis dapat menyusun makalah tentang "Peran Sejarah dalam Membangkitkan Semangat Nasionalisme" dengan sebaik-baiknya.

Adapun tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk meningkatkan kesadaran anak bangsa dalam mempelajari sejarah Indonesia dan meningkatkan rasa nasionalisme sehingga mereka mampu melanjutkan cita-cita para pahlawan pendiri bangsa.

Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu, memfasilitasi, memberi masukan, dan mendukung penulisan makalah ini sehingga selesai tepat pada waktunya. Semoga dibalas oleh Allah Swt. dengan ganjaran yang berlimpah.

Meski penulis telah menyusun makalah ini dengan maksimal, tidak menutup kemungkinan masih banyak kekurangan. Oleh karena itu sangat diharapkan kritik dan saran yang konstruktif dari pembaca sekalian.

Akhir kata, saya berharap makalah ini dapat menambah referensi keilmuan masyarakat.

 

Banten, 20 Juni 2019

 

Penulis

5 dari 6 halaman

Contoh Kata Pengantar Makalah Singkat 4

Puji syukur atas rahmat Allah Swt., berkat rahmat serta karunia-Nya sehingga makalah dengan berjudul "Memaksimalkan Pengolahan Limbah Anorganik untuk Mengurangi Produksi Limbah di Masyarakat" dapat selesai.

Makalah ini dibuat dengan tujuan memenuhi tugas akhir semester 2 kelas XII dari Bapak Muhammad Azis pada bidang studi biologi. Selain itu, penyusunan makalah ini bertujuan menambah wawasan kepada pembaca tentang pengolahan limbah anorganik guna mengurangi produksi limbah di masyarakat.

Penulis menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak Muhammad Azis selaku guru mata pelajaran biologi. Berkat tugas yang diberikan ini, dapat menambah wawasan penulis berkaitan dengan topik yang diberikan.

Penulis juga mengucapkan terima kasih yang sebesarnya kepada semua pihak yang membantu dalam proses penyusunan makalah ini.

Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan dan penulisan masih melakukan banyak kesalahan. Oleh karena itu, penulis memohon maaf atas kesalahan dan ketidaksempurnaan yang pembaca temukan dalam makalah ini.

Penulis juga mengharap adanya kritik serta saran dari pembaca apabila menemukan kesalahan dalam makalah ini.

 

Jakarta, 4 Agustus 2021

 

Penulis

6 dari 6 halaman

Contoh Kata Pengantar Makalah Singkat 5

Puji syukur kehadirat Allah Swt. atas segala rahmat-Nya sehingga makalah ini dapat tersusun hingga selesai. Tidak lupa kami mengucapkan terima kasih terhadap bantuan dari pihak yang telah berkontribusi dengan memberikan sumbangan baik pikiran maupun materinya.

Kami berharap semoga makalah ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman untuk para pembaca. Bahkan kami berharap lebih jauh lagi agar makalah ini bisa pembaca praktikkan dalam kehidupan sehari-hari.

Kami yakin masih banyak kekurangan dalam penyusunan makalah ini karena keterbatasan pengetahuan dan pengalaman kami.

Untuk itu kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan makalah ini.

 

Jakarta, 2 Februari 2018

 

Penyusun

 

Sumber: Saungwriter, Sharingkali

Dapatkan artikel contoh berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer