Sukses


Arti Feeling Lonely beserta Aspek dan Cara Mengatasinya

Bola.com, Jakarta - Feeling lonely adalah sebuah perasaan di mana seseorang merasa kesepian, walaupun ia memiliki pasangan.

Bagi kebanyakan orang, memiliki pasangan merupakan hal yang bisa membuat merasa bahagia. Adanya pasangan bisa membantu kita bangkit bersama dalam menjalani sebuah masalah.

Namun, ada sebagian orang merasa kesepian dan sedih meski memiliki pasangan. Tentu saja, perasaan feeling lonely ini memiliki sebuah alasan yang terjadi.

Orang yang merasakan feeling lonely ini merasa bahwa dia tidak bisa menceritakan keluh kesahnya pada pasangan sehingga merasa tidak ada yang mendukung dan merasa sendirian saat masalah melanda.

Feeling lonely umumnya lebih sering dirasakan oleh pejuang LDR, yang lantaran terpisah oleh jarak membuat mereka sulit untuk bertemu. Namun, tidak jarang juga mereka yang saling berdekatan pun merasa feeling lonely.

Berikut penjelasan lebih lanjut tentang feeling lonely, disadur dari Kapanlagi, Sabtu (26/8/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Penyebab Kesepian

Ada aspek yang terjadi hingga seseorang merasa kesepian atau feeling lonely, seperti:

1. Aspek Emosional

Kesepian bisa terjadi saat tidak adanya sosok pelengkap seperti orang tua, teman dekat, atau pasangan pada kehidupan sehari-hari.

Seseorang yang tidak adanya pelengkap tersebut maka akan merasakan sebuah kesepian. Hal ini karena tidak ada yang mendukung dirinya, walaupun itu orang terdekat.

2. Aspek Sosial

Kesepian terjadi saat seseorang tidak mempunyai kepuasan dan tidak diterima di dalam lingkungan sosial. Kondisi ini akan menimbulkan rasa bosan dalam hidup mereka dalam hubungan sosial.

Seseorang yang tidak mampu untuk melibatkan diri pada lingkungan sosialnya maka akan merasa kesepian. Hal ini karena tidak ada sosok yang dapat diajak untuk berkomunikasi.

3. Aspek Kognitif

Aspek yang bisa membuat seseorang feeling lonely, yaitu ada aspek kognitif. Kesepian bisa terjadi saat seseorang memiliki teman yang sedikit untuk berbagi pandangan, gagasan, atau pemikiran dengan orang lain yang dianggap penting.

4. Aspek Behavior

Aspek kesepian atau feeling lonely yang terakhir adalah aspek behavior. Rasa kesepian ini terjadi saat seseorang tidak memiliki atau kurang teman yang dapat menemaninya untuk melaksanakan kegiatan di luar rumah.

3 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Feeling Lonely dalam Hubungan

1. Instropeksi masih cocok atau tidak

Hal pertama yang bisa menjadi membuatmu merasa feeling lonely dalam hubungan yaitu, sudah tidak cocok. Hubungan seseorang yang tidak cocok akan menyebabkan seseorang tidak puas akan hubungan yang dimiliki.

Mungkin saja kamu tidak satu pandangan sehingga saat kamu meminta sebuah pendapat pada pasangan, jawaban yang kamu harapkan tidak sesuai dengan keinginanmu.

Jadi, ketakcocokan bisa menjadi satu di antara alasan kamu merasa feeling lonely.

2. Tidak egois

Perubahan terhadap apa yang diinginkan seseorang dari suatu hubungan juga bisa menjadi alasan merasa feeling lonely.

Arti feeling lonely juga dapat muncul karena terjadi perubahan terhadap apa yang diinginkan seseorang dari suatu hubungan.

Terlalu menuntut sesuai harapan kita juga bisa menjadi alasan kita merasa sendiri. Menerima pasangan dan tidak bertindak egois mungkin menjadi satu di antara jalan keluar agar kamu tidak berpikir bahwa kamu diabaikan dengan sikap yang tidak sesuai harapanmu.

3. Komunikasi

Kurangnya komunikasi juga menjadi satu di antara alasan kita merasa feeling lonely. Ya, kunci sebuah hubungan satu di antaranya adalah komunikasi yang baik.

Pasangan yang tidak membicarakan apa yang dirasa, serta pasangan yang terlalu cuek juga bisa membuatmu merasa feeling lonely.

Ada baiknya semua dikomunikasikan secara baik-baik dalam waktu yang baik pula. Saat berdiskusi, mungkin kamu akan mendapatkan jawaban yang kamu dan pasanganmu harapkan.

4. Konseling

Perasaan feeling lonely ini mungkin bisa jadi perasaan yang tidak bisa disepelekan. Terutama untuk kamu yang sudah berumah tangga. Mungkin, pertolongan orang ketiga, misalnya datang pada konseling pernikahan ataupun keluarga yang bisa memberikan penengahan atas permasalahan yang kalian alami.

 

Disadur dari: Kapanlagi.com (Published: 1/3/2023)

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer